PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS HURUF PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)

Flora Marantika Ginting, R Mursid, Mukhtar .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh media pembelajaran video dan kartu huruf terhadap kemampuan menulis huruf anak usia dini di PAUD Kenanga Raya Medan; (2) pengaruh kreativitas tinggi dan kreativitas rendah  terhadap kemampuan menulis huruf anak usia dini di PAUD Kenanga Raya Medan; dan (3) pengaruh interaksi antara media pembelajaran dan kreativitas terhadap kemampuan menulis huruf anak usia dini di PAUD Kenanga Raya Medan. Penelitian ini bersifat eksperimen semu (quasi experiment). Metode penelitian dengan menggunakan kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) Kemampuan menulis huruf anak yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran video  lebih tinggi daripada anak yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran kartu huruf dimana harga Fhitung = 378.14, Ftabel = 4.12 pada taraf signifikansi 0,05; (2) Kemampuan menulis huruf anak yang memiliki kreativitas tinggi lebih tinggi daripada anak yang memiliki kreativitas rendah berdasarkan media pembelajaran, harga Fhitung = 44.5,   Ftabel = 4.12 pada taraf signifikansi 0,05 dan (3) Terdapat pengaruh interaksi antara belajar dengan menggunakan media pembelajaran dan kreativitas terhadap Kemampuan menulis huruf dengan Fhitung = 90.4, Ftabel = 4.12 pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan memberikan informasi bagi guru dan sekolah untuk menggunakan media pembelajaran video dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf anak PAUD. Selain itu perlu ditingkatkan kreativitas anak dalam pembelajaran di kelas.

 

Kata Kunci : media pembelajaran, kreativitas, kemampuan menulis huruf

 

Abstract: This study aims to determine: (1) the influence of video learning media and letter cards on the ability to write early childhood letters in Kenanga Raya PAUD Medan; (2) the effect of high creativity and low creativity on the ability to write early childhood letters in Kenanga Raya PAUD Medan; and (3) the effect of interaction between learning media and creativity on the ability to write early childhood letters in Kenanga Raya PAUD Medan. This research is quasi-experimental. The research method using quasi-experimental with 2 x 2 factorial design. Based on the results of the study obtained: (1) The ability to write letters of children who follow learning using video learning media is higher than children who follow learning by using learning media letter cards where the price of Fcount = 378.14, Ftable = 4.12 at the significance level of 0.05; (2) The ability to write letters of children who have high creativity is higher than children who have low creativity based on learning media, the price of Fcount = 44.5, Ftable = 4.12 at a significance level of 0.05 and (3) There is an influence of interaction between learning by using learning media and creativity to the ability to write letters with Fcount = 90.4, Ftable = 4.12 at a significance level of 0.05. The results obtained are expected to provide information for teachers and schools to use video learning media in improving the ability to write PAUD children's letters. Besides that, it is necessary to increase children's creativity in learning in class.

 

Keywords: learning media, creativity, letter writing ability

Full Text:

PDF

References


Jakarta: Rajawali Press

Briggs, Leslie J. (1977). Instructional Design, Educational Technology Publications Inc. New Jersey: Englewood Cliffs

Dhieni, Nurbiana. (2011). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. (2006). Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Gagne, M.R. (1987). The Condition of Learning. USA: Holt, Rine Hart and Wiston

Haezarni, Eben. (2011). “Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir terhadap Hasil Belajar Organ Mahasiswa Jurusan Musik Gerejawi Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan (STAKP) Negeri Tarutung”. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol. 2 pp.178-186.

Hariyanto, Agus. (2009). Membuat Anak Cepat Pintar Membaca. Jogyakarta: Diva Press

Hasan, Maimunah. (2009). PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Jogyakarta: Diva Press

Hasnida. (2015). Media Pembelajaran Kreatif. Jakarta: Luxima

Hawadi, R.A, Wihardjo, R.S.D., dan Wiyono,M. (2001). Kreativitas. Jakarta: Grasindo

Ibrahim, R.; Nana Syaodih S. (2003). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Asdi Mahasatya

Jamaris, Martini. (2006). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Grasindo

Kasanah, N. & Tuminto.(2007). Kamus Bergambar. Jakarta

Kunandar. (2007). Guru Profesional; Implementasi Kurikulum Tigkat Satuan Pendidikan dan Sukses Dalam Sertifikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Majid, Abdul. (2006). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Rosdakarya

Moeslichatoen, R. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta

Montolalu, dkk. (2009). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Mulia, Eddy. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran dan Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah Pertama Laksamana Martadinata Medan. Tesis. Medan: Pascasarjana Universitas Negeri Medan

Mulyati, dkk. (2011). Seni Menuangkan Gagasan. Jogyakarta: Kanisius

Munadi, Yudi. (2010). Media Pembelajaran: sebuah pendekatan baru. Jakarta: Gaung Persada

National Education Association. 1969. Audiovisual Instruction Department, New Media And College Teaching. Washington, D.C.: NEA

Sadiman, Arief S. (2007). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Schramm, W. (1977). Big Media Little Media. London: Sage Public-Beverly Hills

Seefeldt, Carol dan Barbara A. Wasik. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks

Seefeldt, Carol dan Nita Barbour. (1994). Early Childhood Education: An Introduction 3 rd Edition. United State of Amerika: MacMillan Publishing Company

Sihotang, Bangun. (2014). “Penggunaan Multimedia Pembelajaran Dan Kecerdasan Interpersonal Siswa Terhadapa Hasil Belajar Tune Up Motor Bensin”. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan Vol. 1 No. 1 Halaman 1-99

Smaldino, Sharon E. (2011). Instructional Technology And Media For Learning: teknologi pembelajaran dan media untuk belajar. Jakarta: Kencana

Sternberg, R. J. 1988. The Nature of Creativity. New York: Cambridge University Press

Sudono. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gramedia

Sujiono, Yuliani N, dkk. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia

Tarigan, Guntur. (1999). Membina Keterampilan Menulis Paragraf dan Pengembangannya. Bandung: Aksara

Yusuf, S. (2000). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v6i1.16937

Article Metrics

Abstract view : 468 times
PDF - 256 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.