PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS BLOG RIAS WAJAH SEHARI-HARI TATA KECANTIKAN KULIT

Dian Maya Sari, Esther Restie Sipahutar

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media pembelajaran interaktif berbasis blog rias wajah sehari-hari tata kecantikan kulit yang layak digunakan.Penelitian pengembangan menggunakan model Borg & Gall dikombinasikan dengan modelADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: aspek kelayakan isi dinilai sangat baik dengan persentase 90%. Pada aspek penyajian materi dinilai sangat baik dengan persentase nilai 98% dan pada aspek kebahasaan materi dinilai sangat baik dengan persentase 96%. Secara keseluruhan validasi ahli materi dinilai sangat baik dengan persentase 94,6%%. Hasil validasi ahli media pada aspek kualitas penyajian media dinilai sangat baik dengan persentase 92% dan pada aspek desain media pembelajaran dinilai sangat baik dengan persentase 94%. Secara keseluruhan validasi ahli media pembelajaran dinilai sangat baik dengan persentase nilai 93%. Hasil uji coba lapangan pada siswa kelas X pada aspek kualitas materi pembelajaran dinilai baik dengan persentase nilai 88,6% dan pada aspek tampilan media pembelajaran dinilai sangat baik dengan persentase nilai 90,2%. Data ini membuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis blog lebih efektif dalam meningkatkan kompetensi dan pengetahuansiswa.

 

Kata Kunci:media pembelajaran, berbasis blog, rias wajah sehari-hari


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v1i1.1870

Article Metrics

Abstract view : 402 times
PDF - 643 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.