PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN KREATIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS HURUF ANAK PAUD

Flora Marantika Ginting, R Mursid, Mukhtar .

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh media pembelajaran video dan kartu huruf terhadap kemampuan menulis huruf anak usia dini di PAUD Kenanga Raya Medan; pengaruh kreativitas tinggi dan kreativitas rendah  terhadap kemampuan menulis huruf anak usia dini di PAUD Kenanga Raya Medan; dan pengaruh interaksi antara media pembelajaran dan kreativitas terhadap kemampuan menulis huruf anak usia dini di PAUD Kenanga Raya Medan. Penelitian ini bersifat eksperimen semu (quasi experiment). Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling, yang terdiri dari dua kelas (kelas A dengan jumlah 20 anak sebagai kelas eksperimen dan kelas B dengan jumlah 20 anak sebagai kelas kontrol) dengan jumlah sampel seluruhnya 40 orang anak yang ditentukan secara acak.  Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan menulis dan tes kreativitas. Rentang skor tes kemampuan menulis dari 0-100, sedangkan tes kreativitas dari 0-30. Metode penelitian dengan menggunakan kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: Kemampuan menulis huruf anak yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran video  lebih tinggi daripada anak yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran kartu huruf dimana harga Fhitung = 378.14, Ftabel = 4.12 pada taraf signifikansi alpha = 0,05; Kemampuan menulis huruf anak yang memiliki kreativitas tinggi lebih tinggi daripada anak yang memiliki kreativitas rendah berdasarkan media pembelajaran, harga Fhitung = 44.5,   Ftabel = 4.12 pada taraf signifikansi alpha = 0,05 dan Terdapat pengaruh interaksi antara belajar dengan menggunakan media pembelajaran dan kreativitas terhadap Kemampuan menulis huruf dengan Fhitung = 90.4, Ftabel = 4.12 pada taraf signifikansi alpha = 0,05. Hasil penelitian yang diperoleh diharapkan memberikan informasi bagi guru dan sekolah untuk menggunakan media pembelajaran video dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf anak PAUD. Selain itu perlu ditingkatkan kreativitas anak dalam pembelajaran di kelas.

 

Kata Kunci : media pembelajaran, kreativitas, kemampuan menulis huruf

 

Abstract :This research aims to know: the influence of the media learning of video and letters card against the ability of writing letters in the Kenanga Raya Early Childhood Education of Medan; the influence of high creativity and low creativity against the ability of writing letters in the Kenanga Raya Early Childhood Education of Medan; and the influence of the interaction between the media learning and creativity against the ability  of the writing letters in the Kenanga Raya Early Childhood Education of Medan. This was a quasi experiment. while the sampling technique using cluster random sampling that consists of two classes (A class with 20 children as an experiment group and B class with 20 children as a control group) with 40 early young children in the Kenanga Raya Early Childhood Education of Medan, which is determined randomly. The research instruments were writing letters ability test, and creativity test. Speaking ability score between 0-100, whilw self concept score between 0-30. Technique of analyzing data used Anava of two direction at α 0.05. The research result shows that: the ability to write the letter that follows the child's learning by using learning media video is higher than the children who follow learning by using learning media card letter where the Fcount = 378.14, Ftables = 4.12 on significance level alpha = 0.05; the ability to write letters that children who have a high creativity higher than children who have low creativity based on learning media, where the Fcount = 44.5, Ftables = 4.12 on significance level alpha = 0.05 and there is an interaction between learning by using learning media and creativity against the ability to write letters where Fcount = 90.4, Ftables = 4.12 on significance level alpha = 0.05. The research finding was expected to give information for teachers and the school to use alphabet flour instructional media to improve the kindergarten pupils’ ability of writing letters. Besides it is necessary to improve the pupils’ creativity of learning in the classroom.

 

Keywords : learning media, creativity, to letter writing skills

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi (2006). Prosedur Penelitian: suatu pendekatan praktek edisi revisi. Jakarta: Rineka Cipta

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press

Budiningsih, C. Asri. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Gagne, M.R. (1987). The Condition of Learning. USA: Holt, Rine Hart and Wiston

Hasan, Maimunah. (2009). PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Jogyakarta: Diva Press

Hasnida. (2015). Media Pembelajaran Kreatif. Jakarta: Luxima

Hawadi, R.A, Wihardjo, R.S.D., dan Wiyono,M. (2001). Kreativitas. Jakarta: Grasindo

Ibrahim, R.; Nana Syaodih S. (2003). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Asdi Mahasatya

Jainab. (2004). Pengaruh Strategi Pembelajaran Audio Visual dan Kreativitas terhadap Kemampuan Menulis Angka Anak Taman Kanak-kanak. Tesis. Medan: Program Pascasarjana Universitas Negeri Medan

Jamaris, Martini. (2006). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Grasindo

Majid, Abdul. (2006). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Rosdakarya

Moeslichatoen, R. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta

Montolalu, dkk. (2009). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Mulyati, dkk. (2011). Seni Menuangkan Gagasan. Jogyakarta: Kanisius

Munadi, Yudi. (2010). Media Pembelajaran: sebuah pendekatan baru. Jakarta: Gaung Persada

Nur Kasanah & Tuminto. (2007). Kamus Bergambar. Jakarta

Sadiman, Arief S. (2007). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: RajaGrafindo Persada

Smaldino, Sharon E. (2011). Instructional Technology And Media For Learning: teknologi pembelajaran dan media untuk belajar. Jakarta: Kencana

Sujiono, Yuliani N, dkk. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta

Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v8i1.26789

Article Metrics

Abstract view : 81 times
PDF - 40 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.