PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DESAIN GRAFIS COREL DRAW BERBASIS KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) PADA LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP)

Pahala Bp Rajagukguk, Abdul Muin Sibuea, Julaga Situmorang

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Bahan Ajar Desain Grafis Corel Draw Berbasis Kecakapan Hidup, dan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan Bahan Ajar Desain Grafis Corel Draw Berbasis Kecakapan Hidup. Penelitian pengembangan dengan menggunakan pengembangan model Borg and Gall dan pengembangan bahan ajar merujuk pada Dick and Carey. Ujicoba dilakukan pada peserta didik LKP Central Com Kota Gunung Sitoli Nias. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Uji ahli materi pelajaran desain grafis corel draw berada pada kriteriasangat baik dan layak, (2) Uji ahli media pembelajaran berada pada kriteria sangat baik dan layak, (3) Uji ahli desain pembelajaran berada pada kriteria sangat baik dan layak, (4) uji coba perorangan berada pada kriteria sangat baik, (5) Uji coba kelompok kecil berada pada kriteria sangat baik, (6) Uji coba lapangan berada pada kriteria sangat baik, (7) Bahan Ajar Desain Grafis Corel Draw Berbasis PKH pada LKP sangat efektif digunakan . Hal ini terlihat dari hasil penelitian, yaitu pada peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan bahan ajar ini, ditemukan bahwa skor hasil belajar dari 26 responden diperoleh  skor terkecil 65 dan skor tertinggi 90, nilai rata-rata 76,54 dan standar deviasi 5,96. Pada peserta didik yang dibelajarkan dengan tidak menggunakan Buku Ajar Desain Grafis Corel Draw Berbasis Kecakapan Hidup pada LKP, ditemukan bahwa skor hasil belajar dari 26 responden didapat skor terkecil 55 dan skor tertinggi 80, nilai rata-rara 67,89 dan standar deviasi 6,03. Dari hasil perhitungan dipeoleh thitung = 7,22 sedangkan ttabel = 2,01. Karena thitung = 7,22 > t table  = 2, 01 sehingga ada perbedaan yang signifikan dalam presentasi  antara peserta didik yang menggunakan  Buku Ajar Desain Grafis Corel Draw Berbasis Kecakapan Hidup (PKH) pada lembaga kursus pelatihan dengan yang tidak menggunakan Buku Ajar Desain Grafis Corel Draw Berbasis Kecakapan Hidup pada LKP.

 

Kata Kunci: pengembangan bahan ajar, desain grafis corel draw, kecakapan hidup, lembaga kursus dan pelatihan

 

Abstract: This study aims to produce Corel Draw Graphic Design Teaching Material Based on Life Skills, and to determine the feasibility and effectiveness of Corel Draw Graphic Design Teaching Material Based on Life Skills. Development research using the Borg and Gall model development and development of teaching materials refers to Dick and Carey. The test was conducted on LKP Central Com students in Gunung Sitoli City, Nias. The results of this study indicate: (1) the expert test of corel draw graphic design subject matter is in very good and decent criteria, (2) the learning media expert test is in very good and feasible criteria, (3) the learning design expert test is in very good criteria and feasible, (4) individual trials are in very good criteria, (5) Small group trials are in very good criteria, (6) Field trials are in very good criteria, (7) Corel Draw Based Graphic Design Teaching Materials PKH on LKP is very effective to use. This is evident from the results of the study, namely in students who were taught using this teaching material, it was found that the learning outcomes score of 26 respondents obtained the smallest score of 65 and the highest score of 90, an average value of 76.54 and a standard deviation of 5.96. In students who were taught by not using Corel Draw Graphic Design Textbooks Based on Life Skills in LKP, it was found that the learning outcomes of 26 respondents obtained the smallest score of 55 and the highest score of 80, the average score of 67.89 and the standard deviation of 6.03 . From the calculation results obtained thitung = 7.22 while ttable = 2.01. Because tcount = 7.22> t table = 2, 01, so there is a significant difference in presentation between students who use Corel Draw Based Design Skills in Life Skills (PKH) in training course institutions and those who do not use Corel Graphic Design Textbooks Life Skills Based Draw on LKP.

 

Keywords: development of teaching materials, corel draw graphic design, life skills, course institutions and training


Full Text:

PDF

References


Amri, S. & Ahmadi, K. (2010). Konstruksi Pembangunan pembelajaran.. Jakarta. Prestasi Pustakarya

Brog, W.R and Gall, M.D. (1983). Education research : An Introduktion. London. Longman, Inc.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1995). Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Depdikbud

Depdiknas, (2003). Rencana Strategis Pendidikan Nasional. Jakarta. Depdiknas

Imbi, H and Priit, R .(2010). Difficulty of Texts in upper-secondary School Biology Textbook – using Concept Maps for Analysyzing Students New

Muslich, M.(2010). Texbox Writing; Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta. Ar Ruzz Media.

Plomp, T. dan Ely, D.P. (1996). International Ecnylopedia of Educational Technology. Ney York. Pergamon

Sanjaya Wina. (2010). Perencanaan dan Desaian Sistem Pembelajaran. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Sitepu, B.P. (2005). Memilih Buku Pelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur. 4(4).

Situmorang,J. (2012). Pengkajian Program Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) dalam Menyelenggarakan Program Pendidikan Kecakapan Hidup (PKH) di Sumatera Utara, Medan. Jurnal Teknologi Pendidikan Program Pasca Sarjana UNIMED. 5(5).

Sofan dan lif. (2010). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta. Prestasi Pustaka

Sumarni,S. 2002, Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, Kajian Tentang Konsep, Problem dan Prospek Pendidikan Islam. Yogyakarta. IAIN Sunan Kalijaga, Fakultas Tarbiyah.

Taufiq, Amir. (2009). Inovasi Pendid ikan Melalui Problem Based Learning.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Thomas, Amstrong. (2002). Sekolah Para Juara. Bandung. Kaifa

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta. Kencana Prenada Media Group




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v6i2.16959

Article Metrics

Abstract view : 607 times
PDF - 479 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.