PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARANDENGAN APLIKASI CAMTASIA JURUSAN TATA KECANTIKAN RAMBUT

Mey Alsih Sihombing, Sahat Siagian, Abdul Hamid K

Abstract


Abstrak: Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah video pembelajaran dengan aplikasi camtasia pada mata pelajaran pemangkasan dan penataan rambut layak digunakan pada siswa kelas kelas XI Kecantikan Rambut di Sekolah SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karakteristik siswa dalam belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Secara keseluruhan media  pembelajaran  interaktif yang  dikembangkan layak  untuk  digunakan sebagai media  pembelajaran  pada mata pelajaran Penataan dan Pemangkasan Rambut dengan presentase rata-rata sebesar 95,09%, dengan nilai 5 skala likert dan berada pada criteria “Baik Sekali”, (2) uji ahli materi mata pelajaran penataan dan pemangkasan rambut berada pada criteria baik sekali (97,11%) (3) uji ahli desain pembelajaran berada pada criteria baik sekali (90,00%) (4) uji ahli media berada pada criteria baik sekali (97,11%), (5) uji perorangan berada pada criteria baik sekali (96,58 %), (6) uji kelompok kecil berada pada criteria baik sekali (95,80%), (7) uji coba lapangan berada pada criteria baik sekali (93,95%). Hasil pengembangan media interaktif menunjukan validasi ahli menunujukkan bahwa keseluruhan rata-rata dikategorikan “Baik Sekali” dan uji kelayakan menunujukkan bahwa keseluruhan rata-rata dikategorikan “Baik Sekali”.

 

Kata Kunci: Video Pembelajaran, Camtasia, Tata Kecantikan Rambut

 

Abstract: The purpose of this study was to determine whether the learning video with the application of camtasia in the subjects of hair trimming and styling is suitable for use in the eleventh grade students of Hair Beauty at SMK Negeri 3 Pematangsiantar. This type of research is development research. This learning product development model is a model that is arranged in a programmed order in a systematic order and meets the characteristics of students in learning. The results showed that (1) Overall the interactive learning media developed was feasible to be used as a learning medium in Hair Styling and Trimming subjects with an average percentage of 95.09%, with a value of 5 Likert scale and were in the criteria of "Very Good ", (2) expert test material for hair styling and trimming subjects is in very good criteria (97.11%) (3) learning design expert test is in excellent criteria (90.00%) (4) media expert test is in very good criteria (97.11%), (5) individual tests are in very good criteria (96.58%), (6) small group tests are in very good criteria (95.80%), (7) tests Try the field is in very good criteria (93.95%). The results of the development of interactive media show that expert validation shows that the overall average is categorized as "Very Good" and the fit test shows that the overall average is categorized as "Very Good".

 

Keywords: Learning Videos, Camtasia, Hair Beauty


Full Text:

PDF

References


AECT. (1977). Definisi teknologi pendidikan (satuan tugas definisi & terminologi AECT). Jakarta. Rajawali.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Arsyad (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Garfindo Perasada.

Borg,W.R Gall. et al. (1983). Educational Research An Introduction (4thed). New York: Longman

Dick, W & Carey, L. (2005). Systematic Desaign of Instructional (5 th ed). New York : Addison-Wasley Educational Pubisher Educational Technology Publicational,Inc

George R. Knight (2007). Filsafat Pendidikan, terj Mahmud Arif, Yogyakarta: Gama Media

Isjoni. (2007). Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Komaruddin, Hidayat. (2000). Active Learning. Yogyakarta. Yappendis

Kusumawardani, Hapsari. (2003). Memangkas Rambut Dasar. Malang: Tim Konsultan Fakultas Teknik.

Miarso, Yusufhadi, (2011). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Moh. Surya. (1997). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung. PPB - IKIP Bandung.

Rostamailis, dkk. (2008). Tata Kecantikan Rambut. Jilid 3. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Seels, Barbara B. Richey, Rita C. (1994) Teknologi Pembelajaran: definisi dan kawasannya. Penerjemah Dewi S. Prawiradilaga dkk. Jakarta: Kerjasama IPTPI LPTK UNJ

Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. (2011). Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sukmadinata, Nana,Syaodih. (2005) Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT Rosda Karya.

Waldopo. (2002). Penelitian dan pengembangan, pendekatan dalam mengembangkan produk-produk di bidang pendidikan dan pembelajaran. Sebuah Kajian Singkat pada Jurnal Teknodik. No II/VI/Teknodik. Jakarta: Pustekom.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v6i1.16939

Article Metrics

Abstract view : 188 times
PDF - 187 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.