PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KEWIRAUSAHAAN BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN BISNIS MANAJEMEN

Khoirun Nikmah, R Mursid, Samsidar Tanjung

Abstract


Abstrak: penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan bahan ajar kewirausahaan berbasis kontekstual pada siswa, (2) menggunakan bahan ajar kewirausahaan berbasis kontekstual dalam pembelajaran layak digunakan pada siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg and Gall yang dipadu dengan model desain pembelajaran Dick and Carey. Metode penelitian terdiri dari tujuh langkah yaitu sebagai berikut : (1) analisis kebutuhan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba perorangan, (5) uji coba kelompok kecil, (6) uji coba lapangan terbatas, dan (7) produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan : (1) uji ahli materi berada pada kualifikasi sangat baik (90,58%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (82,89), (3) uji ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (83,55), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (92,94), (5) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (95,72), dan (6) uji coba lapangan terbatas  berada pada kualifikasi sangat baik(95,10). Dengan demikian, pengembangan bahan ajar berbasis kontekstual layak digunakan dalam pembelajaran kewirausahaan.

 

Kata Kunci: bahan ajar kewirausahaan, kontekstual, siswa Sekolah Menengah Kejuruan

 

 

This study aims to: (1) develope contextual based instructional material in entrepreneurship for students, (2) use contextual based instructional material in entrepreneurship in effective instruction which is used by students. The type of this research is the research and development that used the product development model of Borg and Gall and combined with instructional design model of Dick and Carey. The research method consists of seven steps as follows: (1) need assessment, (2) to develop the initial product, (3) the expert validation and revision, (4) individual trial, (5) small group trial, (6) a limited field trial, and (7) final product. The result of this research showed: (1) the test of subject matter experts is at the excellent qualification (88.23%), (2) the test of the instructional design experts is at the excellent qualification (82.89%), (3) the test of the instructional media experts is at the excellent qualification (83.55), (4) the individual trial is at the excellent qualification (92.94%), (5) the small groups trial is at the excellent qualification (95.72%), and (6) the limited field trial is at the excellent qualification (95.10%). Thus, the development of contextual based instructional material is effective to be used in enterpreneurship instruction.

 

Keywords:  instructional material in entrepreneurship, contextual, student of Vocational High Scool


Full Text:

PDF

References


Anonim. (2000). Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Menengah. Jakarta. Depdiknas.

Belawati, Tian. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta:Divapress.

Daryanto. (2010). Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Dick, Walter, Lou Carey, and James O Carey. (2005). The Systematic Design of Instruction 6 ed, Boston. Pearson.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tantang Standar Isi. Jakarta. Depdiknas.

Farnk, Andrea I. (2005). “Developing Entrepreneurship Skills in the Context of Higher Education”. Journal International Developing Entrepreneurship Skills.

Hudson dan Whisler. (2016). “Contextual Teaching and Learning for Practitioners”. Systemics, Cybernetics And Informatics Volume 6 Number 4 ISSN: 1690-4524.

Milfayetti, Sri, dkk. (2012). Psikologi Pendidikan. Medan. Penerbit Universitas Negeri Medan

Pannen, P. Purwanto. (2001). Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas

Prastowo, Andi. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sagala, Saiful. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung. CV. Alvabeta.

Sari. (2010). Hubungan Hasil Belajar Kewirausahaan Dengan Motivasi Berwiraswasta Siswa di SMK Dua Mei Ciputat. Skripsi Program Strata Satu (SI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sudrajat, Akhmad. (2008). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Sukiman. (2011). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Pembimbing. Yogyakarta. Paramitra Publishing.

Sungkono, dkk. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta. FIP UNY.

Widodo, C. dan Jasmadi. (2008). Buku Panduan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Borg W.R. & Gall.M.D. (1983). Educational Research: An Introduction. London: Longman Inc.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v8i1.26785

Article Metrics

Abstract view : 366 times
PDF - 382 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

slot gacor slot