PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI KOMPUTER PADA PEMBELAJARAN LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA MELALUI DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 SIBOLGA
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Meningkatkan aktifitas belajar siswa pada materi reaksi redoks menggunakan metode pembelajarn tutor sebaya; (2) Meningkatkan hasil belajar siswa pada meteri reaksi redoks menggunakan metrode pembelajarn tutor sebaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran tutor sebaya dapat memeperbaiki aktifitas belajar siswa. Hasil dari observasi terhadap seluruh aktifitas siswa pada siklus I dan siklus II menunjukkan rata–rata aktifitas siswa mengalami peningkatan; (2) Pembelajaran tutor sebaya dapat memperbaiki hasil belajar siswa. Hasil dari analisis terhadap nilai rata-rata kelas berdasarkan perbandingan antara kelompok pada siklus I dan siklus II dan anlisis terhadap nilai individu siswa yang diperoleh dari tes akhir pembelajarn mengalami peningkatan
Kata Kunci: peningkatan hasil belajar kimia, media animasi computer, laju reaksi
Abstract: The purpose of this class action research are: (1) Improving the learning activities of students on the material using the redox reaction pembelajarn method of peer tutoring; (2) Improve student learning outcomes in a redox reaction using METRODE meteri pembelajarn peer tutors. The results of this study indicate that: (1) Learning Touch ups can peer tutor students' learning activities. The results of observations of all activities of the students in the first cycle and the second cycle shows the average activity of students has increased; (2) Learning peer tutors can improve student learning outcomes. Results from the analysis of the average value of the class based on the comparison between the groups in the first cycle and the second cycle and anlisis the individual values obtained from tests students end pembelajarn increased
Keywords: learning outcome chemistry, computer animation media, the reaction rate
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2005). Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Bumi Aksara Jakarta
Arikunto, S , dkk. (2006). Penelitian Tindakan Kela. Jakarta : Bumi Aksara
Ardiana L. (2003). Penelitian Tindakan Kelas, Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan dasar dan menengah, Departemen Pendidikan Nasional
Depdiknas. (2003). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta, Direktorat Jendral Pendidikan dasar dan Menengah, Direktorat Tenaga Kependidikan
Dikdesmen. (2003). Pemebelajaran Remedial, Jakarta. Direktorad Jendral Pendidikan dasar dan Menengah. Direktorat Tenaga Kependidikan
Engkoswara. (1994). Dasar-dasar Metodologi Pengajaran PT Aksara Jakarta
Hamalik O. (2005). Kurikulum dan pembelajaran, Bumi Aksara Jakarta
Mulyana E, (2002). Kurikulum Berbasisi Kompetensi, bandung, Rosda Karya
Sabri, A. (2005). Startegi Belajar Mengajar Mikro Teaching. Quantum teaching Jakarta
Sudirman. (1997). Ilmu Pendidikan, Bandung, Remaja Karya
DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v7i1.22628
Article Metrics
Abstract view : 299 timesPDF - 228 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.