UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PROSES DOKUMEN-DOKUMEN KANTOR DENGAN PEMBERIAN TUGAS MODEL PEMBELAJARAN TERSTRUKTUR DI SMK N 7 MEDAN

Darmauli .

Abstract


Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajara siswa dengan pembelajaran struktur pemberian tugas pada mata pelajaran dokumen-dokumen kantor dengan pemberian tugas. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (1) Pembelajaran terstruktur dengan pemberian tugas memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (75,67 %), siklus II (76,50 %), siklus III (96,67 %); dan (2) Penerapan pembelajaran terstruktur dengan pemberian tugas mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan rata-rata jawaban siswa yang menyatakan bahwa siswa tertarik dan berminat terhadap pembelajaran terstruktur dengan pemberian tugas sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar.

 

Kata Kunci: proses dokumen-dokumen kantor, pemberian tugas, model pembelajaran terstruktur

 

Abstract: This classroom action research aims to determine improving student learning outcomes by learning the structure of assignment on the subjects of office documents with administration tasks. The results showed that: (1) Learning structured by giving the task to have a positive impact in improving student achievement marked by increased mastery learning students in each cycle, the first cycle (75.67%), the second cycle (76.50% ), the third cycle (96.67%); and (2) The application of structured learning by giving the task has a positive effect, which can increase students' motivation shown by the average response of students stating that the students are interested and are interested in the structured learning by giving the task so they become motivated to learn.

 

Keywords: process office documents, assignments, structured learning model


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineksa Cipta.

Combs. Arthur. W. 1984. The Profesional Education of Teachers. Allin and Bacon, Inc. Boston.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1994. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar, Jakarta. Balai Pustaka.

Djamarah, Syaiful Bahri. 1994. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Fakultas Tarbiyah IAIN Antasasi. Banjarmasin.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineksa Cipta.

Hamalik, Oemar. 1992. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Hamalik, Oemar. 1999. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

KBBI. 1996. Edisi Kedua. Jakarta: Balai Pustaka.

Kemmis, S. dan Mc. Taggart, R. 1988. The Action Research Planner. Victoria Dearcin University Press.

Ngalim, Purwanto M. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Purwanto, N. 1988. Prinsip-prinsip dan Teknis Evaluasi Pengajaran. Bandung. Remaja Rosda Karya.

Slameto, 1988. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Soetomo. 1993. Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya Usaha Nasional.

Sukidin, dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Surabaya: Insan Cendekia.

Suryabrata, Sumadi. 1990. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.

Syah, Muhibbin. 1995. Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wetherington. H.C. and W.H. Walt. Burton. 1986. Teknik-teknik Belajar dan Mengajar. (terjemahan) Bandung: Jemmars.

Yamin, Martin, 2005. Strategi Pemebelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Pers.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v7i1.22633

Article Metrics

Abstract view : 161 times
PDF - 194 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.