PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LIFE SKILL UNTUK SISWA SMK JURUSAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK

Despaleri Perangin-angin, Christin Erniati Panjaitan, Eka Dodi Suryanto

Abstract


Abstrak: Media pembelajaran menjadi pilihan untuk menunjang proses belajar yang menyenangkan dan menarik bagi siswa dan juga memperkuat motivasi, serta untuk menanamkan pemahaman pada siswa tentang materi yang diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Life Skill untuk siswa SMK Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan. Prosedur pengembangan media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi dari model ADDIE. Selanjutnya dilakukan validasi pada media yang telah dirancang. hasil penelitian ini yaitu pengembangan media pembelajaran berada dalam kategori Sangat Baik, berdasarkan penilaian dan validasi dari ahli media, ahli materi dan respon siswa. Hasil validasi dari ahli Media memperoleh rata-rata 93,33%, ahli materi 88,33% dan respon siswa sebagai pengguna adalah 90%. Dengan hasil ini, media pembelajaran yang dikembangkan dapat diterapkan dalam proses belajar mengajar sesuai dengan materi dan kompetensi yang akan dicapai.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Life Skill, SMK, Teknik Instalasi Tenaga Listrik.

 

Abstract: Learning media is an option to support a fun and interesting learning process for students and also strengthen motivation, and to instill understanding in students about the material being taught. The purpose of this study was to develop Life Skill-based interactive learning media for Vocational High School Electrical Power Installation Engineering students. This study uses a research and development model. The learning media development procedure used in this study adapted from the ADDIE model. Furthermore, validation is carried out on the media that has been designed. The results of this study are the development of learning media in the Very Good category, based on the assessment and validation of media experts, material experts and student responses. The results of the validation of the media expert obtained an average of 93.33%, the material expert was 88.33% and the student response as a user was 90%. With these results, the learning media developed can be applied in the teaching and learning process in accordance with the material and competencies to be achieved..

 

Keywords: Learning Media, Life Skills, Vocational High School, Electrical Power Installation Engineering.

Full Text:

PDF

References


Asyhar RayandAsyhar Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press.

Baharuddin. 2017. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SMK TERHADAP EFEKTIF DAN EFISIENSI PEMBELAJARAN.” Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan 4(1):24–33.

Belland, B. R., P. A. Ertmer, and K. D. Simons. 1996. “Perceptions of the Value of Problem-Based Learning among Students with Special Needs and Their Teachers.” Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning 1(2):1–18.

Borg, W., and M. D. V. Gall. 1983. Educational Research. An Introduction (4nd Ed). New York & London: Longman.

Bridges, M., and M. Hallinger. 1996. “Problem‐based Learning in Leadership Education.” American Journal of Physics 60(7):53–62.

Dick, W., and L. Carey. 2005. The Systematic Design of Instruction. United States of America: Scott Foresman and Company.

Dinatha, Ngurah Mahendra, and Maria Yuliana Kua. 2019. “PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM DIGITAL BERBASIS NATURE OF SCIENCE ( NOS ) UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILL ( HOTS ).” 3:293–300.

E. Kosasih. 2014. Strategi Belajar Dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Yrama Widya.

Evensen, Dorothy H., and Cindy E. Hmelo. 2013. Problem-Based Learning: A Research Perspective on Learning Interactions. edited by D. H. Evensen and C. E. Hmelo. New York: Routledge.

Janah, Mely Cholifatul, Antonius Tri Widodo, and Kasmui. 2018. “PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS.” Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia 12(1):2097–2107.

Kiswoyowati, Amin. 2011. “Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kegiatan Belajar Siswa Terhadap Kecakapan Hidup Siswa.” Portal Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia Edisi Khus(1):120–26.

Lightner, Sharon, Marcie J. Bober, and Caroline Willi. 2007. “Team-Based Activities to Promote Engaged Learning.” College Teaching 55(1):5–18.

McGriff, S. .. 2000. Instructional Systems. New York: College of Education, Penn State University.

Mergendoller, John M., Nan L. Maxwell, and Yolanda Bellisimo. 2006. “The Effectiveness of Problem-Based Instruction: A Comparative Study of Instructional Methods and Student Characteristics.” The Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning 1(2):49–69.

MUJAKIR. 2012. “Pengembangan Life Skill Dalam Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA XIII(1):1–13.

Poerwati, Loeloek Endah, and Sofan Amri. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sahala, Stepanus, and Abdus Samad. 2010. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM PEMBIASAN CAHAYA PADA LENSA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 KETAPANG.” Jurnal Matematika Dan IPA 1(2):12–25.

SASMITA, ENDANG. 2015. “PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI.”

Seels, Barbara, and Zita Glasgow. 1998. Making Instructional Design Decisions. (2nd Ed.). Upper Saddle River: NJ: Merrill.

Setiorini, Dyah. 2016. “PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERORIENTASI KECAKAPAN HIDUP (LIFE-SKILL) DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK.” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 05(1):445–52.

Sriadhi. 2012. Instrumen Ukur Kelayakan Courseware Multimedia Learning. Kuala Lumpur: Centre for Instructional Technology and Multimedia USM.

Suardana, I. Nyoman. 2006. “PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF BERBANTUAN MODUL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA PERKULIAHAN KIMIA FISIKA I.” Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja 39(4):751–68.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Bandung.

W. Gijselaers. 1996. “Connecting Problem-Based Practices with Educational Theory.” American Journal of Physics 68(7):13–27.

Wasonowati, Ratna Rosidah Tri, Tri Redjeki, and Sri Retno Dwi Ariani. 2014. “PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) PADA PEMBELAJARAN HUKUM - HUKUM DASAR KIMIA DITINJAU DARI AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 2 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014.” Jurnal Pendidikan Kimia (JPK) 3(3):66–75.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v7i1.22627

Article Metrics

Abstract view : 516 times
PDF - 585 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.