PENGEMBANGAN E-LEARNING MENGGUNAKAN SCHOOLOGY PADA MATA PELAJARAN MESIN KONVERSI ENERGI

Ratih Danu Warso, Julaga Situmorang, R Mursid

Abstract


Abstrak : Studi ini bertujuan menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berbasis e-learning yang layak digunakan dan efektif, mudah dipelajari siswa dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Brog dan Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick and Carey.. Data kualitas produk pengembagan ini dikumpulkan dengan angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) uji materi mesin konversi energi berada pada kualifikasi sangat baik (93,83%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (88,55%), (3) uji rekayasa perangkat lunak berada pada kualifikasi sangat baik (94,10%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (91,43%), (5) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (93,63%), (6) uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (97,96%).  Dari hasil efektifitas produk pemebelajaran media e-learning menggunakan schoology yaitu rata-rata nilai siswa sebesar 80,46% dibandingkan dengan siswa tidak menggunakan media e-learning menggunakan schoology sebesar 71,71%. Disimpulkan macromedia flash mesin konversi energi berbasis schoology layak digunakan dan efektif bagi siswa dan guru karena rata-rata uji coba produk mencapai 93,25% dalam kriteria sangat baik

 

Kata kunci : macromedia flash, mesin konversi energi, e-learning schoology

 

Abstract :This study aims to produce a media product based learning e-learning proper use and effective, easy to learn and can be used for the students' individual learning. This type of research is the development of research that uses models and Gall Brog product development combined with the development of learning models Dick and Carey. This learning product development model is a model that is prepared in a programmed sequence of systematic and meet the characteristics of the students in learning.. Pengembagan product quality data is collected by questionnaire. The data collected were analyzed with descriptive qualitative data analysis techniques. The results showed: (1) judicial review of energy conversion machines are in excellent qualifications (93.83%), (2) test instructional design experts are in excellent qualifications (88.55%), (3) test software engineering are in excellent qualifications (94.10%), (4) individual testing are in excellent qualifications (91.43%), (5) small group trial are in excellent qualifications (93.63%), ( 6) field trials are in excellent qualifications (97.96%). From the results of product effectiveness pemebelajaran media e-learning using Schoology which is the average value of students amounted to 80.46% as compared to students not using e-learning media use Schoology amounted to 71.71%. Concluded Macromedia Flash-based energy conversion machines used Schoology feasible and effective for students and teachers as the average trial products reached 93.25% in the criteria very well

 

Keywords : macromedia flash, energy conversion engineering, e-learning schoology


Full Text:

PDF

References


Johnson, D.W., Johnson, R.T. & Johnson-Holubec, E.J.(2003). Cooperation in the Classroom. Bandung: Alfabeta.

Miarso, Yusufhadi. dkk. (2011). “Media Pendidikan Teknologi Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali.

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media Belajar Dan Sumber Belajar. Jakarta: Prestasi Pustakakarya. Munir (2010: 202)

Pribadi, Benny A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Pupuh dan Sobry. (2007). Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: Refika Aditama.

Reigeluth, M Charles. (1983). Instructional-Design Theories and Models, An Overview of their Current Status. New jersey: London.

Seells dan Richey. (1996). Instructional technology (Mahasiswa S2 IKIP Malang Terjemahan). IKIP Malang

Sudjana, Nana. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Rosdakarya.

Sudjana. (2002). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana. (2005). Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v6i2.16961

Article Metrics

Abstract view : 352 times
PDF - 266 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.