PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)

Khairil Anwar Uzir, R. Mursid .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar TIK siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ARIAS dan dengan strategi pembelajaran Direct Instruction, untuk mengetahui hasil belajar TIK antara siswa dengan kemandirian tinggi dan kemandirian rendah, dan untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian siswa terhadap hasil belajar TIK. Metode penelitian adalah quasi eksperimen dengan populasi penelitian adalah siswa SMA Negeri 2 Pematangsiantar. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Uji normalitas dengan uji Liliefors sedangkan uji homogenitas dengan uji Fisher dan uji Bartlett. Teknik analisis data adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi α = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitiannya adalah: rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ARIAS lebih tinggi daripada rata-rata strategi pembelajaran Direct Instruction, rata-rata hasil belajar siswa dengan kemandirian tinggi lebih tinggi daripada kemandirian rendah, dan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemandirian terhadap hasil belajar TIK.

 

Kata Kunci: strategi pembelajaran ARIAS dan direct instruction, kemandirian belajar, hasil belajar TIK


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v1i2.1877

Article Metrics

Abstract view : 231 times
PDF - 133 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.