PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMP NEGERI KECAMATAN SINGKIL
Abstract
> Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) hasil belajar Geografi yang diperoleh
siswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran Globe dengan siswa yang
diajarkan menggunakan media pembelajaran Peta, (2) perbedaan hasil belajar Geografi siswa
yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan hasil belajar Geografi siswa yang memiliki motivasi
berprestasi rendah, dan (3) interaksi antara media pembelajaran dengan motivasi berprestasi
terhadap hasil belajar Geografi. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen
dengan desain penelitian faktorial 2x2. Teknik analisa data yang digunakan teknik ANAVA dua
jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Tes perbedaan antar sel dilakukan dengan menggunakan uji
Scheffe. Hasil penelitian diperoleh : (1) hasil belajar Geografi siswa yang diajarkan dengan
menggunakan media pembelajaran peta lebih tinggi dari diajarkan dengan menggunakan media
pembelajaran Globe dengan Fhitung = 5,94 > Ftabel = 4,02, (2) hasil belajar Geografi siswa yang
memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi dari yang memiliki motivasi berprestasi rendah
dengan Fhitung = 162,23 > Ftabel = 4,02, (3) terdapat interaksi antara media pembelajaran (peta dan
globe) dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Geografi dengan Fhitung = 14,08 > Ftabel
= 4,02.
Kata Kunci: media pembelajaran, motivasi berprestasi, hasil belajar geografi
siswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran Globe dengan siswa yang
diajarkan menggunakan media pembelajaran Peta, (2) perbedaan hasil belajar Geografi siswa
yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dan hasil belajar Geografi siswa yang memiliki motivasi
berprestasi rendah, dan (3) interaksi antara media pembelajaran dengan motivasi berprestasi
terhadap hasil belajar Geografi. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen
dengan desain penelitian faktorial 2x2. Teknik analisa data yang digunakan teknik ANAVA dua
jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Tes perbedaan antar sel dilakukan dengan menggunakan uji
Scheffe. Hasil penelitian diperoleh : (1) hasil belajar Geografi siswa yang diajarkan dengan
menggunakan media pembelajaran peta lebih tinggi dari diajarkan dengan menggunakan media
pembelajaran Globe dengan Fhitung = 5,94 > Ftabel = 4,02, (2) hasil belajar Geografi siswa yang
memiliki motivasi berprestasi tinggi lebih tinggi dari yang memiliki motivasi berprestasi rendah
dengan Fhitung = 162,23 > Ftabel = 4,02, (3) terdapat interaksi antara media pembelajaran (peta dan
globe) dengan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar Geografi dengan Fhitung = 14,08 > Ftabel
= 4,02.
Kata Kunci: media pembelajaran, motivasi berprestasi, hasil belajar geografi
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3283
Article Metrics
Abstract view : 274 timesPDF - 363 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.