PENGARUH EFIKASI DIRI DAN KONTEN INSTAGRAM TERHADAP MINAT MENGAKSES PORTAL RUMAH BELAJAR KEMDIKBUD

Febri Nurhandayani

Abstract


Abstrak: Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui apa dan besarnya pengaruh efikasi diri dan konten Instagram Rumah Belajar terhadap minat mengakses portal Rumah Belajar Kemdikbud. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden yang mengikuti akun Instagram Rumah Belajar. Adapun temuan penelitian menyatakan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial pada efikasi diri dan konten Instagram terhadap minat mengakses portal Rumah Belajar, dan terdapat pengaruh secara simultan dan signifkan antara efikasi diri dan konten Instagram Rumah Belajar terhadap minat mengakses portal Rumah Belajar dengan nilai kontribusi sebesar 56,8%.

 

Kata Kunci: Efikasi Diri, Konten Instagram, Minat Mengakses

 

Abstract: The purpose of this study was to determine whether there is an effect and how muct the effect of self-efficacy and Instagram Content of Rumah Belajar towards the interest to access the Kemdikbud Rumah Belajar website. The research method used is quantitative and the data was collected by using a questionnaire distributed to 100 respondents who followed the Rumah Belajar Instagram account. The research findings state that there is a positive and partially significant effect on self-efficacy and Instagram content on interest in accessing the portal, and there is an effect on self-efficacy and Instagram content simultaneously on interest in accessing the portal with a contribution value of 56,8%.

 

Keywords:. Self-Efficacy, Instagram Content, Interest to Access


Full Text:

PDF

References


Agussani, A. (2020). Dampak Pendidikan 4.0 Terhadap Kehidupan Sosial di Lingkungan Kampus. In Kumpulan Penelitian dan Pengabdian ….

Deiss, R., & Henneberry, R. (2020). Digital Marketing For Dummies®, 2nd Edition. In Africa’s potential for the ecological intensification of agriculture.

Evaliana, Y. (2015). Pengaruh Efikasi Diri Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen.

Fatimah, Z. A., & Naryoso, A. (2019). Hubungan Antara Intensitas Mengakses Informasi Pariwisata Akun Instagram @Indtravel Dan Intensitas Komunikasi Word Of Mouth Dengan Minat Wisatawan Mancanegara Berkunjung Ke Indonesia. Interaksi Online UNDIP.

Haq, S. W. (2019). Pengaruh Terpaan Tayangan Drama Korea Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kuliner Korea. Ilmu Komunikasi.

Herlina, L. (2018). DISINTEGRASI SOSIAL DALAM KONTEN MEDIA SOSIAL FACEBOOK. TEMALI : Jurnal Pembangunan Sosial. https://doi.org/10.15575/jt.v1i2.3046

Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN. Jurnal Bisnis Terapan. https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296

Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360

Khotimah, R., Radjah, C., & Handarini, D. (2016). HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI AKADEMIK, EFIKASI DIRI AKADEMIK, HARGA DIRI DAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA SMP NEGERI DI KOTA MALANG. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling. https://doi.org/10.17977/um001v1i22016p060

Lee, N. R., & Kotler, P. (2015). Social marketing: Changing behaviors for good. NA.

Margaretha, L., & Sunarya, D. M. (2017). INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA SOSIALISASI 9 PROGRAM UNGGULAN PEMERINTAH (Studi Kasus pada Bagian Hubungan Masyarakat Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia pada Instagram @kemenkopUKM). Communication. https://doi.org/10.36080/comm.v8i2.637

Muhid, A., & Mukarromah, A. (2018). Pengaruh Harapan Orang Tua dan Self-Efficacy Akademik terhadap Kecenderungan Fear of Failure pada Siswa: Analisis Perbandingan antara Siswa Kelas Unggulan dan Siswa Kelas Reguler. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam. https://doi.org/10.30739/darussalam.v10i1.266

Mulyadi, M. (2012). RISET DESAIN DALAM METODOLOGI PENELITIAN Mohammad Mulyadi (. STUDI KOMUNIKASI DAN MEDIA.

Nia Safitri. (2019). Pendidikan Indonesia Menyongsong Era Revolusi 4.0. Www.Kompasiana.Com.

Nilasari, S. (2020). Pendidikan di Era Revolusi Industri 5.0 terhadap Disiplin Kerja Guru. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Prastihastari Wijaya, I. (2012). EFIKASI DIRI AKADEMIK, DUKUNGAN SOSIAL ORANGTUA DAN PENYESUAIAN DIRI MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia. https://doi.org/10.30996/persona.v1i1.14

Risdianto, E. (2019). Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. In Research Gate.

Saragih, S. A., Menanti, A., & Budiman, Z. (2020). Hubungan antara Self-Efficacy dan Dukungan Sosial dengan Coping Stress pada Petani Hortikultura dalam Mengelola Usaha Tani di Saribudolok. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi. https://doi.org/10.31289/tabularasa.v2i1.288

Shafira & Ira. (2020). Peran Konten Post Instagram Terhadap Keterlibatan Pelanggan Secara Daring Pada Industri Kosmetik Di Indonesia. Nasional, Seminar Riset, Terapan Series, Isas Publishing Vol, Science.

Shofiyah, S. (2018). Prinsip – Prinsip Pengembangan Kurikulum dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. EDURELIGIA; JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.464

Sudaryono, S., Sunarya, L., & Maulani, G. (2018). Facility for Customizing Transaction Forms on Master Data Using an Online Accounting System Web For Work Efficiency Company. Aptisi Transactions on Management (ATM). https://doi.org/10.33050/atm.v1i1.681

Suyitno. (2020). Analisis Data dalam Rancangan Penelitian Kualitatif. Akademika.

Wahyudin, D., & Adiputra, C. P. (2019). ANALISIS LITERASI DIGITAL PADA KONTEN INSTAGRAM @INFINITYGENRE. WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi. https://doi.org/10.32509/wacana.v18i1.744

Wahyuni, S., Fourqoniah, F., & Arsyad, A. W. (2019). Pengaruh Konten Instagram @Smrfoodies Terhadap Minat Beli Followers. EJournal Ilmu Komunikasi.

Yusnaini, & Slamet. (2019). Era Revolusi Industri 4.0: Tantangan dan Peluang dalam Upaya Meningkatkan Literasi Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v8i1.26780

Article Metrics

Abstract view : 118 times
PDF - 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.