PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Yasir Al Harisyah, Harun Sitompul, R Mursid

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar PAI antara siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran PowerPoint dengan yang tidak menggunakan PowerPoint. (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar PAI perbedaan  antara siswa yang memiliki tingkat kemandirian belajar tinggi dengan kemandirian belajar rendah. (3) Mengetahui interaksi antara penggunaan media pembelajaran PowerPoint dan tingkat kemandirian belajar tinggi dan rendah terhadap hasil belajar PAI siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa di SMP Plus Swasta Darul Ilmi Murni terhadap hasil belajar PAI siswa. Teknik Cluster Random Sampling. Metode penelitian quasi eksperimen dengan faktorial 2 x 2. Teknik analisis varian dua jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05 dengan Uji F, pengujian lanjut Uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan (1) Hasil belajar PAI siswa yang diajar dengan media pembelajaran Power Point lebih tinggi dibandingkan dengan tidak menggunakan media pembelajaran power point (konvensional), pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan Fh sebesar 6,49 dan Ftabel = 4,00, jadi Fhitung> Ftabel = 6,49 >4,00; (2) hasil perhitungan tentang perbedaan hasil belajar PAI antara kelompok siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan rendah pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan Fh sebesar 28,15 dan Ftabel = 4,00 jadi Fhitung> Ftabel = 28,15 >4,00, (3) besarnya rata-rata hasil belajar PAI siswa untuk setiap kelompok pembelajaran A1B1 = 91,94 dan A1B2 = 78,59 sedangkan A2B1 = 83,06 dan A2B2 = 79,65. Hasil perhitungan Anava factorial 2x2 diperoleh hasil perhitungan Fh = 8,52 dan harga tabel Ft = 4,00 adalah Ft(0,05)(1,64) = 4,00, sehingga dapat dinyatakan Fh(8,52) > Ft(4,00).

Kata Kunci: media pembelajaran power point, kemandirian,  hasil belajar pendidikan agama islam

 

 

Abstract: This study aims to, (1) Know the differences in PAI learning outcomes between students taught using PowerPoint learning media and those not using PowerPoint. (2) Knowing the differences in PAI learning outcomes the difference between students who have high levels of learning independence with low learning independence. (3) Knowing the interaction between the use of PowerPoint learning media and the high and low levels of learning independence of students' PAI learning outcomes. This research was conducted on students at Darul Ilmi Murni Private Plus Junior High School on PAI student learning outcomes. Random Sampling Cluster Technique. Quasi-experimental research method with factorial 2 x 2. Two-way variant analysis technique with a significance level α = 0.05 with the F test, further testing Scheffe Test. The results showed (1) The learning outcomes of PAI students taught by Power Point learning media were higher than those not using power point learning media (conventional), at a significance level α = 0.05 with Fh of 6.49 and Ftable = 4, 00, so Fcount> Ftable = 6.49> 4.00; (2) the results of calculations about differences in PAI learning outcomes between groups of students who have high and low learning independence at a significance level α = 0.05 with Fh of 28.15 and Ftable = 4.00 so Fcount> Ftable = 28.15> 4 , 00, (3) the average size of PAI student learning outcomes for each learning group A1B1 = 91.94 and A1B2 = 78.59 while A2B1 = 83.06 and A2B2 = 79.65. Anava factorial calculation results obtained 2x2 calculation results Fh = 8.52 and the price table Ft = 4.00 is Ft (0.05) (1.64) = 4.00, so it can be stated Fh (8.52)> Ft ( 4.00).

 

Keywords: power point learning media, independence, learning outcomes of Islamic religious education

Full Text:

PDF

References


Ahmadi. (2002). Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan, Semarang: Aditya Media dengan IAIN Walisongo Press.

Ali, M. & Asrori, M.(2006). Psikologi Remaja, Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Cet. 6.

Chalid, Achmadi, Adi. Narbuko,. (2010) Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Chambers,Jack A. dan Sprecher, Jerry W.(1983). Computer Assited Instruction: Its Use in the classroom. Prentice Hall, Inc, New Jersey. http://www.library.upnvj.ac.id/pdf /s1teknikinformatika09/202511016/BABIII.pdf. diakses 23 November 2011

Daradjat, Zakiah, dkk. (2003). Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara. Cet. I.

Daradjat, Zakiah. (1989). Problema Remaja di Indonesia. Jakarta: Bulan Bintang.

Djamarah. (2002). Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta. Cet. 3.

Gagne E.D. (1985). The Cognitive Psychology of School Learning. Boston : Little Brown

Haris Mudjiman, (2007), Belajar mandiri, Surakarta, LPP dan UNS Press.

Haryanto, Dedi M. Y. (2002). Pengaruh faktor-faktor Individual Dalam Penggunaan Sistem Informasi Berbasis Komputer Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, Vol.2, No.1, Pebruari, Hal 14-25.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media Belajar Dan Sumber Belajar. Jakarta : Prestasi Pustakakarya.

Nursobah, Asep. 2009. Hubungan Antara Kemandirian Belajar, Komunikasi Interpersonal dan Identitas Sosial dengan Hasil Belajar Agama islam. Jurnal. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati. Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Paulina Panen. (2000) .Belajar Mandiri(Mengajar di Perguruan Tinggi).PAUPPAI.Dirjen ikti.depdikbud

Pupuh. Fathurrohman, (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Ramayulis. (2001). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rina Febriana dan Sarbiran. (2001).”Pengaruh Kemandirian dan Kemampuan Menyesuaikan Diri terhadap Prestasi Belajar Siswa Full Day School”Jurnal Penelitian dan Evaluasi No.4 Tahun Ke-3.Program

Rusman, (2009). Manajemen Kurikulum. Jakarta : Rajawali Press.

Rusman. (2013). Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Russel, B.,H 1988, Introduction to Seismic Inversion Methods: Soc.Explor. Geophysicist, Course NoteSeries, v.2.

Russel, B.,H (1996), Introduction to Seismic Methods, SEG-USA.

Russell, B (1998). A simple seismic imaging exercise. The Leading Edge 17, p 885.

Siahaan, Sudirman. (2002). E-Learning (Pembelajaran Elektronik) Sebagai Salah Satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran . http://www.balitbang.org.

Slameto. (1999). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT Rineka Cipta, Cet. 3.

Syukur, Fatah. (2005). Teknologi Pendidikan, Semarang: RaSAIL. Cet. 1.

Umar Tirtarahardja & La Sulo.(2000). pengantar Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Winkel. WS, (2004). Psikologi Pengajaran, Jakarta: Gramedia, 1989.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v6i1.16944

Article Metrics

Abstract view : 149 times
PDF - 119 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.