EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEWIRAUSAHAAN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar kewirausahaan yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi dibandingkan hasil belajar kewirausahaan yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) secara keseluruhan, siswa yang memilki minat belajar tinggi lebih tinggi hasil belajar kewirausahaan, dibandingkan dengan siswa yang memiliki minat belajar, (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar kewirausahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan faktorial 2 x 2. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis varian dua jalur dengan taraf signifikansi α = 0,05 dengan Uji F, pengujian lanjut menggunakan Uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan (1) Hasil belajar kewirausahaan siswa SMK Negeri 8 Medan yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD,pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan Fh sebesar 6,49 dan Ftabel = 4,00, jadi Fhitung > Ftabel = 6,49 >4,00. Hipotesis telah teruji kebenarannya Ha diterima dan Ho ditolak, (2) hasil perhitungan tentang perbedaan hasil belajar kewirausahaan antara kelompok siswa yang memiliki minat belaja rtinggi dan rendah pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan Fh sebesar 28,15 dan Ftabel = 4,00jadi Fhitung> Ftabel = 28,15 >4,00, maka hipotesis telah teruji kebenarannya Ha diterima dan Ho ditolak, (3) besarnya rata-rata hasil belajar kewirausahaan siswa untuk setiap kelompok pembelajaran A1B1 = 91,94dan A1B2 = 78,59 sedangkan A2B1 = 83,06 dan A2B2 = 79,65. Hasil perhitungan Anava factorial 2x2 diperoleh hasil perhitungan Fh = 8,52 dan harga tabel Ft = 4,00 adalah Ft(0,05)(1,64) = 4,00, sehingga dapat dinyatakan Fh (8,52) > Ft (4,00),
Kata Kunci: Pengaruh Model, Minat Belajar, Hasil Belajar Kewirausahaan
Abstract: This research means to know: (1) The learning result of enterprise of student that thought by JIGSAW type cooperative learning model higher than the result of the enterprise which thought by cooperative learning model STAD type.(2) By all the students who have to learn high interest higher than the result of enterprise study compare with the student who has low-interest learning.(3) There is the interaction between the learning model and the learning interest of students to study enterprise from the student. The technic of taking a sample is used sample Cluster Random Sampling based on student interest so that this research sample in learning group and each group consist of 33 students for the experiment, and 35 students for the control group. The research method which used is experiment quasi with factorial 2x2 analysis technic which used is variant analysis two ways significant level a =0.05 by testing F, the test continues to use scheffe test. The research result mention = (1) learning result of students enterprise that thought with cooperative learning model JIGSAW type higher than cooperative learning model STAD type, at significant level a= 0.05 with Fh as big as 6.49 and = 4 Ftable 00 so Fcount >Ftable=6.49 > 4.00 Hypothesis has tasted its correctness Ha is given and he is refused (2) the calculation result about the difference of learning result enterprise between the group of students who have high study interest and low at a significant level a =0.05 with Fa as big as 28.15 and F table= 4.00 so F count > Ftable =28.15 >4.00 so hypothesis has tested its correctness. Ha is given and Ho is refused,(3) its big average the result of students enterprise learning for each learning group XA1.B1 = 91.94 and XA1 B2 =78.59 whereas XA2B1 =83.06 and XA2B2 =79.65 the calculation result factorial ANOVA 2x2 is received the result of calculation Fh=8.52 and table prise F1=4.00 is Ft (0.05) (1.64)=4.00
Keywords: Effect of Model, Interest Of Student, Result of Enterprise
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi.1992. Psikologi Umum. Jakarta : Rineka Cipta
Ali, M. 1992. Model Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa
Arikunto, Suharsimi. 2003. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara
Arikunto, S. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara
Arikunto, S. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Ed. Revisi). Jakarta: Bumi Aksara
Asri,Budiningsih. 2005.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Chalid, S. 2010. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Menggambar Pola SMK Negeri 8 Medan. Tidak Dipublikasikan. Thesis Medan: PPS Unimed
Dahar, Ratna.W. 2002. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga
Daryanto. 2012. Pendidikan Kewirausahaan Konsep dan Model. Yogyakarta: Gava Media
Departemen Pendidikan Nasional. 2004. Acuan Pelaksanaan Pendidikan Kesetaraan Program Paket ABC. Jakarta: CV Dintam
Dick, W. & Carey, L.Carey,James O. 2005. The Systematic Design of Instructional. New York: Longman
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Gagne, Robwer M & Driscoll, Marcy P. 1989. Essentials of Learning for Instructiom. New Jersey: Prentice Hall
Gerungan. 1991. Psikologi Sosial. Jakarta: Bumi Aksara
Hamalik, Oemar. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara
Hamid.A. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Medan, Program Pascasarjana Unimed
Hergenhahn, B.R. dan Matthew, H.Olson. 2009. Theories of Learning. Jakarta: Kencana
Hanita K Lubis. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Intelegensi Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Al Azhar medan,Tesis Medan:Program Pascasarjana Unimed
Kemp.J.E. 1995. Planing, Producing and Using Instructional Tehnologies. New York: Harper Collins
Miarso, Yusufhadi. 2005. Menyemai Benih, Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana
Nasution, S. 2006. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: CV. Mutiara
Natawijaya, Rohman. 1996. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004 Pertanyaan dan Jawaban. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Panjaitan, B. 2006. Karakteristik Pembelajaran dan Kontribusinya Terhadap Hasil Belajar. Medan: Poda
Pusat Statistik. 2014. Data tenaga kerja dan pengangguran Indonesia.
Reigeluth, C.M. 1983. Instructional Design Theory of Models: An Overview of the their Curent Status. London: Prentice Hall
Riyanto, Yatim. 2010. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Romizowski,Aj. 1981. Design Instructional System. New York: Nichol Publishing Company
Rusman. 2005. Edisi Kedua. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Rinekacipta
Trianto. 2008. Mendisain Pembelajaran Kontesktual. Jakarta: Cerdas Pustaka
Sagala, Syaiful. 2009 . Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sanjaya, W. 2008. Model Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Sardiman, A.M. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Slamet. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Slavin, Robert. E. 2006. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktek. Jakarta: Indeks
Slavin, Robert. E. 2006. Educational Psychology: Theory And Practice . USA: Pearson Education, Inc
Slavin, Robert. E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Sriani.2013. Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kreativitas terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Kisaran.Tesis Medan: Program Pascasarjana Unimed
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Sudjana,Nana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sudjana, N. 1995. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Sugianto,Dian Armanto. 2014. Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dan STAD Ditinjau dari Kemampuan Penalaran dan komunikasi siswa SMA Negeri 11 Binjai. Jurnal FMIPA, Universitas Negeri Medan.
Suryana. 2008. Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Bandung: Salemba Empat
Suryabrata,S. 2004. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Tracy Brian. The Psychologi of achievement. New York: Simon Schuster
Tsailing Liang. 2002. Implementing Cooperative Learning In EFL Teaching: Process and Effect.Thesis. Institute of English national Taiwan Normal University
Uno,H.B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakart: Bumi Aksara
Wibowo, Agus. 2011. Pendidikan Kewirausahaan Konsep dan Model. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Wina, Sanjaya. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Winkel, W.S. 2004. Psikolog Pengajaran, Jakarta: Gramedia
DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v8i2.31385
Article Metrics
Abstract view : 206 timesPDF - 163 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.