PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MERAKIT PERSONAL KOMPUTER PADA SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK SWASTA TRI KARYA

Abdiel Ginting, Harun Sitompul, Keysar Panjaitan

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk Untuk menghasilkan media video pembelajaran perakitan personal komputer yang berkualitas dan layak dijadikan acuan bagi siswa, mudah dipelajari, dipahami dan dapat digunakan secara individual, Untuk mengetahui keefektifan penggunaan media video pembelajaran pada mata pelajaran Produktif Teknik Komputer dan Jaringan pada materi perakitan komputer. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg and Gall yang dipadu dengan model desain pembelajaran dari Dick and Carey. Hasil penelitian menunjukkan: uji ahli materi berada pada kualifikasi sangat baik (92,27%), uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (93,53%), uji ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (92,67 %), uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (89,58%), uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (91,11%), dan uji coba pada lapangan terbatas berada pada kualifikasi sangat baik (97,28%). Produk akhir dari pengembangan video ini dilanjutkan dengan uji keefektifan produk. Penelitian dilakukan pada peserta didik kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 70 peserta didik yang terdiri dari 35 peserta didik sebagai kelas eksperimen yang diajar menggunakan video, dan 35 peserta didik lainnya sebagai kelas kontrol yang diajarakan tanpa menggunakan media video. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan menggunakan video dengan hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan tanpa menggunakan video. Hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh thitung = 8,77 > ttabel = 1,99, dengan dk = (n1 + n2 – 2) pada taraf signifikansi a 0,05. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik yang dibelajarkan dengan menggunakan video sebesar 83,66% lebih tinggi dari pada peserta didik yang dibelajarkan tanpa menggunakan video sebesar 69,46%..

Kata Kunci: pengembangan media video pembelajaran, media pembelajaran, teknik komputer dan jaringan, hasil belajar merakit komputer

 

Abstract :This study aims to produce video learning media of personal computer assembly that is qualified and deserves to be used as a reference for students, easy to learn, understood and can be used individually, To know effectiveness of using video learning media on subjects Productive Computer Engineering And Network on computer assembly materials. This type of research is a development research using the Borg and Gall product development model combined with the instructional design model from Dick and Carey. The result of the research shows that: the material expert test is in very good qualification (92.27%), the test of the learning design is in very good qualification (93,53%), (92.67%), individual trials are in excellent qualifications (89.58%), small group trials are in excellent qualifications (91.11%), and Trials on limited field are in excellent qualification (97.28%). The end product of this video development is followed by product effectiveness test. The research was conducted on class X students. The method used in this research is quasi-experimental method. The sample of the study were 70 students consisting of 35 students as experimental class taught using video, and 35 other students as control class which was taught without using video media. The result of hypothesis testing shows that there is a significant difference between the learners' learning result which is learned by using the video with the learning result of the learners which is learned without using video. This is shown based on the result of data processing obtained tcont = 8,77 a  ttable = 1,99, with dk = (n1 + n2 - 2) at significance level a 0,05. From these results can be concluded that the learning outcomes of learners who were taught by using the video of 83.66% higher than the learners who were taught without using video of 69.46%.

Keywords : development of learning video media, instructional media, computer and networking techniques, learning result of assembling computer


Full Text:

PDF

References


AECT. (1977). Definisi Teknologi Pendidikan (satuan tugas definisi & terminology AECT ). Jakarta : Rajawali

Abdullah, dkk. (2013). Teknologi Pendidikan. Bandung : Rosda Karya.

Abdurrahman. Mulyono, (1999). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Anderson, R. H. (1983). Pemilihan dan Pengembangan Media Untuk Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka

Arikunto, Suharsimi. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, S. (1999). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. (2014) . Media Pembelajaran (Edisi Revisi). Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Ary, D., Jacobs, L.C Razavieh, A. (1982). Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. (Penerjemah Furcham, A). Surabaya : Usaha Nasional.

Baskara, Agung. (2015). Jurus Rahasia Merakit Komputer Tanpa Guru. Jakarta : KIR Direction.

Bloom, Benjamin S. (1977). Taxonomy of Educational Objektif, Hand Book I, Cognitif Domain. New York : Longman Inc.

Borg,W.R & M.D.Gall. (1983). Educational Research : An Introduction, New York : Longman, Inc.

Bretz, Rudi. A. (1971). Taxonomy of Communication Media, Educational Technology publications. Englewood clifft, New Jersey.

Dick, Walter, etc. (2001). The Systematic Design of Instruction. Fifth Edition.Wesley Educational Publishers Inc..

Danim, Sudarwan. (2010). Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran Perannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media.

Dermawan, Deni. (2011). Teknologi Pembelajaran. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Dimyati & Mujiono. (2009). Belajar & Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Dick, Walter, etc. (2001). The Systematic Design of Instruction. Fifth Edition. Wesley Educational Publishers Inc..

Fajar, Malik A. (2014). Perbandingan Sistem Pendidikan 15 Negara. Bandung : Lubuk Agung

Hamid, Abdul. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Medan : Progam Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

Kustandi, Cecep dkk. (2013). Media Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia.

Uno, Hamzah, dkk. (2014). Variabel Penelitian dalam Pendidikan dan Pembelajaran. : Jakarta : PT.Ina Publikatama.

_____. (2004). Model Pembelajaran. : Gorontalo : Nurul Jannah.

Hujair, AH. Sanaky. (2009) .Media Pembelajaran. Yogyakarta : Safiria Insani Press

Hamalik, Oemar. (2005). Proses Belajar Mengajar, Bandung : Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. (2003). Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Miarso, Yusufhadi. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media dan Pustekkom Diknas.

Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta : Referensi (GP Press Group )

Musfiqon, HM. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta :

Prestasi Pustaka Karya.

Nurhadi, Wahyudi. (2003). Media Pembelajaran.Jakarta : Gama Persada.

Panjaitan, Keysar. (2010). Merancang Butir Soal dan Instrument untuk Penelitian. Gorontalo : Nurul Jannah.

_____. (2009). Pendidikan Masa Depan, Gorontalo : Nurul Jannah.

_____. (2014). Pengantar Belajar dan Pembelajaran. Gorontalo : Nurul Jannah.

Sadiman, Arif dkk. (2002). Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana. (2001). Evaluasi Hasil Belajar. Bandung, Sinar Baru.

Suparman, Atwi. (2011). Desain Intruksional Modern. Jakarta :Penerbit Erlangga

Susilana, Rudi dkk. (2008). Media Pembelajaran . Bandung : CV.Wacana Prima.

Srililis. (2008). Pengembangan Inovasi Pembelajaran Mandiri. Bandung : Lubuk Agung.

Smaldino, S.E dkk. (2008). Instructional Technology and Media For Learning. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Prenada Media Group

Usman, dkk. (2006). Pengantar Statistika (Edisi Kedua), Jakarta: Bumi Aksara.

Warsita, B. (2002). Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta : Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v8i1.26776

Article Metrics

Abstract view : 83 times
PDF - 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.