UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI PERKEMBANGAN KOLONIALISME DAN IMPERIALISME BARAT MELALUI FILM STRIP DALAM PEMBELAJARAN PPKn
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan: mengetahui kelancaran proses pembelajaran PPKn yang dilakukan dengan model pembelajaran tipe TGT, mengetahui sejauh mana minat dan kemauan siswa dalam belajar PPKn dengan dilakukannya pembelajaran model tipe TGT, mengetahui seberapa besar tingkat prestasi hasil belajar PPKn siswa dengan menerapkan pembelajaran model tipe TGT. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hasil pembelajaran siswa dengan menerapkan model pembelajaran tipe TGT telah terjadi peningkatan secara signifikan. Sebelum dilaksanakan tindakan kelas nilai rata-rata mata pelajaran PPKn siswa adalah 56,130 dengan kategori rendah. Setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I nilai hasil belajar siswa rata-ratanya menjadi 74,63 dan standar deviasi 10,88 (kategori sedang). Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa terjadi peningkatan yaitu 80,75 berada pada kategori baik dengan simpangan bakunya 7,72; (2) Sebelum dilakukan tindakan kelas, tingkat ketuntasan belajar adalah 22,5 %. Pada siklus I setelah dilakukan tindakan maka ketuntasan siswa menjadi 80 %. Pada siklus ke 2 setelah dilaksanakan tindakan lebih lanjut sebagai hasil dari refleksi siklus I presentase tingkat ketuntasan siswa menjadi 95 %; (3) Keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran PPKn setelah dilakukan tindakan kelas pada siklus I dan siklus II semakin meningkat. Pada siklus I rata-rata kehadiran siswa 95,5 % dan pada siklus II kehadiran siswa menjadi 98,5 %.
Kata Kunci: perkembangan kolonialisme dan imperialisme barat, film strip, PPKn
Abstract: This study aims: to determine the smoothness of the PPKn learning process which is carried out with the TGT type learning model, to determine the extent of students' interest and willingness in learning PPKn by doing the TGT type learning model, to find out how much the level of achievement of student PPKn learning outcomes by applying the learning model type TGT. The results showed: (1) The learning outcomes of students by applying the TGT type of learning model had increased significantly. Before the class action was carried out, the average value of the students' PPKn subjects was 56.130 in the low category. After the classroom action was carried out in the first cycle, the average student learning outcomes were 74.63 and a standard deviation of 10.88 (moderate category). In the second cycle the average student learning outcomes increased, namely 80.75 in the good category with a standard deviation of 7.72; (2) Prior to the classroom action, the level of learning completeness was 22.5%. In the first cycle after the action was taken, the students' completeness became 80%. In the second cycle, after further action was carried out as a result of the reflection of the first cycle, the percentage of students' completeness level became 95%; (3) The activeness of students in participating in PPKn learning after class action in cycle I and cycle II increases. In the first cycle the average student attendance was 95.5% and in the second cycle the attendance was 98.5%.
Keywords: development of western colonialism and imperialism, film strip, PPKn
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman. M, (1999), Pendidikan Bagi Anak Yang Berkesulitan Belajar, Rineka Cipta; Jakarta.
Ahmadi, (2002), Transformasi Pendidikan Memasuki Millenium III, Kanisius; Yogyakarta.
Arikunto, (2002), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Bina Aksara; Jakarta.
Daryanto, (2006), “Pedoman Pengembangan Model-Model Pembelajaran Untuk SMP /SMK, DIrektorat PMPTK DEPDIKNAS, Jakarta.
Ibrahim. M, (2000), Pembelajaran Cooperatif, Surabaya Press, UNS, Surabaya.
Karsono, (2007), Pendidikan Matematika I, Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, DEPDIKNAS; Jakarta.
Purwanto. N, (1990), Psikologi Pendidikan, PT Remaja RoSMP akarya; Bandung.
Syahrul. AR, (2006), Perbedaan Prestasi Hasil Belajar Antara Model Cooperatif Learning dan Metode Konvensional di Kelas X Semester I SMP Negeri 068005 Medan Tahun Pelajaran 2005/2006, SMP N 38 Medan; Medan.
Tarigan. R, (1999), Pembelajaran Kooperatif Type TGT, Balai Penerbit UNIMED; Medan.
DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v7i1.22631
Article Metrics
Abstract view : 147 timesPDF - 166 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.