PEMANFAATAN MATLAB SIMULINK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIKUM SECARA DARING

Muhammad Isnaini, Mega Silfia Dewy

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan software Matlab Simulink sebagai alternatif media pembelajaran praktikum secara daring pada matakuliah Praktek Mesin Listrik di Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Subjek penelitian terdiri dari seluruh mahasiswa angkatan 2019 yang mengambil matakuliah Praktek Mesin Listrik di kelas C dan D yang berjumlah 25 orang. Pengumpulan data ditempuh mulai dari observasi, wawancara, dan analisis dokumen yang berkaitan dengan permasalahan tersebut.. Teknik validasi pada penelitian ini menggunakan validasi triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan software Matlab Simulink dalam proses pembelajaran pada matakuliah Praktek Mesin Listrik cukup efektif membantu dosen dan mahasiswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Lebih lanjut, sebagian besar para mahasiswa memberikan respon positif terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakan.

 

Kata Kunci : Matlab Simulink, media pembelajaran praktikum daring

 

 

Abstract: This research aims to describe the use of Matlab Simulink software as an alternative to online practicum learning media in the subjects of Electrical Machine Practice in the Electrical Engineering Education Study Program of the Faculty of Engineering, Medan State University. The study subjects consisted of all students of the class of 2019 who took electrical machine practice courses in grades C and D which amounted to 25 people. Data collection is taken starting from observation, interview, and analysis of documents related to the problem. The validation technique in this study uses the validation of triangulation techniques. The results showed that the use of Matlab Simulink software in the learning process in the electrical machine practice course is quite effective in helping lecturers and students in achieving learning goals. Furthermore, most of the students gave a positive response to the learning process carried out.

 

Keywords: Matlab Simulink, online practicum learning media


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran : Revisi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Hanselman, D. & Littlefield. (2000) MATLAB : Bahasa Komputasi Teknis, Komputasi, Visual, Pemrograman. Pearson Education Asia : New Jersey.

Jiwandono, M. D., Octavianingrum, D., & Djatmiko, G. (2021). Pemanfaatan Logic Pro X Dan E-Gamelan Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Praktik Karawitan Secara Daring. Indonesian Journal of Performing Arts Education, 1(2). 2775-0884. https://doi.org/10.24821/ijopaed

Math Works, Inc. (1993). MATLAB User’s Guide, High performance Numeric Computation and Visualization Software. The Math Works, Inc. : United States.

_____. (1993). SIMULINK User’s Guide. Natick : Massachusets.

Riyana, Cepy. (2012). Media Pembelajaran : Edisi Revisi. Dirjen Pendidikan Islam Kementrian Agama RI : Jakarta.

Saraswati, N. L. P. A., & Mertayasa, I. N. E. (2020). Pembelajaran Praktikum Kimia pada Masa Pandemi COVID-19: Qualitative Content Analysis Kecenderungan Pemanfaatan Teknologi Daring. Wahana Matematika Dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 14(2), 2549–6727. http://dx.doi.org/10.23887/wms.v14i2.28297

Sugiyono, S. (2014). Metode Penelitian Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembelajaran (A. Jarot, Ed.). Jakarta: Kata Pena.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v8i2.31386

Article Metrics

Abstract view : 366 times
PDF - 1857 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.