METODE WORD SQUARE PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Nurbadiyah Br Munthe

Abstract


Abstrak: Tujuan Penelitian ini adalah: untuk mencari data dan informasi meningkatnya motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI pada materi sifat-sifat terpuji melalui pembelajaran dengan metode Word Square. Hasil penelitian menunjukkan: (1) dengan menerapkan metode pembelajaran Word Square sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI pada aspek akhlak dengan materi sifat-sifat terpuji. Penerapan metode pembelajaran membawa dampak positif terhadap aktivitas belajar siswa terutama mengurangi kejenuhan dan sebagai variasi pembelajaran; (2) Melalui metode Word Square dalam mata pelajaran PAI pada materi sifat-sifat terpuji menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya aktivitas siswa 57,50% pada pra siklus meningkat menjadi 64,53% pada siklus 1 dan 77,76% pada siklus 2 sudah di atas ratarata yang ditentukan yaitu 65% dan hasil angket 57,37% pada pra siklus meningkat pada siklus 1 yaitu 62,76% meningkat di atas rata-rata menjadi 80,72% pada siklus 2.

 

Kata Kunci: metode word square, pendidikan agama islam (pai), motivasi, aktivitas, dan prestasi belajar

 

Abstract: The purpose of this study is: to find data and information increased students' motivation to subjects PAI on the material nature of merit through learning the methods Word Square. The results showed: (1) by applying learning methods Word Square in an effort to increase students' motivation in the subjects of PAI in moral aspect to the material nature of merit. Application of the method of learning a positive impact on student learning activities primarily reduce boredom and a variety of learning; (2) Through the method Word Square in subjects PAI on the material nature of merit shows increase students' motivation is characterized by an increased activity of students 57,50% in pre-cycle increased to 64.53% in cycle 1 and 77.76% in cycle 2 is already on the average determined at 65% and 57.37% on the results of questionnaires pre-cycle increase in cycle 1 was 62.76% increase over the average being 80.72% in cycle 2.

 

Keywords: method of word square, Islamic religious education (pies), motivation, activities, and learning achievements


Full Text:

PDF

References


Sardiman, A. M, (2010). Interaksi dan motivasi belajar mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada,

Ali, Muhammad, (1993). Strategi Penelitian Pendidikan, Bandung: Angkasa Raya,

Aminuddin, dkk. (2004). Pendidikan Agama Islam Kelas V, Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi dkk, (2006). Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni, (2002). Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Dimyati dan Mudjiono (2002). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri (2002). Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta,.

Djatnika, Rahmat (1996). Sistem Etika Islam (Akhlak Mulia), Jakarta: Panjimas,.

Hamalik, Oemar (2002). Psikologi Belajar Dan Mengajar, Bandung: Sinar Baru Agresindo,.

Hasbullah, (2005). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada,.

Jalaluddin (1999). Filsafat Pendidikan Islam (Konsep dan Perkembangan Pemikirannya), Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Majid, Abdul, et, al, (2005). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhaimin, (2003). Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam, Bandung: Nuansa Cendekia.

Mulyasa, E., (2005). Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwanto, M. Ngalim, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

Sujana, S. (2001). Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipasif, Bandung: Falah Production,.

Subroto, B. Suryo, (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta,.

Sudjana, Nana. (1999). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Argesindo.

Suryabrata, Sumadi. (1995). Psikologi Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada,.

Tohirin (2005). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada,.

Usman, Moh. (2000). Uzar, Menjadi Guru Professional, Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v7i2.23243

Article Metrics

Abstract view : 290 times
PDF - 229 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.