PENERAPATAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN MELALUI KEGIATAN SUPERVISI KELAS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DI SMA NEGERI 1 SIBOLGA, KOTA SIBOLGA

Ali Sutan Lubis

Abstract


Abstrak: Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1)   meningkatkan mutu pembelajaran siswa dengan enerapan model-model  pembelajaran melalui kegiatan supervisi akademik dengan pendekatan realistik; (2) mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam penerapan model-model  pembelajaran melalui kegiatan supervisi akademik dengan pendekatan realistik; (3) meningkatkan kemampuan siswa terhadap penerapan model-model  pembelajaran melalui kegiatan supervisi akademik dengan pendekatan realistik pada pembelajaran di kelas si SMA N 1 Sibolga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) bimbingan dan pengawasan yang berkesinambungan dapat  meningkatkan motivasi guru dalam menyusun RPP dengan lengkap; (2) bimbingan berkesinambungan  dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP. Peningkatan  kompetensi guru dalam menyusun  RPP dari siklus ke siklus. Pada siklus pertama nilai rata-rata komponen RPP 60,5 % dan pada siklus kedua 87,9 %. Jadi, terjadi peningkatan 27,4 % dari siklus pertama; dan (3) supervisi akademik membuka cakrawala berpikir guru, untuk memandang dirinya, menemukan kesalahan dan solusi atas kompetensi diri guru itu sendiri.

 

Kata Kunci: kemampuan guru, menerapkan model-model pembelajaran, supervisi

 

Abstract: The aim of this research are: (1) improve the quality of learning of students with Application of models of learning through academic supervision by a realistic approach; (2) determine the constraints faced by teachers in the application of learning models through academic supervision by a realistic approach; (3) improve the ability of students to the application of learning models through academic supervision by a realistic approach to learning in class SMA N 1 Sibolga. The results showed that; (1) continuous guidance and supervision to increase the motivation of teachers in developing lesson plans to complete; (2) continuous guidance can improve the competence of teachers in preparing lesson plans. Increased competence of teachers in preparing lesson plans from cycle to cycle. In the first cycle of the average value of the RPP component of 60.5% and 87.9% in the second cycle. Thus, an increase of 27.4% from the first cycle; and (3) the academic supervision open up the minds of teachers, to look at him, finding errors and solutions to the competence of the teacher's own self.


Keywords: the ability of teachers, applying learning models, supervision


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian, Suatau Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Darma Surya, (2009). Bahan Belajar Mandiri Dimensi Kompetensi Suvervisi. Jakarta: Direktorat jendral peningkatan Mutu pendidikan Nasional

Erman Suherman, (2009). Model-model Pembelajaran http ://re-searchengines.com/1207trimo1.html Penelitian Tindakan Sekolah

Fattah, Nanang. (2003). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

S, Syaodih Nana, (2006). Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah(konsep,prinsif,dan instrumen). Bandung : Aditama.

Sagala, Syaiful. (2010). Supervisi Pembelajaran Dalam Profesi Pendidikan, Bandung Alfabeta

_____________ (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Pemerintah Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Piet, A. Sahertian. Frans Mataheru, (1981). Prinsip Teknik Supervisi Pendidikan. Surabaya :Usaha Nasional.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v7i1.22632

Article Metrics

Abstract view : 208 times
PDF - 203 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.