PENDEKATAN PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO DAN KEMAMPUAN SPASIAL VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
"> Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar matematika yang diajar
dengan pendekatan pembelajaran tematik dengan mengunakan video lebih tinggi dari pada siswa
yang diajar dengan pendekatan pembelajaran tematik dengan menggunakan grafis konvensional,
(2) hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan Spasial Visual tinggi lebih tinggi
dari pada siswa yang memiliki kemampuan Spasial Visual rendah, (3) ada interaksi pendekatan
pembelajaran tematik dengan menggunakan video dan kemampuan Spasial Visual terhadap hasil
belajar matematika siswa. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan
desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf
signifikan = 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) hasil belajar matematika yang diajar
dengan pendekatan pembelajaran tematik dengan mengunakan video lebih tinggi dari pada siswa
yang diajar dengan pendekatan pembelajaran tematik dengan menggunakan grafis konvensional
(2) hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan Spasial Visual tinggi lebih tinggi
dari pada siswa yang memiliki kemampuan Spasial Visual rendah (3) ada interaksi pendekatan
pembelajaran tematik dengan menggunakan media (video, grafis konvensional) dan kemampuan
Spasial Visual terhadap hasil belajar matematika.
Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Vide dan Grafis
Konvensional, Kemampuan Spasial Visual, Hasil Belajar Matematika
dengan pendekatan pembelajaran tematik dengan mengunakan video lebih tinggi dari pada siswa
yang diajar dengan pendekatan pembelajaran tematik dengan menggunakan grafis konvensional,
(2) hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan Spasial Visual tinggi lebih tinggi
dari pada siswa yang memiliki kemampuan Spasial Visual rendah, (3) ada interaksi pendekatan
pembelajaran tematik dengan menggunakan video dan kemampuan Spasial Visual terhadap hasil
belajar matematika siswa. Metode penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan
desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data menggunakan ANAVA dua jalur pada taraf
signifikan = 0,05. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) hasil belajar matematika yang diajar
dengan pendekatan pembelajaran tematik dengan mengunakan video lebih tinggi dari pada siswa
yang diajar dengan pendekatan pembelajaran tematik dengan menggunakan grafis konvensional
(2) hasil belajar matematika siswa yang memiliki kemampuan Spasial Visual tinggi lebih tinggi
dari pada siswa yang memiliki kemampuan Spasial Visual rendah (3) ada interaksi pendekatan
pembelajaran tematik dengan menggunakan media (video, grafis konvensional) dan kemampuan
Spasial Visual terhadap hasil belajar matematika.
Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Vide dan Grafis
Konvensional, Kemampuan Spasial Visual, Hasil Belajar Matematika
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3287
Article Metrics
Abstract view : 283 timesPDF - 213 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.