PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA KELAS VI SD/MI
Abstract
Abstrak: Studi ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan produk media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash Profesional 8 yang berkualitas pada mata pelajaran matematika materi geometri untuk siswa kelas VI MIN Padang Bulan Rantauprapat yang layak digunakan dalam pembelajaran (2) mengetahui efektifitas penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash Profesional 8 pada mata pelajaran matematika materi geometri untuk siswa kelas VI MIN Padang Bulan Rantauprapat. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick dan Carey. Model ini meliputi enam tahapan, yakni: studi literatur, perencanaan atau desain pengembangan, pengembangan produk, validasi ahli, uji coba, revisi, produk akhir. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil pengembangan media interaktif menunjukan validasi ahli menunujukkan bahwa keseluruhan rata-rata dikategorikan “Sangat Baik” dan uji kelayakan menunujukkan bahwa keseluruhan rata-rata dikategorikan “Sangat Baik”. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif Macromedia Flash dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional.
Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Matematika
Abstrack: This study aims to: (1) produce a qualified interactive learning media based Macromedia Flash profesional 8 in mathematics material geometry for students of class VI MIN Padang Bulan Rantauprapat are eligible for use in learning (2) determine the effectiveness of the use of interactive learning media-based Macromedia flash profesional 8 in mathematics materials for students of class VI geometry MIN Padang Bulan Rantauprapat. This type of research is the development of research that uses models Borg and Gall product development combined with learning development model of Dick and Carey. This model includes six stages, namely: literature studies, planning or design development, product development, validation expert, testing, revision, the final product. Data about the quality of the products of this development are collected by questionnaire. The data collected were analyzed using qualitative descriptive analysis techniques. The results of development of Interactive LearningMedia by Experts’ validation indicate that the overall average categorized "Very Good" And the Feasibility test indicate that the overall average categorized "Very Good". Hypothesis testing results show that there are significant differences between the students learning outcomethat to be learned by using Macromedia Flash Interactive Learning Media and Students learn outcometo be learned by conventional learning.
Keywords: Interactive Learning Media, Mathematic
Full Text:
PDFReferences
AECT. 1986. Defenisi Teknologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali, terjemahan oleh Yusuf Hadi Miarso.
Arief, Sadiman, 2012. Media Pendidikan¸ Jakarta: Raja Grafindo Persada
Arsyad Azhar. 2013. Media Pengajaran. Jakarta: Penerbit PT. Raja Grafindo
Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. 1983. Education Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.
Dick, W & Carey, JO. 2005. The Systematic Design of Instruction, Seventh Edition. New Jersey: Pearson
Depdiknas, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan .”Silabus Mata Pelajaran Matematika SD/MI”. Jakarta : Pusat Kurikulum, Depdiknas
Miarso, Yusuf Hadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.
Moeharti, Hw. 1986, Sistem-Sistem Geometri. Jakarta: Karunika Universitas Terbuka
Rita, & Situmorang, Julaga. 2014. Pengembangan Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Internet Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan.Vol. 1, No. 2, Desember 2014. Program Studi Teknologi Pendidikan UNIMED.
Sudjana. 1992. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.
Susilana Rudi & Riyana Cepi . 2007. Media Pembelajaran: CV. Wacana Prima
Suparman, M Atwi. 2012. Desain Instruksional Modern, Jakarta: Erlangga.
Undang - Undang Republik Indonesia. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Nomor 20 Tahun 2003.
Tim Devisi Lidbang Madcoms. 2006. Mahir Dalam 7 Hari Macromedia Flash Profesional 8, Madiun: Andi
DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v8i2.31387
Article Metrics
Abstract view : 203 timesPDF - 229 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.