PENGENALAN LITERASI DIGITAL SISTEM PERPUSTAKAAN BERBASIS WEB DI SMP KEMALA BHAYANGKARI 1 MEDAN
Abstract
Abstrak: Proses pelayanan perpustakaan di SMP Kemala Bhayangkari 1 Medan awal nya dilakukan secara konvensional lalu berganti menjadi Sistem Berbasis Teknologi (Web). Terdapat beberapa kendala setelah pergantian sistem tersebut. Hal ini dikarenakan kurang familiarnya siswa terhadap pengunaan Sistem Perpustakaan Berbasis Teknologi (Web), sehingga siswa menjadi kebingungan dalam mengimplementasikan pengunaannya. Untuk itu dilakukan kegiatan pengenalan literasi digital untuk membantu siswa dalam menggunakan sistem perpustakaan. Kegiatan ini dilakukan menggunakan metode seperti, Menyusun Rancangan Kegiatan, Pelatihan dan Penerapan, Evaluasi. Sehinga mendapatkan sebuah hasil Modul Pedoman Penggunaan, media pelatihan penggunaan web perpustakaan, serta video pelaksanaan kegiatan berisi informasi tentang Penggunaan Web Perpustakaan, petunjuk serta saran penggunaan media Web Perpustakaan. Program MBKM terlaksana melalui beberapa rangkaian kegiatan maupun persiapan yang bertujuan untuk mengoptimalkan Pengunaan web perpustakaan di SMP Kemala Bhayangkari 1 Medan, sehingga mempermudah pelayanan untuk belajar disekolah mitra.
Kata Kunci: Literasi Digital, Pelatihan, Web, Modul Pelatihan
Abstract: The library service process at SMP Kemala Bhayangkari 1 Medan was initially carried out conventionally and then changed to a Technology-Based System (Web). There are several problems after the system change. This is because students are less familiar with the use of the Technology-Based Library System (Web), so that students become confused in implementing its use. For this reason, digital literacy activities were carried out to assist students in using the library system. This activity is carried out using methods such as Preparing Activity Plans, Training, and Implementation, Evaluation. the result of this activity is the Usage Guidelines Module, training media on the use of the library's web, as well as a video of the implementation of activities containing information about the use of the library's web, instructions, and suggestions for using the library's web media. The MBKM program is implemented through several series of activities and preparations aimed at optimizing the use of the library web at SMP Kemala Bhayangkari 1 Medan, thus facilitating services for learning at partner schools.
Keyword: Digital Literacy, Training, Web, Training Module
Full Text:
PDFReferences
A. Kadir (2015). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.
D. E. Hendrianto. (2014). Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Pada Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Donorojo Kabupaten Pacitan. Indones. J. Netw. Secur. 3(4). 57–64.
E. Sumiati and Wijonarko. (2020). Manfaat Literasi Digital Bagi Masyarakat Dan Sektor Pendidikan Pada Saat Pandemi Covid-19. Bul. Perpust. Univ. Islam Indones., 3(2), 65–80.
E. Suwandi, F. H. Imansyah, and H. Dasril. (2018). Analisis Tingkat Kepuasan Menggunakan Skala Likert pada Layanan Speedy yang Bermigrasi ke Indihome,” J. Tek. Elektro. 11
J. Hutahaean. (2015). Konsep Sistem Informasi 1st ed. Yogyakarta: deepublish.
Kurnianingsih, Indah, R, Rosini, & N, Ismayati. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 3(1). 61-76.
Ladjamudin, A. B. (2013). Analisis dan desain sistem informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Paryati &Yosef, M.K.A. (2008). Sistem Informasi. Yogyakarta: Ardana Media.
Rahmawati, N, Alifah, & A, C, Bachtiar. (2018). Analisis dan perancangan sistem informasi perpustakaan sekolah berdasarkan kebutuhan sistem. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi. 14(1). 76-86.
DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v8i2.31379
Article Metrics
Abstract view : 269 timesPDF - 234 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.