PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis problem based learning yang dipergunakan pada pembelajaran tematik di SD Swasta Islam An-Nizam Kecamatan Medan Denai dan mengetahui keefektifan penggunaan media interaktif berbasis problem based learning pada pembelajaran tematik di SD Swasta Islam An-Nizam Kecamatan Medan Denai. Adapun subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Swasta Islam An-Nizam yang berjumlah 25 orang. Sebagai objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaran, skala respon siswa terhadap media pembelajaran dan tes hasil belajar siswa. Model pengembangan yang akan digunakan untuk mengembangkan perangkat media pembelajaran dalam penelitian ini adalah model Thiagarajan yang dikenal dengan Four-D (Model 4-D). Model 4-D diplih karena sistematis dan sesuai untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. Hasil penelitian yaitu media interaktif berbasis problem based learning yang dipergunakan pada pembelajaran tematik di SD Swasta Islam An-Nizam Kecamatan Medan Denai layak digunakan. Media interaktif berbasis problem based learning pada pembelajaran tematik di SD Swasta Islam An-Nizam Kecamatan Medan Denai efektif digunakan.
Kata Kunci : Pengembangan Video Pembelajaran, Hasil Belajar Matematika
Absract: The purpose of this study is to determine the feasibility of interactive learning media based on problem based learning which is used in thematic learning at SD Swasta Islam An-Nizam Medan Denai and to know the effectiveness of the use of interactive media based on problem based learning on thematic learning at SD Swasta Islam An-Nizam Medan Denai. The subject of this research is the students of class V SD Swasta Islam An-Nizam Medan Denai which amounted to 25 people. As object in this research is media of learning, scale of student response to instructional media and test result of student learning. The development model that will be used to develop learning media device in this research is Thiagarajan model known as Four-D (Model 4-D). The 4-D model is compiled because it is systematic and appropriate for developing learning tools. The result of the research is interactive media based on problem based learning which is used in thematic learning at An-Nizam Private Islamic Elementary School of Medan Denai District. Interactive media based on problem based learning on thematic learning at SD Swasta Islam An-Nizam Medan Denai District effectively used.
Keywords: Development, Interactive Media and Problem Based LearningFull Text:
PDFReferences
Ahmadi dan Supriono W. (2001). Psikologi Belajar, Jakarta : Rineka Cipta
Amir, M. Taufiq. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Arends, Richard. (2008). Learning to Teach. Penerjemah : Helly Prajitno dan Sri Mulyani. New York: McGraw Hill Company
Arikunto, S., (2008). Penelitian Tindakan Kelas, Penerbit Bumi Aksara, Jakarta.
Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers
Badjoeadji. (2012). Pemograman Dengan Microsoft Excel 007 VBA Module E Auditor. Jakarta: Rineka Cipta.
BNSP Depdiknas. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BNSP Depdiknas.
Buchori, Alma. (2008). Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Alfabeta
Dick, W. and Carey. (2005). The Systematic Design of Instrution. 4 th. Harper Colins
Dimyati, Mudjiono. (2008). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Gardner. (2007). The Condition of Learning and Theory of Instruction. Fourth Edition. New York : Holt. Rine Hart and Winston.
Hamalik. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Joyce, Bruce & Marsha Weil. (2009).Models of Teaching, New Yersey : Prentice-Hall, Inc.
Joyce. B dan weil. M. (2000). Model of Teaching, Foreword by James worlfsixth Edition Amerika.
Mardianto. (2011). Pembelajaran Tematik. Medan : Perdana Mulya Sarana
Moudhoffir. (2007). Teknologi Instruksional Sebagai Landasan Perencanaan dan Penyusunan Program Pengajaran, Bandung : Remaja Rosda Karya
Nasution. (2008). Metode Research. Bumi Aksara: Jakarta
Nur M. (2006). Model Pembelajaran Berbasis Masalah. LPMP Ditjen PMPTK Depdiknas
Pujianto. (2000). Pemanfaatan ICT Sebagai Sumber Belajar Sains Dalam Penerapan Problem Based Learning Di sekolah. Tesis: Jakarta UNJ.
Purwodarminto. (2000). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.
R. Mursid. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi (Suatu Pendekatan Pembelajaran Praktik Berbasis Kompetensi Berorientasi Produksi Pada Pendidikan Teknik Mesin). Medan: Unimed Pres
Rahimah. (2014). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Strtaegi PBL Pada Mata Pelajaran Pattern Making Kelas X SMK N 8 Medan. Tesis. Medan: UNIMED.
Rahmadina. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Masalah Pada Perkuliahan Mikrobiologi Terapan Pada Prodi Pendidikan Biologi. Tesis. Medan : UNIMED
Roestiyah, N. K. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Rozali. (2103). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press
Rusmono. (2012). Strategi pembelajaran Dengan Problem Based Learning itu perlu. Bogor: Ghalia Indonesia
Sagala, Syaiful. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sanjaya, Wina. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikukum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sukirman. (2012). Kinerja Pimpinan Jurusan di Perguruan Tinggi: Teori, Konsep dan Korelatnya. Yogyakarta: Laksbang Pressindo.
Sukma Pertiwi. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Blended Learning Pada Materi Kultur Jaringan Kelas XII SMA Negeri 1 Simpang Empat Asahan. Tesis. Medan: UNIMED.
Supriyadi. (2012). Internet Masuk Sekolah, Pemberdayaan Guru dan Siswa dalam Era Sekolah Berbasis E Learning. Bandung: PT. Telkom
Susilana. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima
Trianto. (2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Penerbit Prestasi Pustaka, Jakarta.
Usman, U. (2010). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Van de Walle, J.A. (2008). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Erlangga
Winkel, WS. (2008). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.
DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v8i1.26784
Article Metrics
Abstract view : 1196 timesPDF - 609 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.