PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MERAKIT PERSONAL KOMPUTER
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menghasilkan media video pembelajaran perakitan personal komputer yang berkualitas dan layak dijadikan acuan bagi siswa, mudah dipelajari, dipahami dan dapat digunakan secara individual, (2) Untuk mengetahui keefektifan penggunaan media video pembelajaran pada mata pelajaran Produktif Teknik Komputer dan Jaringan pada materi perakitan komputer. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg and Gall yang dipadu dengan model desain pembelajaran dari Dick and Carey. Subjek uji coba produk dalam penelitian ini terdiri dari dua ahli materi pelajaran dengan Standar Kompetensi Merakit Personal Komputer, dua ahli desain pembelajaran, dua ahli media pembelajaran, tiga orang peserta didik untuk uji coba perorangan, sembilan peserta didik untuk uji coba kelompok kecil, dan tiga puluh orang peserta didik untuk uji coba lapangan terbatas. Produk akhir dari pengembangan video ini dilanjutkan dengan uji keefektifan produk. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan video dengan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan tanpa menggunakan video. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan video sebesar 83,66% lebih tinggi dari pada peserta didik yang dibelajarkan tanpa menggunakan video sebesar 69,46%.
Kata Kunci: pengembangan, media video pembelajaran, merakit personal komputer
Abstract: This study aims to (1) To produce quality personal computer learning instructional video media as a reference for students, easy to learn, understand and can be used individually, (2) To determine the effectiveness of the use of instructional video media on Productive subjects Computer and Network Engineering on computer assembly material. This type of research is development research that uses the Borg and Gall product development model combined with a learning design model from Dick and Carey. The product trial subjects in this study consisted of two subject matter experts with Personal Computer Assembling Standards Standards, two learning design experts, two instructional media experts, three students for individual trials, nine students for small group trials, and three twenty students for limited field trials. The final product of the development of this video is followed by a product effectiveness test. Hypothesis testing results indicate that there are significant differences between the learning outcomes of students who are taught using video and learning outcomes of students who are learned without using video. From these results it can be concluded that the learning outcomes of students who were taught using videos amounted to 83.66% higher than those of students who were learned without using videos of 69.46%.
Keywords: development, learning video media, assembling personal computers
Full Text:
PDFReferences
AECT. (1977). Definisi Teknologi Pendidikan (satuan tugas definisi & terminology AECT ). Jakarta: Rajawali
Agus Saputra, (2011), Trik dan Solusi Jitu Pemrograman PHP, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta
Ahmadi dan Supriyono. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Anglin, Gary J. (1995). Instruksional Technology. Englewood, Colo, Libraries Unlimited
Azhar. (2014) . Media Pembelajaran ( Edisi Revisi ). Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Borg,W.R & M.D.Gall.(1983). Educational Research: An Introduction, New York: Longman, Inc.
Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Gava Media.
Dick, Walter, etc.(2001). The Systematic Design of Instruction. Fifth Edition.Wesley Educational Publishers Inc..
Gagne E.D. (1985). The Cognitive Psychology of School Learning. Boston : Little Brown
Hackbarth, S. (1996). The Educational Technology Hand-book A Comprehensive Guide Process and Products For Learning. New Jersey: Educati-onal Technology Publications
Hamalik, Oemar. (2005). Proses Belajar Mengajar, Bandung: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2002. Media Pendidikan. Bandung: PT Aditya Bakti.
Komaruddin, Hidayat. (2000). Active Learning. Yogyakarta. Yappendis
Kunandar. (2010). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Rajawali. Jakarta.
Miarso, Yusufhadi. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media dan Pustekkom Diknas.
Musfiqon,HM. (2012).Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya.
Reigeluth, M Charles. (1983). Instructional-Design Theories and Models, An Overview of their Current Status. New jersey: London.
Rusman, (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Alfabeta. Bandung.
Sadiman, Arif dkk. (2002). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sahid, (2010), Pengembangan Media Pembelajaran berbsis ICT(Information communication and Technology), UNY
Sanaky, A.H Hujair. (2009). Media Pembelajaran, Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Seels, Barbara B. Richey, Rita C. (1994) Teknologi Pembelajaran: definisi dan kawasannya. Penerjemah Dewi S. Prawiradilaga dkk. Jakarta: Kerjasama IPTPI LPTK UNJ
Smaldino,S.E dkk. (2008). Instructional Technology and Media For Learning.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Smith, P. L. & Ragan, T. J. .(1993). I nstructional desig n . New York: Macmillan Publishing Company.
Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosda Karya. Bandung.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Suparman, Atwi. (2011), Desain Intruksional Modern. Jakarta: Penerbit Erlangga.
DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v6i2.16955
Article Metrics
Abstract view : 558 timesPDF - 333 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.