PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR PEMAHAMAN MEMBACA BAHASA INGGRIS
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar Pemahaman Membaca Bahasa Inggris siswa yang diajar dengan pemanfaatan media pembelajaran berbasis komputer lebih tinggi dengan media berbasis audio visual, (2) hasil belajar Pemahaman Membaca Bahasa Inggris siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi lebih tinggi dengan berpikir kreatif rendah dan (3) interaksi antara media pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif dalam mempengaruhi hasil belajar Pemahaman Membaca Bahasa Inggris siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varians dua jalur (Two Way Anava 2 x 2) dengan taraf signifikansi a = 0,05 dengan menggunakan Uji-F, pengujian uji lanjut menggunakan uji Tuckey. Temuan penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Pemahaman Membaca Bahasa Inggris siswa yang diajar dengan pemanfataan media pembelajaran berbasis komputer dengan media berbasis audio visual, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Pemahaman Membaca Bahasa Inggris siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi dengan berpikir kreatif rendah, dan (3) tidak ada interaksi antara media pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif sehingga media pembelajaran dapat dimanfaatkan untuk siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi maupun rendah dalam penguasaan materi pembelajaran sehingga hasil belajar Pemahaman Membaca Bahasa Inggris yang diperoleh siswa tinggi.
Kata Kunci: media pembelajaran, kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar pemahaman
membaca bahasa Inggris
Abstract: This study aims to determine: (1) the results of studying reading Comprehension for students who are taught by media computer based learning is higher than audio visual media, (2) the results of learning Reading Comprehension for students who have the high creative thinking ability is higher than low ones and (3) interaction between learning media and creative thinking skills in influencing students’ learning outcomes of Reading Comprehension. The method used is a quasi-experimental design with 2 x 2 factorial. The analysis technique using the analysis of variance of two lanes (Two Way Anova 2 x 2) with significance level a = 0.05 using the Test-F, a further test testing use Tuckey test. The findings show: (1) there is a significant difference between the results of studying Reading Comprehension for the students who are taught by media computer based learing and audio visual media , (2) there is a significant difference between the results of studying Reading Comprehension for students who have the creative thinking ability higher than the low ones, and (3) there is no interaction between the learning media and creative thinking ability, then media computer based learning can be used for the students that have high creative thinking ability or the low ones to give the effect in mastering the learning material then the learners' could get the high achievement in Reading Comprehension.
.
Keywords: learning media, the creative thinking ability towards the learning outcomes of Reading
Full Text:
PDFReferences
Riyanto Y. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media
Setijadi. (1977). Definisi Teknologi Pendidikan. Seri Pustaka Teknologi Pendidikan No. 7. Jakarta: CV Rajawali.
Miarso, Yusufhadi, (2011). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press Hamzah B. Uno dan Nina Lamatenggo, Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2011, cet, 2
Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta : GP Press.
Jalaludin, Rakhmat. (1998). Psikologi Komunikasi. Bandung: Rosda
Guilford,J.P. 1995. Traits of Creativity, dalam h.h Anderson (Ed) Creativity and Its Cultivation. John Wiley,New York.
Sukmadinata. Nana Syaodih (2004). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v6i1.16940
Article Metrics
Abstract view : 335 timesPDF - 271 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.