PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN MEDIA INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA JEPANG
Abstract
> Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran interaktif yang
berkualitas dan memenuhi syarat sebagai media pembelajaran yang baik, (2) mengetahui
efektifitas media pembelajaran interaktif Visual Basic 2005 yang dihasilkan, dalam pembelajaran
bahasa jepang, (3) meningkatkan hasil belajar membaca huruf hiragana dalam pembelajaran
bahasa jepang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model
pengembangan produk Borg & Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick
& Carey. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif
dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran buku
teks. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data dimana diperoleh thitung sebesar 9,0229,
sedangkan ttabel = 1,98 , pada α = 0,05 dengan dk 98 . Hasil perhitungan dimana thitung > ttabel,
thitung yaitu 9,0229 > 1,98. Disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan
dengan menggunakan media pembelajaran interaktif adalah sebesar 95,63% dan lebih tinggi dari
kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran buku teks, yaitu
sebesar 90,00%.
Kata Kunci: pengembangan bahan pembelajaran, media interaktif, bahasa jepang
berkualitas dan memenuhi syarat sebagai media pembelajaran yang baik, (2) mengetahui
efektifitas media pembelajaran interaktif Visual Basic 2005 yang dihasilkan, dalam pembelajaran
bahasa jepang, (3) meningkatkan hasil belajar membaca huruf hiragana dalam pembelajaran
bahasa jepang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model
pengembangan produk Borg & Gall yang dipadu dengan model pengembangan pembelajaran Dick
& Carey. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran interaktif
dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran buku
teks. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data dimana diperoleh thitung sebesar 9,0229,
sedangkan ttabel = 1,98 , pada α = 0,05 dengan dk 98 . Hasil perhitungan dimana thitung > ttabel,
thitung yaitu 9,0229 > 1,98. Disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan
dengan menggunakan media pembelajaran interaktif adalah sebesar 95,63% dan lebih tinggi dari
kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media pembelajaran buku teks, yaitu
sebesar 90,00%.
Kata Kunci: pengembangan bahan pembelajaran, media interaktif, bahasa jepang
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3282
Article Metrics
Abstract view : 266 timesPDF - 960 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.