PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA PADA PEMBELAJARAN MATERI MOTOR BAKAR SMK

Mikhael Sihombing, Efendi Napitupulu, Farihah .

Abstract


Abstrack : Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pembelajaran interaktif layak media menggunakan dan efektif dalam meningkatkan hasil pembelajaran mesin konversi energi materi motor bakar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pembangunan Borg dan empedu, diadaptasi menjadi model sederhana. Penelitian dilakukan di SMK Nila Harapan Deli Serdang. Sampel terdiri dari abjad percobaan kelas (36 siswa) dan kontrol kelas (34 siswa). Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran siswa yang menggunakan media interaktif pembelajaran dengan mahasiswa belajar hasil hasil menengah yang menggunakan media interaktif pembelajaran dengan hasil belajar siswa menggunakan media cetak. Itu ditunjukkan oleh hasil analisis untuk menghitung T > T meja (9.77 > 2.00).

 

Kata Kunci : Media Pembelajaran Interaktif; Multimedia; Motor Bakar

 

Abstract : This research aims to produce a viable interactive learning media use and are effective in enhancing energy conversion Machine learning results. The methods used in this research are the development model of the Borg and Gall, adapted into a simple model. Research conducted at Nila Harapan Deli Serdang Vocational High School. The samples consist of alphabets experiment class (36 students) and control classes (34 students). Hypothesis testing results prove that there is a significant difference between the learning outcomes of students who use media interactive learning with student learning results intermediate results that use interactive learning media with results Learning students use print media. It was shown by the results of the analysis to calculate T > T table (9.77 > 2.00).

 

Key Words: Interactive Learning Media; Multimedia; Energy Conversion Machines.

Full Text:

PDF

References


Aditia dkk. Implementasi Augmented Reality (AR) Pada Pengenalan Ikan Hias Menggunakan Metode Markerless BerbasisAndroid. handle/123456789/60486,diakses 12 Oktober 2016.

Andria. “Arca, Pengembangan Buku Interaktif Berbasis Augmented Reality dengan smarthone Android”. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI) 3.2, 2014

Azuma, R T. 2007. A Survey of Augmented Reality. Presense:Teleoperator and Virtual Environment. 2007 : 2 & 3

Cheng, P dkk. A Review of Using Augmented Reality in Education from 2011 to 2016. Springer: Innovation in Smart Learning, 2016.

Khairnar, K dkk. Furniture Layout Application Based on Marker Detection and Using Augmented Reality, 2015.

Magdalena M. The Field Play Mobile Application: Augmented Reality, Location-Aware Content, And The Creation Of An Interactive, Data- Rich Digital Educational And Research Tool. 168, 2016.

Mauro F. Teaching Mathematics With Augmented Reality.12th International Conference on Technology in Mathematics Teaching, 2015.

Listiyani, Dini. Intel Bikin Saingan Google Glass&HoloLend 2016/03/04/57/1327554/intel-bikin-saingan- google-glass-hololens, diakses pada tanggal 14 Oktober 2016.

Jessnor E, dkk. The Use Of Augmented Reality (AR) Among Tertiary Level Students: Perception And Experience.Australian Journal of Sustainable Business and Society 2.1, 2016.

Paivio, Alan & Mark. A Dual Coding Theoretical Model of Reading.Citeseer, 2004.

Saguni, F. Prinsip-Prinsip Kognitif Pembelajaran Multimedia: Peran Modality dan Contiguity Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. INSAN Vol.8 No. 3, 2006.

Suppiah. Peranan Teori Dual Coding Dan Proses Kognisi Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Melalui Kaedah Pedagogi Hermeneutik. Jurnal Pendidikan BITARA UPSI, Vol 6/2013, 2013

Wendra, I W.Tingkat Kekohesifan Abstrak Dalam Artikel Aneka Widya.Jurnal Pendidikan dan Pengajaran IKIP Negeri Singaraja.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v8i2.31376

Article Metrics

Abstract view : 210 times
PDF - 207 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.