PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS EXPERIENTIAL LEARNING PADA MATAKULIAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN AKUNTANSI

Effi Aswita Lubis, Efendi Napitupulu, Eko Wahyu Nugrahadi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui kelayakan modul berbasis Experiential Learning pada matakuliah Perencanaan Pembelajaran Akuntansi; (2) mengetahui keefektifan modul  berbasis Experiential Learning matakuliah Perencanaan Pembelajaran Akuntansi. Hasil penelitian menunjukkan: Kualitas pelaksanaan pembelajaran pada uji coba terbatas sangat baik dan layak digunakan dalam proses pembelajaran perencanaan pembelajaran akuntansi. Penilaian mahasiswa terhadap Pelaksanaan Pembelajaran menggunakan modul melalui Uji Coba Terbatas layak digunakan dalam proses perencanaan pembelajaran akuntansi. Rata-rata hasil belajar perencanaan pembelajaran pendidikan akuntasi mahasiswa menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikasi, bahwa yang dibelajarkan dengan menggunakan modul Pembelajaran berbasis Eksperimen Kolb Berbasis lebih tinggi pada hasil pretes, postes dari pada dengan konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan mampu meningkatkan hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran perencanaan pembelajaran akuntansi.

 

Kata Kunci: modul, experiential learning, perencanaan pembelajaran akuntansi

 

Abstract: This study aims: (1) to determine the feasibility of a module based on Experiential Learning in Accounting Learning Planning subject; (2) to determine the effectiveness of the Experiential Learning-based module in the Accounting Learning Planning course. The results showed: The quality of the implementation of learning in limited trials is very good and feasible to be used in the learning process of accounting learning planning. Student assessment of the Learning Implementation using modules through Limited Trials is feasible to be used in the accounting learning planning process. The average learning outcomes of students' accounting education learning planning shows that there are significant differences, that what is learned using the Kolb Experiment-based Learning module is higher in the results of the pretest, posttest than conventional. This shows that the learning model developed is able to improve student learning outcomes in accounting learning planning.

 

Keywords: modules, experiential learning, accounting learning planning


Full Text:

PDF

References


Baharuddin & Esa Nur Wahyuni. (2007). Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Baharuddin and Wahyuni, E.N. (2007). Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2007

Joyce, Bruce, Marsha Weil, & Emily Calhoun.(2000). Models of Teaching. USA: Library of Congress Cataloging-in- Publication Data

Kolb, A. dan Kolb DA. (2001). Experiential Learning Theory Bibliography 1971-2001, Boston, Ma .: McBer and Co, http://trgmcber.haygroup.com/Products/learning/bibliography.htm

Kolb, AY, & Kolb, DA (2005). Inventarisasi Gaya Belajar Kolb - Versi 3.1: 2005 Spesifikasi Teknis. Haygroup: Pengalaman Berdasarkan Learning Systems Inc.

Kolb, DA (1976) Inventarisasi Gaya Belajar: Manual Teknis, Boston, Ma .: McBer.

Kolb, DA (1981) 'Gaya belajar dan perbedaan disiplin'. dalam AW Chickering (ed.) Modern American College, San Francisco: Jossey-Bass.

Kolb, DA (dengan J. Osland dan I. Rubin) (1995a). Eksperimental Perilaku Organisasi: Pendekatanuntuk Perilaku Manusia dalam Organisasi 6e, Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Kolb, DA (dengan J. Osland dan I. Rubin) (1995b) Pembaca Perilaku Organisasi 6e, Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Kolb, David A. (1984). Experiential Learning: Experience as The Source of Learning and Development. Englewood Cliffs: Prentice Hall

Kolb, David A., Irwin M. Rubin, Joyce Osland. (1991). Organizational Behavior: An Experiental Approach. Englewood Cliffs: Prentice Hall

Kolb. DA and Fry, R. (1975) 'Menuju teori penerapan pengalaman belajar ;, dalam C. Cooper (ed.) Teori Proses Kelompok, London: John Wiley.

Manolas, E.I. (2005), “Kolb’s Experiential Learning Model: Enlivening Physics Courses in Primary Education”. The Internet TESL Journal. 3,(9).

Muhammad. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sardiman A. M. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Schroeder, Nicholas W., Previous Accounting Education and College-Level Accounting Exam Performance, Issues in Accounting Education, Vol.1 No.1.

Subiyanto, Ibnu. (1993), Metode Penelitian Akuntansi, Edisi kedua, Cetakan Pertama, Bagian Penerbitan STIE YKPN, Yogyakarta.

Suciati, Ibrahim, R. Delfi, S. Julaeha. (2007). Belajar Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka, 2007

Suciati, Ibrahim, Refni Delfi, Siti Julaeha. (2007). Belajar Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka

Trianto. (2014) . Mendesain Model Pembelajaran Unofatif-Progresif Konsep, Landasan Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Media Group




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v7i2.23242

Article Metrics

Abstract view : 418 times
PDF - 324 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.