PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN GANDA TERHADAP HASIL BELAJAR IPS

Ahmad Husairi, Abdul Muin Sibuea

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan Multimedia Pembelajaran Interaktif Model Tutorial dan Model Linier, untuk mengungkapkan perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang memiliki Kecerdasan visual-spasial dan kinestetik, untuk mengetahui interaksi antara Media pembelajaran dan Kecerdasan Ganda (Multiple Intelligence) terhadap hasil belajar IPS siswa. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi a = 0.05. Hasil penelitian diperoleh bahwa ada perbedaan yang sangat signifikansi antara hasil belajar melalui pembelajaran dengan menggunakan media Pembelajaran Interaktif Model Tutorial dan yang menggunakan Media Pembelajaran Interaktif Model Linier, terdapat perbedaan hasil belajar yang nyata pada siswa yang memiliki Kecerdasan Ganda visual-spasial dan Kinestetik, terdapat interaksi penggunaan Media Pembelajaran, Kecerdasan Ganda siswa dengan hasil belajar siswa.

 

Kata Kunci: multimedia interaktif model tutorial, multimedia interaktif model linier, kecerdasan visual-spasial, kecerdasan kinestetik


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v1i1.1864

Article Metrics

Abstract view : 117 times
PDF - 162 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.