PENERAPAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF (MPI) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MINAT BELAJAR BIOLOGI
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian tindakan ini adalah: (1) meningkatkan hasil belajar Biologi dengan
penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif, (2) memperoleh data empiris seberapa besar
peningkatan hasil belajar biologi siswa dengan penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif,
(3) meningkatkan minat belajar siswa setelah penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif dan
(4) memperoleh data empiris seberapa besar peningkatan minta belajar biologi siswa dengan
penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas. Subyek penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Barus kelas XI-1 IPA. Hasil penelitian pra
siklus nilai rata-rata = 38,63 dengan jumlah siswa yang mencapai KKM 4 orang (9%), nilai ratarata minat belajar awal siswa = 2,50 (cukup), nilai rata-rata tes kemampuan akhir hasil belajar
siswa di akhir siklus 1 nilai rata-rata = 63,52 dengan jumlah siswa mencapai KKM sebanyak 27
orang (61,36%) dan nilai rata-rata minat belajar akhir siklus 1 = 2,87 (baik). Nilai rata-rata tes
kemampuan akhir hasil belajar siswa di akhir siklus 2 nilai rata-rata =76,70 dengan jumlah siswa
mencapai KKM sebanyak 38 orang (86,36%). Peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus 1
hingga akhir siklus 2 sebesar 77,36%. Nilai rata-rata minat belajar akhir siklus 2 = 3,16 (baik).
Peningkatan minat belajar siswa dari pra siklus 1 hingga akhir siklus 2 mencapai 64,59%.
Kata Kunci: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Hasil Belajar biologi, Minat Siswa
penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif, (2) memperoleh data empiris seberapa besar
peningkatan hasil belajar biologi siswa dengan penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif,
(3) meningkatkan minat belajar siswa setelah penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif dan
(4) memperoleh data empiris seberapa besar peningkatan minta belajar biologi siswa dengan
penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas. Subyek penelitian adalah siswa SMA Negeri 1 Barus kelas XI-1 IPA. Hasil penelitian pra
siklus nilai rata-rata = 38,63 dengan jumlah siswa yang mencapai KKM 4 orang (9%), nilai ratarata minat belajar awal siswa = 2,50 (cukup), nilai rata-rata tes kemampuan akhir hasil belajar
siswa di akhir siklus 1 nilai rata-rata = 63,52 dengan jumlah siswa mencapai KKM sebanyak 27
orang (61,36%) dan nilai rata-rata minat belajar akhir siklus 1 = 2,87 (baik). Nilai rata-rata tes
kemampuan akhir hasil belajar siswa di akhir siklus 2 nilai rata-rata =76,70 dengan jumlah siswa
mencapai KKM sebanyak 38 orang (86,36%). Peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus 1
hingga akhir siklus 2 sebesar 77,36%. Nilai rata-rata minat belajar akhir siklus 2 = 3,16 (baik).
Peningkatan minat belajar siswa dari pra siklus 1 hingga akhir siklus 2 mencapai 64,59%.
Kata Kunci: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Hasil Belajar biologi, Minat Siswa
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3279
Article Metrics
Abstract view : 802 timesPDF - 1706 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.