EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEWIRAUSAHAAN

Juniati ., Sahat Siagian, R Mursid

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui (1) hasil belajar kewirausahaan yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kewirausahaan yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) secara keseluruhan, siswa yang memilki minat belajar tinggi lebih tinggi hasil belajar kewirausahaan, dibandingkan dengan siswa yang memiliki minat belajar, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar kewirausahaan. Metode penelitian  yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan faktorial 2 x 2. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varian dua jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05 dengan Uji F, pengujian lanjut menggunakan Uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan (1) Hasil belajar kewirausahaan siswa SMK Negeri 8 Medan yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD,pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan Fh sebesar 6,49 dan Ftabel = 4,00, jadi Fhitung >  Ftabel   =  6,49 >4,00. Hipotesis telah teruji kebenarannya  Ha diterima dan Ho ditolak, (2) hasil perhitungan tentang perbedaan hasil belajar kewirausahaan antara kelompok  siswa yang  memiliki minat belaja rtinggi dan rendah pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan Fh sebesar 28,15 dan Ftabel = 4,00jadi Fhitung>  Ftabel   =  28,15 >4,00, maka hipotesis telah teruji kebenarannya  Ha diterima dan Ho ditolak, (3) besarnya rata-rata hasil belajar kewirausahaan siswa untuk setiap kelompok pembelajaran A1B1 = 91,94dan A1B2 = 78,59 sedangkan A2B1 = 83,06 dan A2B2  = 79,65. Hasil perhitungan Anava factorial 2x2 diperoleh hasil perhitungan Fh = 8,52 dan harga tabel Ft = 4,00 adalah Ft(0,05)(1,64) = 4,00, sehingga dapat dinyatakan Fh (8,52) > Ft (4,00),

 

Kata Kunci: Pengaruh Model, Minat Belajar, Hasil Belajar Kewirausahaan

                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                     

Abstract: This research means to know: (1) The learning result of enterprise of student that thought by JIGSAW type cooperative learning model higher than the result of the enterprise which thought by cooperative learning model STAD type.(2) By all the students who have to learn high interest higher than the result of enterprise study compare with the student who has low-interest learning.(3) There is the interaction between the learning model and the learning interest of students to study enterprise from the student. The technic of taking a sample is used sample Cluster Random Sampling based on student interest so that this research sample in learning group and each group consist of 33 students for the experiment, and 35 students for the control group. The research method which used is experiment quasi with factorial 2x2 analysis technic which used is variant analysis two ways significant level a =0.05 by testing F, the test continues to use scheffe test. The research result mention = (1) learning result of students enterprise that thought with cooperative learning model JIGSAW type higher than cooperative learning model STAD type, at significant level a= 0.05 with Fh as big as 6.49 and = 4 Ftable  00 so Fcount >Ftable=6.49 > 4.00 Hypothesis has tasted its correctness Ha is given and he is refused (2) the calculation result about the difference of learning result enterprise between the group of students who have high study interest and low at a significant level a =0.05 with Fa as big as 28.15 and F table= 4.00  so F count > Ftable =28.15 >4.00 so hypothesis has tested its correctness. Ha is given and Ho is refused,(3) its big average the result of students enterprise learning for each learning group XA1.B1 = 91.94 and  XA1 B2   =78.59 whereas XA2B1 =83.06 and XA2B2 =79.65 the calculation result factorial ANOVA 2x2 is received the result of calculation Fh=8.52 and table prise F1=4.00 is Ft (0.05) (1.64)=4.00

 

Keywords: Effect of Model, Interest Of Student, Result of Enterprise


Full Text:

PDF

References


Ahmadi.1992. Psikologi Umum. Jakarta : Rineka Cipta

Ali, M. 1992. Model Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa

Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, S. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara

Arikunto, S. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Ed. Revisi). Jakarta: Bumi Aksara

Asri,Budiningsih. 2005.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta

Chalid, S. 2010. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Menggambar Pola SMK Negeri 8 Medan. Tidak Dipublikasikan. Thesis Medan: PPS Unimed

Dahar, Ratna.W. 2002. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga

Daryanto. 2012. Pendidikan Kewirausahaan Konsep dan Model. Yogyakarta: Gava Media

Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Acuan Pelaksanaan Pendidikan Kesetaraan Program Paket ABC. Jakarta: CV Dintam

Dick, W. & Carey, L.Carey,James O. 2005. The Systematic Design of Instructional. New York: Longman

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Gagne, Robwer M & Driscoll, Marcy P. 1989. Essentials of Learning for Instructiom. New Jersey: Prentice Hall

Gerungan. 1991. Psikologi Sosial. Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara

Hamid.A. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Medan, Program Pascasarjana Unimed

Hergenhahn, B.R. dan Matthew, H.Olson. 2009. Theories of Learning. Jakarta: Kencana

Hanita K Lubis. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Intelegensi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Al Azhar medan,Tesis Medan:Program Pascasarjana Unimed

Kemp.J.E. 1995. Planing, Producing and Using Instructional Tehnologies. New York: Harper Collins

Miarso, Yusufhadi. 2005. Menyemai Benih, Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana

Nasution, S. 2006. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: CV. Mutiara

Natawijaya, Rohman. 1996. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004 Pertanyaan dan Jawaban. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Panjaitan, B. 2006. Karakteristik Pembelajaran dan Kontribusinya Terhadap Hasil Belajar. Medan: Poda

Pusat Statistik. 2014. Data tenaga kerja dan pengangguran Indonesia.

Reigeluth, C.M. 1983. Instructional Design Theory of Models: An Overview of the their Curent Status. London: Prentice Hall

Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Romizowski,Aj. 1981. Design Instructional System. New York: Nichol Publishing Company

Rusman. 2005. Edisi Kedua. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rinekacipta

Trianto. 2008. Mendisain Pembelajaran Kontesktual. Jakarta: Cerdas Pustaka

Sagala, Syaiful. 2009 . Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sanjaya, W. 2008. Model Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sardiman, A.M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Slamet. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Slavin, Robert. E. 2006. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktek. Jakarta: Indeks

Slavin, Robert. E. 2006. Educational Psychology: Theory And Practice . USA: Pearson Education, Inc

Slavin, Robert. E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Sriani.2013. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kreativitas terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Kisaran.Tesis Medan: Program Pascasarjana Unimed

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Sudjana,Nana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sudjana, N. 1995. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Sugianto,Dian Armanto. 2014. Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dan STAD Ditinjau dari Kemampuan Penalaran dan komunikasi siswa SMA Negeri 11 Binjai. Jurnal FMIPA, Universitas Negeri Medan.

Suryana. 2008. Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Bandung: Salemba Empat

Suryabrata,S. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Tracy Brian. The Psychologi of achievement. New York: Simon Schuster

Tsailing Liang. 2002. Implementing Cooperative Learning In EFL Teaching: Process and Effect.Thesis. Institute of English national Taiwan Normal University

Uno,H.B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakart: Bumi Aksara

Wibowo, Agus. 2011. Pendidikan Kewirausahaan Konsep dan Model. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Wina, Sanjaya. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Winkel, W.S. 2004. Psikolog Pengajaran, Jakarta: Gramedia




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v8i2.31385

Article Metrics

Abstract view : 222 times
PDF - 168 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

slot gacor slot