PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA KELAS X TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK (TITL) DI SMK DWIWARNA MEDAN

Sriadhi ., Nailul Zahrowi Yuwanda

Abstract


Abstrak: Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif terhadap efektif dan efisiensi kegiatan belajar mengajar di SMK Dwiwarna Medan. Adapun metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian Research and Development (R&D). Dan untuk model desain penelitian ini menggunakan desain ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation, Evaluation). Data pada penelitian ini diperoleh melalui instrument yang diadaptasi dari Sriadhi: 2018, yang terdiri dari ahli materi, ahli media dan akseptansi peserta didik. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini juga diadaptasi dari Sriadhi: 2018 melalui hitungan statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini didapatkan dari validasi ahli materi dengan kategori “Sangat Layak” yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 4,7. Dan hasil validasi yang didapatkan dari ahli media dikategorikan “Sangat Layak” dengan mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4,3.

 

Kata Kunci : Pengembangan, Media pembelajaran interaktif, Adobe Flash CS6, Dasar Listrik dan Elektronika.

 

Abstract: This research aims to develop interactive learning media for effective teaching and learning activities at SMK Dwiwarna Medan. This study used Research and Development (R&D) method. And for this research model using ADDIE design (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The data in this study were obtained through an instrument that was first adapted from Sriadhi: 2018, which consisted of material experts, media experts and student acceptance. The data analysis used in this study was also adapted from Sriadhi: 2018 descriptive statistical calculations. The results of this study were obtained from the validation of material experts with the category "Very Appropriate" who obtained an average value of 4.7. And the validation results obtained from media experts was also categorized as "Very Appropriate " with an average value of 4.3.

 

Keywords: Development, interactive learning media, Adobe Flash CS6, Basic Electricity and Electronics

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Baharuddin. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Sekolah Menengah Kejuruan Terhadap Efektif Dan Efisiensi Pembelajaran. Diakses Pada 19 Juli 2020 dari http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/viewFile/2118/1253

Binanto, Iwan. (2010). Multimedia Digital–Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi.

Dani Candra W. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Rangkaian Listrik untuk Kelas X Program Keahlian TITL SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Diakses pada 14 Februari 2020 dari https://eprints.uny.ac.id/21875/1/Laporan%20Skripsi.pdf

Darmawan, Deni. (2012). Teknologi Pembelajaran. Bandung: Remada Rosdakarya.

Daryanto, Tri. (2005). Sistem Multimedia dan Aplikasinya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Decky Trio Setyawan. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Captivate Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika di SMK Negeri 7 Surabaya.Vol. 8, No. 1. Diakses pada 14 Februari 2020 dari

http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-elektro/article/view/26016/23834.

Evasari. (2017). Modul Pembelajaran Teknik ElektronikaDasar-Dasar Listrik Dan Elektronika. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Febby Dwi Al Indra dan Ika Parma Dewi. (2019). Rancang Bangun Media Interaktif Pada Mata Pelajaran Teknik Dasar Listrik Dan Elektronika. Diakses pada 14 Februari 2020 dari http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/article/download/104465/101790.

Krismadinata, Fandy Arieska Wanda, dan Ridwan. (2017). Pengembangan Media Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS 6 Pada Mata Pelajaran Menganalisis Rangkaian Listrik. Diakses pada 14 Februari 2020 dari https://docplayer.info/69845072-Pengembangan-media-interaktif-menggunakan-adobe-flash-cs-6-pada-mata-pelajaran-menganalisis-rangkaian-listrik.htm

Mardapi, Djamari. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendikia.

Mustarin, Amirah, dkk. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Adobe Flash CS6 Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X ATPH Pada Mata Pelajaran Alat Dan Mesin Pertanian Di SMKN 4 Jeneponto. Diakses pada 20 Juli 2020 dari https://ojs.unm.ac.id/ptp/article/viewFile/8189/4729

Purnama, Bambang Eka. (2013). Konsep Dasar Multimedia. Yogyakarta: Graha Media.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Sakira. (2017). Simulasi Rangkaian Elektronika Daya Dengan Aplikasi Fluidsim 5.0 Electronic. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Simarmata, Janner, dkk.. (2018). Learning Application of Multimedia-Based-Computer Network Using Computer Assisted Instruction Method. Diakses pada 19 Juli 2020 dari https://www.researchgate.net/publication/326893828_Learning_Application_of_Multimedia-Based-Computer_Network_Using_Computer_Assisted_Instruction_Method/link/5b8fc99292851c6b7ec09319/download

Sriadhi, dkk. (2017). The Effect of Tutorial Multimedia on the Transformator Learning Outcomes Based on the Students’ Visual Ability. Diakses pada 19 Juli 2020 dari https://www.researchgate.net/publication/326350556_The_Effect_of_Tutorial_Multimedia_on_the_Transformator_Learning_Outcomes_Based_on_the_Students'_Visual_Ability/link/5b4758b10f7e9b4637cf1556/download.

Sriadhi. (2015). Analisis Karakteristik Media Pembelajaran Dan Motivasi Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Diakses pada 19 Juli 2020 dari http://digilib.unimed.ac.id/19470/1/Fulltext.pdf

Sriadhi. (2018). Instrumen Penelitian Multimedia Pembelajaran. Medan: UNIMED.

Sudirman, Arif, dkk.. (2014). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, Nana & Ahmad Rivai. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Supriatna, Dadang dan Mochammad Mulyadi. (2009). Konsep Dasar Desain Pembelajaran. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa.

Suyanto dan Asep Jihad. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Esensi.

Wati, Ega Rima. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v7i2.23238

Article Metrics

Abstract view : 743 times
PDF - 509 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.