EFEKTIVITAS SISTEM LAYANAN PERPUSTAKAAN BERBASIS TIK DENGAN MODEL AMALIA DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA
Abstract
Abstrak: Perpustakaan sebagai sumber belajar sekaligus sumber informasi bagi siswa dalam kegiatan membaca yang dimulai sejak tingkat Sekolah Dasar. Suatu media sangat diperlukan untuk memudahkan anak dalam belajar membaca dari awal hingga akhir pendidikannya di Sekolah Dasar. Media layanan perpustakaan berupa perangkat lunak di dalam penelitian ini telah diperkenalkan kepada siswa yang mengacu pada tahapan model AMALIA (Attention, Memoryzing, Accelerating, Literal, Improving dan Assets). Model AMALIA dilengkapi dengan kartu perpustakaan yang belum diterapkan sebelumnya di perpustakaan sekolah ini. Tujuan dari penelitian ini adalah terimplementasikannya sistem layanan perpustakaan berbasis TIK dengan model AMALIA dalam meningkatkan minat membaca siswa Sekolah Dasar di Tanjung Gading Kabupaten Batu Bara. Penelitian ini adalah suatu penelitian pengembangan (R & D) yang mengikuti tahapan-tahapan penelitian pengembangan, setiap proses tahapan yang ditempuh untuk membangun produk penelitian. Untuk mengetahui perbedaan minat membaca dilakukan pretest – posttest terhadap sampel 86 siswa Sekolah Dasar di Tanjung Gading Kabupaten Batu Bara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat membaca siswa ke perpustakaan lebih tinggi setelah menggunakan sistem layanan perpustakaan berbasis TIK dengan model AMALIA dibanding dengan sebelum menggunakan sistem layanan perpustakaan berbasis TIK dengan model AMALIA. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan agar manajemen sekolah dapat mengimplementasikan sistem layanan perpustakaan berbasis TIK dengan model AMALIA dalam mengelola perpustakaan Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Sistem Layanan Perpustakaan, Model AMALIA, Minat Membaca
Abstract: The library as a learning resource and all at once as information sources for students related to reading activity started from the primary school level. A media is really needed to ease the students on reading study since the initial until more graduated at the primary school. The library service media by means of software has been introduced to students refers to stages AMALIA model (Attention, Memorizing, Accelerating, Literal, Improving and Assets). The AMALIA model is equipped with a library card that has not been implemented previously in the school library. The objective of this study was the implementation of an ICT-based library service system with the AMALIA model in increasing the reading interest of primary school students at Tanjung Gading of Batu Bara Regency. This study was educational research and development (R & D) which follows a step-by-step cycle, each step process used to develop the product. To prove, the difference in reading interest was conducted by using pretest-posttest 86 students sample of primary school in Tanjung Gading of Batu Bara Regency. The research result indicates that the reading interest of students to the library was higher after using ICT-based library service system with AMALIA model compared before using ICT-based library service system with AMALIA model. Based on the research result is recommended that the school management can implement an ICT-based library service system with the AMALIA model in managing the primary school library.
Full Text:
PDFReferences
AECT. 1977. Definisi Teknologi Pendidikan: Satuan Tugas Definisi dan Terminologi AECT. Terjemahan oleh Yusufhadi Miarso, dkk. 1986. Jakarta: Rajawali.
Arikunto, S. & Jabar, S.A. 2014. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Atkinson, R.L., Atkinson, R.C. & Hilgard, E.R. 1983. Introduction to Psychology (Pengantar Psikologi). Jakarta: Erlangga.
Bafadal, I. 2015. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Borg, W.R., Gall, M.D. & Gall, J.P. 2003. Educational Research: An Introduction, 7th Edition. Boston: Allyn and Bacon.
Chan, L.M., Comaromi, J.P., Mitchell, J.S. & Satija, M.P. 1996. Dewey Decimal Classification: A Practical Guide. Albany: OCLC Online Computer Library Center.
Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Depok: Rajagrafindo Persada.
Dhiman, A.K. 2003. Basic of Information Technology for Librarians and Information Scientists (Vol II: IT’s Applications in LIS). New Delhi: Ess Ess Publications.
Fraenkel, J.R. & Wallen N.E. 2008. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw Hill.
Gredler, M.E. 2011. Learning and Instruction: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Hamakonda, T.P. & Tairas, J.N.B. 2002. Pengantar Klasifikasi Persepuluhan Dewey. Jakarta: Gunung Mulia.
Hartono. 2016. Manajemen Perpustakaan Sekolah: Menuju Perpustakaan Modern dan Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Hergenhahn, B.R. & Olson, M.H. 2014. Theories of Learning (Teori Belajar). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Hurlock, E.B. 1978. Child Development (Perkembangan Anak) Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Hurlock, E.B. 1978. Child Development (Perkembangan Anak) Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Lasa, H.S. 2016. Manajemen Perpustakaan, Sekolah/Madrasah. Yogyakarta: Ombak.
Mursyid, M. 2016. Membumikan Gerakan Literasi di Sekolah. Yogyakarta: Lembaga Ladang Kata.
Rahayuningsih, F. 2007. Pengelolaan Perpustakaan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Rahim, F. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Ramana, P.V. 2004. Information Technology Applications in Libraries. New Delhi: Ess Ess Publications.
Santrock, J.W. 2011. Educational Psychology, 5th ed. New York: McGraw-Hill.
Schunk, D.H. 2012. Learning Theories: An Educational Perspective, 6th ed. Boston: Pearson Education.
Smaldino, S.E, Lowther, D.L. & Russell, J.D. 2014. Instructional Technology & Media for Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Solso, R.L., Maclin, O.H. & Maclin, M.K. 2008. Cognitive Psychology (Psikologi Kognitif). Jakarta: Erlangga.
Sudjana. 2009. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulistyo-Basuki. 1991. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Thobroni, M. 2015. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Yusuf, M. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan: Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yusup, P.M. 2013. Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v8i2.31381
Article Metrics
Abstract view : 242 timesPDF - 248 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.