PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TATA RIAS PENGANTIN YOGYA PAES AGENG PADA MATA KULIAH TATA RIAS PENGANTIN INDONESIA
Abstract
Abstrak: Penelitian bertujuan untuk: (1) menghasilkan media video pembelajaran yang layak
digunakan, mudah dipelajari dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, (2) untuk
mengetahui keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan pada mata kuliah Tata Rias
Pengantin Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan
model pengembangan Borg dan Gall yang dipadu dengan model pembelajaran Dick dan Carey.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) uji ahli materi matakuliah Tata Rias Pengantin Indonesia
berada pada kualifikasi sangat baik (83,00%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada
kualifikasi sangat baik (87,08%), (3) uji ahli rekayasa perangkat lunak dan desain grafis berada
pada kualifikasi sangat baik (87,22%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat
baik (93,64%), (5) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (85,71%), (6) uji
coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (83,41%). Hasil pengujian hipotesis
membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mahasiswa yang
dibelajarkan dengan menggunakan media video pembelajaran dengan hasl belajar mahasiswa
yang dibelajarkan dengan menggunakan media power point. Hal ini ditunjukkan > ,
efektifitas penggunaan media video pembelajaran = 80,46%. Disimpulkan bahwa hasil belajar
kelompok mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan media video pembelajaran sebesar 80,46%
lebih tinggi dari kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media power point
sebesar 71,72%.
Kata Kunci: media video pembelajaran, tata rias pengantin yogya paes ageng, tata rias pengantin
indonesia
digunakan, mudah dipelajari dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, (2) untuk
mengetahui keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan pada mata kuliah Tata Rias
Pengantin Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan
model pengembangan Borg dan Gall yang dipadu dengan model pembelajaran Dick dan Carey.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) uji ahli materi matakuliah Tata Rias Pengantin Indonesia
berada pada kualifikasi sangat baik (83,00%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada
kualifikasi sangat baik (87,08%), (3) uji ahli rekayasa perangkat lunak dan desain grafis berada
pada kualifikasi sangat baik (87,22%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat
baik (93,64%), (5) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (85,71%), (6) uji
coba lapangan berada pada kualifikasi sangat baik (83,41%). Hasil pengujian hipotesis
membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar mahasiswa yang
dibelajarkan dengan menggunakan media video pembelajaran dengan hasl belajar mahasiswa
yang dibelajarkan dengan menggunakan media power point. Hal ini ditunjukkan > ,
efektifitas penggunaan media video pembelajaran = 80,46%. Disimpulkan bahwa hasil belajar
kelompok mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan media video pembelajaran sebesar 80,46%
lebih tinggi dari kelompok mahasiswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media power point
sebesar 71,72%.
Kata Kunci: media video pembelajaran, tata rias pengantin yogya paes ageng, tata rias pengantin
indonesia
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3280
Article Metrics
Abstract view : 489 timesPDF - 506 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.