PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS

Nurhidayah ., R Mursid, Ibrahim Gultom

Abstract


Abstrak: Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media belajar dalam pembelajaran Contextual Teaching And Learning. Media pembelajaran interaktif berbasis CTL ini mengembangkan materi Hope and Dream dengan subjek penelitian pada SMA Negeri 20 Medan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket tanggapan, lembar observasi, angket pengamatan, dan dokumentasi. Penelitian pengembangan media melalui beberapa tahap yaitu tahapan defenisi dilakukan wawancara analisis kebutuhan dan masalah yang ada pada lokasi penelitian pengembangan. Tahap kedua dilakukan perancangan media berupa naskah media yang akan dikembangakan. Tahap terakhir adalah tahap pengembangan dilakukannya penilaian pada hasil media yang dikembangakan kemudian diuji cobakan terhadap siswa skala kecil dan skala besar. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berupa media interaktif   berbasis  CTL layak  digunakan  dalam pembelajaran. Terbukti dengan penilaian oleh ahli materi mendapat nilai rata-rata 4.48 dengan tingkat persentase kelayakan 89.58% dengan kategori “Layak”, ahli media mendapat nilai rata-rata 4.27 dengan  tingkat persentase kelayakan 85.36% dengan kategori “Layak”, ahli desain pembelajaran 3.78 dengan tingkat persentase kelayakan 75.56% dengan kategori “Layak” serta pendapat siswa pada uji skala kecil 3.64 dengan tingkat persentase kelayakan 74.67% dengan kategori “Layak” selanjutnya uji skala besar 3.65 dengan tingkat persentase kelayakan 75.12 % dengan kategori “Layak”.

 

Kata Kunci: media pembelajaran interaktif,  contextual teaching and learning, bahasa inggris

 

Abstract: This development research aims to develop learning media in learning Contextual Teaching And Learning. CTL-based interactive learning media develops Hope and Dream material with research subjects at SMA Negeri 20 Medan. Data collection techniques using interview methods, response questionnaires, observation sheets, observation questionnaires, and documentation. Media development research through several stages, namely the definition stage interviews conducted analysis of needs and problems that exist at the location of research development. The second stage is media design in the form of a media script that will be developed. The last stage is the stage of development to do an assessment of the results of the developed media then tested on small and large scale students. Based on the results of research into the development of instructional media in the form of interactive media based on CTL is suitable for use in learning. Evidenced by the assessment by the material experts got an average value of 4.48 with a level of eligibility percentage 89.58% with the category "Eligible", media experts received an average value of 4.27 with a percentage level of eligibility 85.36% with the category "Eligible", learning design expert 3.78 with a level the percentage of eligibility 75.56% with the category "Eligible" and students' opinions on the small scale test 3.64 with a level of eligibility percentage 74.67% with the category "Eligible" then the large scale test of 3.65 with a percentage level of eligibility of 75.12% with the "Eligible" category.

 

Keywords: interactive learning media, contextual teaching and learning, English

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Binanto, I. 2010. Multimedia Digital-Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: CV ANDI OFFSET

Borg, W.R., Gall, M.D.,& Gall, J.P. 2005. Educational Research An Introduction (4thed). New York: Longman

Dick, W., Carey, L. And Carey, J. O. (2009). The Systematic Design of Instruction (7th Ed.). New Jersey: Pearson.

Jhonson, E.B. 2002. Contextual Teaching And Learning. What It Is And Why It’s Here To Stay. Teaching – United States. Learning Psychology.

Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: ALFABETA

Waldopo. (2002). Penelitian dan pengembangan, pendekatan dalam mengembangkan produk-produk di bidang pendidikan dan pembelajaran. Sebuah Kajian Singkat pada Jurnal Teknodik. No II/VI/Teknodik. Jakarta: Pustekom.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v6i2.16958

Article Metrics

Abstract view : 364 times
PDF - 366 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.