PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN PEMBENTUKAN ALIS MATA DENGAN MODEL PEMROSESAN INFORMASI PADA MATA KULIAH TATA RIAS WAJAH KHUSUS

Rossy Luckita Sasmita, Harun Sitompul, Dina Ampera

Abstract


Abstrak: (1) menghasilkan multimedia interaktif pembelajaran yang layak digunakan, mudah dipelajari mahasiswa dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, (2) untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan pada mata kuliah Tata Rias Wajah Khusus. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang dipadu dengan model pembelajaran Dick dan Carey. Model pengembangan produk pembelajaran ini merupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematis dan memenuhi karateristik mahasiswa dalam belajar. Model ini meliputi enam tahapan, yakni: studi literatur, perencanaan atau desain pengembangan, pengembangan produk, validasi ahli, uji coba, revisi, produk akhir. Subjek uji coba terdiri dari dua ahli materi, dua ahli desain pembelajaran dan ahli rekayasa perangkat lunak dan desain grafis, tiga mahasiswa untuk uji coba perorangan, sembilan mahasiswa untuk uji coba kelompok kecil dan lima puluh delapan untuk uji coba lapangan. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif.

 

Kata kunci : Multimedia Interaktif, Pengembangan bahan ajar. Tata rias wajah khusus

 

Abstract: This study aims to: (1) to produce interactive multimedia education proper use, easy to learn students and can be used for individual learning, (2) to assess the effectiveness of the media that was developed in the subject of Face Makeup Special. This type of research is the development of research that uses models Borg and Gall product development combined with Dick and Carey model of education This education product development model is a model that is prepared in a programmed sequence of systematic and meet the characteristics of students in learning. This model includes six stages, namely: literature studies, planning or design development, product development, validation expert, testing, revision, the final product. Subject trial consists of two subject matter experts, two instructional design experts and software engineers and graphic design, three students for individual testing, nine students for small group trial and fifty-eight for field trials. Data about the quality of the products of this development are collected by questionnaire. The data collected were analyzed using qualitative descriptive analysis techniques.

 

Keywords: Interactive Multimedia, Development of teaching materials. Special makeup

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik.

Azhar Arsyad. (2006). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Belawati, Tian. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Borg, W. R., & Gall, M. D. (2003). Educational research: an introduction (7th Ed.). New York: Logman, Inc.

Kardi dan Nur.(2009).”Ciri – ciri model pembelajaran langsung”.Dalam Trianto.2007. Model – Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi konstruktivistik. Jakarta:Prestasi Pustaka.

Meyer, Ricchar E. (2009). Multimedia Learning-Prinsip dan Aplikasi.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Prabawa, P, Santyasa. Warpala. (2013). Pengembangan bahan ajar multimedia berbasis proyek Pada mata pelajaran produksi audio dan video di SMK Negeri 1 sukasada. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Teknologi Pembelajaran 3(2).

Rob Phillips. (1997). The Developer’s Handbooks to Interactive Multimedia : A Practice Guide for Educational Applications, London: Kogan Page Limited.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.

Wahyono Budi. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar.(Online), dalam (http://www.pendidikanekonomi.com/2013/06/faktorfaktor-yang-mempengaruhi.html, diakses pada 30 Juli 2017).




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v6i2.16963

Article Metrics

Abstract view : 232 times
PDF - 197 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.