PENERAPAN KONSEP NILAI MUTLAK DALAM PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER MELALUI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMA

Jannes Pardede

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah  ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa melalui pembelajaran Quantum Teaching bagi siswa SMA Negeri 1 Sitahuis . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar dalam pembelajaran pokok bahasan Persamaan Linear dalam konsep nilai mutlak yakni pada siklus I secara klasikal terdapat 14 siswa dan 25 siswa atau 56%  yang mencapai ketuntasan belajar dan 11 siswa dan 25 siswa atau 44% tidak mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara klasikal yakni terdapat 23 siswa dan 25 siswa atau 92% yang mencapai ketuntasan belajar dan 2 siswa dan 25 siswa atau 8% tidak mencapai ketuntasan belajar.

 

Kata Kunci: nilai mutlak dalam persamaan dan pertidaksamaan linier, matematika, pembelajaran quantum teaching

 

Abstract: The purpose of this class action research was to determine the increase student achievement through learning Quantum Teaching for students of SMA Negeri 1 Sitahuis . The results of this study indicate that mastery learning in teaching the subject of Linear Equations in the concept of absolute value that is in the first cycle in the classical there are 14 students and 25 students or 56% who achieve mastery learning and 11 students and 25 students or 44% do not achieve mastery learning. While on the second cycle learning outcomes of students has increased in the classical style that there are 23 students and 25 students or 92% who achieve mastery learning and 2 students and 25 students or 8% do not achieve mastery learning.

 

Keywords: absolute value in linear equations and inequalities, mathematics, learning quantum teaching

References


Ari Nilandri 2001.Quantum Teaching :Orchestrating Student Succes (Bobbi DePoter, Mark Reardon, Sarah Singer-Nourie,Terjemahan).Boston:Allyn and Bacon. Buku asli diterbitkan tahun 1999.

Depdikbud. 1993. GBB sd 1994. Jakarta ; Depdikbud.

Hadikusumo, 1995. Pendidikan dan Kemajuan. Jakarta: Gramedia.

Musfita, S.Pd dkk. 2013. Modul Pembelajaran Matematika Kelas X. Jakarta : Usaha Mandiri.

Sinaga, Bornok dkk. 2013. Matematika Kemdikbud Kelas X SMA . Jakarta : Pusat Kurikulum dan Pembukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Sunardi . 2006. Mengakrabkan MATEMATIKA pada Anak. Yogyakarta; Kedaulatan Rakyat.

Suryo Subroto. 1997. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Winkel,WS.1986. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v7i2.23239

Article Metrics

Abstract view : 769 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.