PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRODUKTIF KIMIA BERBASIS KOMPUTER PADA KOMPETENSI TEKNIK DASAR PEKERJAAN LABORATORIUM SMK
Abstract
Abstrak: Penelitian bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran produtif kimiaberbasis komputer pada kompetensi melakukan teknik dasar pekerjaan laboratorium kimia yanglayak digunakan, mudah dipelajari, (2) mengetahui tanggapan siswa dan guru terhadap mediapembelajaran produktif kimia berbasis komputer yang dihasilkan, dan (3) mengetahui efektivitasproduk media pembelajaran terhadap hasil belajar. Metode penelitian dan pengembangan denganmodel Borg dan Gall. Hasil penelitian menunjukkan kualifikasi sangat baik dari uji ahli materi,dari uji ahli desain pembelajaran, dari uji coba perorangan, dari uji coba kelompok kecil, dan dariuji coba lapangan, sedangkan uji ahli rekayasa perangkat lunak berada pada kualifikasi baik.Berdasarkan penilaian ini, produk media pembelajaran mata pelajaran produktif kimia layakdigunakan. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikanantara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran denganbuku teks. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data diperoleh thitung = 5,331 pada tarafsignifikansi α = 0,05 dengan dk 59 diperoleh ttabel = 1,67, sehingga thitung > ttabel. Disimpulkanbahwa hasil belajar kelompok siswa yang menggunakan media pembelajaran sebesar 77,00%sedangkan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran buku tekssebesar 63,65%.Kata Kunci: media pembelajaran produktif kimia, berbasis komputer, teknik dasar pekerjaanlaboratorium
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3276
Article Metrics
Abstract view : 425 timesPDF - 400 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.