PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA

Hendra ., Sahat Siagian

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui perbedaan hasil belajar kimia antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif online dan media pembelajaran interaktif offline, perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki komunikasi interpersonal terbuka dan komunikasi interpersonal tertutup, interaksi antara penggunaan media pembelajaran interaktif dan komunikasi interpersonal dalam mempengaruhi hasil belajar kimia siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Menyajikan dan mendeskripsikan data digunakan statistik deskriptif, menguji hipotesis digunakan statistik inferensial dengan ANAVA dua jalur yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan normalitas dan uji homogenitas varians. Hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif online lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif offline, hasil belajar kimia siswa yang memiliki komunikasi interpersonal terbuka lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki komunikasi interpersonal tertutup, dan terdapat interaksi antara penggunaan media pembelajaran interaktif dengan komunikasi interpersonal dalam mempengaruhi hasil belajar kimia.

 

Kata Kunci: multimedia interaktif model tutorial, multimedia interaktif model linier, kecerdasan visual-spasial, kecerdasan kinestetik


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v1i1.1872

Article Metrics

Abstract view : 307 times
PDF - 200 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.