PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN GANDA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Authors

  • Ahmad Husairi SMK Negeri 1 Talawi Kabupaten Batu Bara
  • Abdul Muin Sibuea Dosen Pascasarjana Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.24114/jtikp.v1i1.1864

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan Multimedia Pembelajaran Interaktif Model Tutorial dan Model Linier, untuk mengungkapkan perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang memiliki Kecerdasan visual-spasial dan kinestetik, untuk mengetahui interaksi antara Media pembelajaran dan Kecerdasan Ganda (Multiple Intelligence) terhadap hasil belajar IPS siswa. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi a = 0.05. Hasil penelitian diperoleh bahwa ada perbedaan yang sangat signifikansi antara hasil belajar melalui pembelajaran dengan menggunakan media Pembelajaran Interaktif Model Tutorial dan yang menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Model Linier, terdapat perbedaan hasil belajar yang nyata pada siswa yang memiliki Kecerdasan Ganda visual-spasial dan Kinestetik, terdapat interaksi penggunaan Media Pembelajaran, Kecerdasan Ganda siswa dengan hasil belajar siswa.   Kata Kunci: multimedia interaktif model tutorial, multimedia interaktif model linier, kecerdasan visual-spasial, kecerdasan kinestetik

Author Biographies

Ahmad Husairi, SMK Negeri 1 Talawi Kabupaten Batu Bara

SMK Negeri 1 Talawi Kabupaten Batu Bara

Abdul Muin Sibuea, Dosen Pascasarjana Universitas Negeri Medan

Pascasarjana Universitas Negeri Medan

Downloads