PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN LISTRIK DINAMIS MELALUI IMPLEMENTASI VIRTUAL LABORATORIUM BERBASIS KOMPUTER DI SMP NEGERI 9 TEBING TINGGI
Abstract
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran listrik dinamis
melalui implementasi virtual laboratorium berbasis komputer. Implementasi virtual laboratorium
berbasis komputer merupakan solusi tidak tersedia fasilitas laboratorium yang memadai dalam
pembelajaran listrik dinamis di SMP negeri 9 Tebing Tinggi. Penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas, yang dirancang mengikuti Model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi
serangkaian yang saling terkait (berkesinambungan), setiap siklus terdiri dari 3 kegiatan yaitu
perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang diikuti oleh perencanaan pada siklus
berikutnya dengan memanfaatkan hasil refleksi sebelumnya. Temuan penelitian menunjukkan:
Pembelajaran Listrik dinamis dengan implementasi virtual laboratoratorium berbasis komputer
dapat meningkatkan kualitas belajar siswa dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar setiap
siklus yaitu dari rata-rata 51,08 menjadi 71,13 menjadi 83,35 dan pembelajaran ini juga dapat
meningkatkan minat belajar siswa, penguasaan konsep, keterampilan berpikir kreatif dan
keterampilan proses sains Hal ini mengimplikasikan bahwa dengan implementasi virtual
laboratorium berbasis komputer dapat meningkatkan kompetensi, persepsi atau tanggapan yang
positif terhadap pembelajaran tersebut.
Kata Kunci : virtual, laboratorium berbasis komputer, kulaitas belajar
melalui implementasi virtual laboratorium berbasis komputer. Implementasi virtual laboratorium
berbasis komputer merupakan solusi tidak tersedia fasilitas laboratorium yang memadai dalam
pembelajaran listrik dinamis di SMP negeri 9 Tebing Tinggi. Penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas, yang dirancang mengikuti Model Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi
serangkaian yang saling terkait (berkesinambungan), setiap siklus terdiri dari 3 kegiatan yaitu
perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi yang diikuti oleh perencanaan pada siklus
berikutnya dengan memanfaatkan hasil refleksi sebelumnya. Temuan penelitian menunjukkan:
Pembelajaran Listrik dinamis dengan implementasi virtual laboratoratorium berbasis komputer
dapat meningkatkan kualitas belajar siswa dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar setiap
siklus yaitu dari rata-rata 51,08 menjadi 71,13 menjadi 83,35 dan pembelajaran ini juga dapat
meningkatkan minat belajar siswa, penguasaan konsep, keterampilan berpikir kreatif dan
keterampilan proses sains Hal ini mengimplikasikan bahwa dengan implementasi virtual
laboratorium berbasis komputer dapat meningkatkan kompetensi, persepsi atau tanggapan yang
positif terhadap pembelajaran tersebut.
Kata Kunci : virtual, laboratorium berbasis komputer, kulaitas belajar
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v2i1.3289
Article Metrics
Abstract view : 187 timesPDF - 643 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.