PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF TERHADAP HASIL BELAJAR PEMAHAMAN MEMBACA BAHASA INGGRIS

Sahara ., Harun Sitompul, Keysar Panjaitan

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar Pemahaman Membaca Bahasa Inggris siswa yang diajar dengan pemanfaatan media pembelajaran berbasis komputer lebih tinggi dengan media berbasis audio visual, (2) hasil belajar Pemahaman Membaca Bahasa Inggris siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi lebih tinggi dengan berpikir kreatif rendah dan (3) interaksi antara media pembelajaran dengan kemampuan berpikir kreatif dalam mempengaruhi hasil belajar Pemahaman Membaca Bahasa Inggris siswa. Metode penelitian yang digunakan  adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Teknik analisis yang digunakan adalah  analisis varians dua jalur (Two Way Anava 2 x 2) dengan taraf signifikansi a = 0,05 dengan menggunakan Uji-F, pengujian uji lanjut  menggunakan uji Tuckey. Temuan penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Pemahaman Membaca Bahasa Inggris siswa yang diajar dengan pemanfataan media pembelajaran berbasis komputer dengan media berbasis audio visual, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Pemahaman Membaca Bahasa Inggris siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi dengan berpikir kreatif rendah, dan (3) tidak ada interaksi antara media pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif sehingga media pembelajaran dapat dimanfaatkan untuk siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi maupun rendah  dalam penguasaan materi pembelajaran sehingga hasil belajar Pemahaman Membaca Bahasa Inggris yang diperoleh siswa  tinggi.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar pemahaman

                     membaca bahasa Inggris

 

Abstract: This study aims to determine: (1) the results of studying reading Comprehension for students who are taught by media computer based learning is higher than  audio visual media, (2) the results of learning Reading Comprehension for students who have the high creative thinking ability is higher than low ones and (3) interaction between learning media and creative thinking skills in influencing students’ learning outcomes of Reading Comprehension. The method used is a quasi-experimental design with 2 x 2 factorial. The analysis technique using the analysis of variance of two lanes (Two Way Anova 2 x 2) with significance level a = 0.05 using the Test-F, a further test testing use Tuckey test. The findings show: (1) there is a significant difference between the results of studying Reading Comprehension for the students who are taught by media computer based learing and audio visual media , (2) there is a significant difference between the results of studying Reading Comprehension for students who have the creative thinking ability  higher than the low ones, and (3) there is no interaction between the learning media and creative thinking ability, then media computer based learning can be used for the students that have  high creative thinking ability or the low ones to give the effect in mastering the learning material then the learners' could get the high achievement in Reading Comprehension.

  .
Keywords: learning
media, the creative thinking ability towards the learning outcomes of reading

                 comprehension

Full Text:

PDF

References


Arfan I dkk (2011) Design & Metode Penelitian. Medan : Madenatera

Anwar N, Muh (2012). International Interdisciplinary Journal of Education: Relationship of Creative Thinking with the Academic Achievements of Secondary School Students. Volume 1, Issue 3

Azhar, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Perdana

Barbara B.S. & Rita C.R. (1994). Teknologi Pembelajaran : Definisi dan Kawasannya. Seri Pustaka Teknologi Pendidikan No. 12. Jakarta : Universitas Negeri Jakarta.

Bruner, J.(2001). Constructivist Theory. Diakses pada 25 November 2013, darihttp://www.instructionaldesign.org/theories/constructivist.html

Dahar & Ratna, W. (2006). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Erlangga

Dede R. & Agus H.S (2008). Media Pembelajaran. Cipayung-Ciputat: Gaung Persada (GP) Press

Dimyati & Mudjiono (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Emalia, I.S. dkk. (2009). Bahasa Inggris Junior High School Grade VIII.Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Emzir (2007) . Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Gardner, H. (2011). The Theory Of Multiple Intelligences. New York : Basic Books.

Hamid A (2007). Teori Belajar dan

Pembelajaran. Medan

Hamzah B. & Uno, H. (2009). Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hartoyo (2009). ICT In The Learning of EFL. Diakses pada 06 Januari 2014, dari http://hartoyo.wordpress.com/2009 /07/07/ict-in-the-learning-of-efl/.

Haryanto, E. (2008). Teknologi Informasi dan Komunikasi: Konsep dan Perkembangannya. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran

Heinich, M. & Russel. (1993). Instructional Media. Macmillan Publishing Company.

Husaini U & Purnomo S.A.(2011). Pengantar Statistika. Jakarta: PT. Bumi Aksara:

Husna, Arafah dan Wahyuni, Sri. (2008). Jurnal Kependidikan Tahun 18 Nomor 1:Kesiapan Jurusan Tehnologi Pendidikan dalam Implementasi E-Learning Diakses pada 25 April 2015, darihttps://smartaccounting.files.wordpress.com

Indra, A (2009). TCL (Teacher Centered Learning). Diakses pada 15 Februari 2014, dari http://nemalz88veterinerblog. Blogspot.com/2009/06/tcl-teacher-centered-learning-adalah.html.

Iru, L, A. & La Ode S. (2012). Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-Model Pembelajaran. DIY: Multi Presindo.

Kent L.G & Robert M.B (2002). Survey of Instructional Development Models.USA

M. Djibril. (2012). Empat Komponen Yang Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Diakses pada 11 Juni 2017, dari m.republika.co.id/ Empat Komponen yang Meningkatkan Kualitas pendidikan

Meredith D.G. & Joyce P. Gall.(1963) Educational Research.USA: Pearson Education, Inc.

Momon S. (2013). Mengembangkan Ketrampilan Berpikir Kreatif.Jakarta: Rajawali Pers

Munandar,U. (2004). “Pengembangan Emosi dan Kreativitas”. Jakarta ; Rineka Cipta

Nuh, M. (2013). Menyambut Kurikulum 2013. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Patricia, L. S. et al. (2005), Instruction Design, John Willey & sons, Inc

Putra A.A. P. (2013). Penggunaan ICT Berbasis Media Pembelajaran Virtual Learning / E-Learning untuk Meningkatkan Kecepatan Pemahaman Siswa pada Pembelajaran Biologi. Diakses pada 25 Nopember 2013, Dari http://andiagusputra.blogspot.com

/2013/06/penggunaan-ict-berbasis-media.html

Riyanto Y. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media

Rofi’uddin, A. (2003). Faktor Kreativitas dalam Kemampuan Membaca dan Menulis. Diakses pada 25 Mei 2015, dari sastra.um.ac.id/.../FaktoKreativtas-dalam-Kemampuan-Membaca-dan- menulis.

Sarnapi. (2016). Mutu Pendidikan di Indonesia.. Diakses pada 11 Juni 2017, dari https://mutupendidikanindonesia. wordpress.com

Setijadi. (1977). Definisi Teknologi Pendidikan. Seri Pustaka Teknologi Pendidikan No. 7. Jakarta: CV Rajawali.

Sudjana. (1992). Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Sudijono, A (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Suparman, A.. (1997). Desain Instructional. Jakarta: PAU-PPAI Dikti UT Depdikbud.

Susilawati Neshia (2014). Skripsi: Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer dengan Program Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Hidrokarbon (Alkana, Alkena dan Alkuna). Jakarta

Suyanto, A. H..(2005). Mengenal e-Learning. Diakses pada 26 Nopember 2013, dari www.asep-hs.web.ugm.ac.id;

Uno, H.B, U. M.K & Keysar P. (2014). Variabel Penelitian dalam Pendidikan dan Pembelajaran. Jakarta: PT Ina Publikatama

Wina, S. (2010). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran,Jakarta:Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v8i1.26788

Article Metrics

Abstract view : 57 times
PDF - 31 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.