PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan penggunaan multimedia pembelajaran interaktif Macromedia Flash lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan penggunaan multimedia pembelajaran interaktif Power point dalam pembelajaran TIK, hasil belajar siswa yang memiliki kreativitas tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki kreativitas rendah dalam pembelajaran TIK, terdapat interaksi antara multimedia pembelajaran interaktif dengan kreativitas terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran TIK. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperiment dengan desain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi a = 0.05. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar TIK siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia pembelajaran interaktif Macromedia Flash lebih tinggi daripada pembelajaran interaktif Power Point, Hasil belajar TIK siswa yang memiliki Kreativitas tinggi lebih tinggi daripada yang memiliki Kreativitas rendah, dan terdapat interaksi antara penggunaan multimedia dan Kreativitas dalam mempengaruhi hasil belajar TIK siswa.
Kata Kunci: multimedia interaktif model tutorial, multimedia interaktif model linier, kecerdasan visual-spasial, kecerdasan kinestetik
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v1i1.1867
Article Metrics
Abstract view : 1011 timesPDF - 851 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.