PENGEMBANGAN KEGIATAN BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM – KIMIA MELALUI METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

Hotmaria Siagian

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan: mengetahui penerapan strategi pembelajaran dengan Metode Belajar Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada siswa, mengetahui ada tidaknya peningkatan penguasaan materi pada mata pelajaran IPA - Kimia pada siswa melalui penerapan strategi belajar dengan Metode Belajar SAS, dan mengetahui keaktifan siswa dalam pembelajaran mata pelajaran IPA - Kimia pada siswa melalui penerapan strategi pembelajaran dengan Metode Belajar SAS. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hasil belajar peserta didik dengan penerapan Metode Belajar SAS khususnya pada materi pokok IPA – Kimia dalam mata pelajaran IPA - Kimia yaitu dari nilai hasil belajar. Terdapat peningkatan signifikan pada hasil belajar siklus I menunjukkan adanya kemajuan walaupun belum memuaskan namun terlihat ada peningkatan dari siklus I. Pada siklus I rata-rata nilai belajar sudah tercapai, namun belum melebihi angka 70, karena ketuntasan pada siklus I baru mencapai 73,68% dengan nilai rata-rata 70,86. Selanjutnya, pada siklus II ketuntasan belajar dan rata-rata nilai sudah tercapai, karena pada siklus II ini ketuntasan sudah mencapai 92,11% dengan nilai rata-rata 85,46., (2) Respon peserta didik dalam proses pembelajaran menggunakan Metode Belajar SAS pada IPA – Kimia dari data angket diperoleh hasil rata-rata 85%. Jadi, penerapan strategi pembelajaran dengan Metode Belajar SAS telah menghasilkan perubahan pada keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar IPA - Kimia.

 

Kata Kunci: metode struktural analitik sintetik, aktivitas dan hasil belajar, IPA-Kimia

 

Abstract: This study aims: to determine the application of learning strategies with the Synthetic Analytical Structural Learning Method (SAS) in students, to determine whether there is an increase in students' mastery of material in Science - Chemistry subjects through the application of learning strategies with the SAS Learning Method, and to determine student activeness learning science subjects - Chemistry in students through the application of learning strategies with the SAS Learning Method. The results showed: (1) The learning outcomes of students with the application of the SAS Learning Method, especially on the subject matter of Science - Chemistry in the subject of Science - Chemistry, namely the value of learning outcomes. There was a significant increase in learning outcomes in cycle I indicating progress was not satisfactory, but there was an increase in cycle I. In cycle I the average learning score had been achieved, but had not exceeded 70, because completeness in cycle I had only reached 73.68% with an average value of 70.86. Furthermore, in cycle II learning completeness and the average value has been achieved, because in this cycle II completeness has reached 92.11% with an average value of 85.46., (2) The response of students in the learning process using the SAS Learning Method on IPA - Chemistry from the questionnaire data obtained an average of 85%. So, the application of learning strategies with the SAS Learning Method has resulted in changes in student activeness in teaching and learning science - Chemistry.

 

Keywords: synthetic analytical structural methods, learning activities and outcomes, Science-Chemistry


Full Text:

PDF

References


Almatsier, Sunita, Prinsip Dasar Ilmu Gizi, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2006.

Arikunto, Suharsimi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2008

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakata: Rineka Cipta, 2002

Baharudin dan Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar Dan Pembelajaran, Yogyakarta: ArRuzz, 2007

Hadi, Amirul dan Haryano, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia, 1998.

Hadjar, Ibnu, Dasar-dasar Metodologi Kuantitatif dalam Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada,1996

Margono, S., Metodologi penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2000

Poerdarwinta, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2003.

Mulyasa, E., Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung: Rosdakarya, 2000,

Oemar Hamalik, Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2004.

Poerwadarwinta, Wjs., Kamus Umum Bahasa Indonesia Edisi 3 Jakarta: Balai Pustaka, 2006.

Purwanto, M. Ngalim, Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosda Karya, 1998.

Sitorus, MH., Istilah-istilah Biologi, Bandung: Irama Widjaya, 1999.

Slameto, Belajar Dan Fakto-Faktor Yang Mempengarihinya, Jakarta: Rineka Cipta, 1995.

Subagyo, Joko, Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1991.

Sudjana, Nana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2005.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D), Bandung: Alfabeta, 2007.

Trianto, Metode-Metode Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktifitas, Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v7i1.22630

Article Metrics

Abstract view : 196 times
PDF - 174 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.