PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Hastuti ., Keysar Panjaitan

Abstract


 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan strategi inkuiri bebas; mengetahui perbedaan hasil belajar TIK antara siswa yang memiliki kecerdasan  tinggi dengan kecerdasan rendah; dan mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan kecerdasan emosional  siswa terhadap hasil belajar TIK. Metode penelitian menggunakan quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2x2, sedangkan teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi a = 0.05. Hasil penelitian diperoleh: hasil belajar TIK siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri bebas lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing; hasil belajat TIK siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan yang  memiliki kecerdasan emosional rendah; terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dengan kecerdasan emosional dalam mempengaruhi hasil belajar TIK. Siswa yang memiliki kecerdasan emosional tinggi lebih baik dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri bebas, sedangkan siswa yang memiliki kecerdasan emosional rendah lebih baik dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing.

 

Kata Kunci: strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan strategi inkuiri beba, kecerdasan  tinggi dengan kecerdasan rendah, hasil belajar TIK


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v1i2.1874

Article Metrics

Abstract view : 478 times
PDF - 362 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.