IMPLEMENTASI BAHAN AJAR KIMIA UMUM ONLINE TERINTEGRASI MEDIA DALAM MENINGKATKAN HOTS DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MAHASISWA
Abstract
Abstrak : Ilmu kimia termasuk dalam rumpun sains dan merupakan salah satu cabang sains yang mencakup konsep, aturan, hukum, prinsip dan proses. Proses dan pembelajaran kimia dapat menghasilkan manusia yang berkualitas dengan menunjukkan kesadaran kimia dan keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dapat memunculkan sumber daya manusia yang mampu berpikir kritis, berpikir kreatif, mengambil keputusan dan memecahkan masalah. Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi bahan ajar kimia umum online terintegrasi media dalam meningkatkan HOTS mahasiswa. Penelitian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan desain faktorial 2×2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan HOTS antara kelompok mahasiswa yang diberi pembelajaran menggunakan bahan ajar kimia umum online terintegrasi media dibandingkan kelompok mahasiswa yang diberi pembelajaran tanpa bahan ajar kimia umum online. Terdapat perbedaan HOTS mahasiswa ditinjau dari kemampuan awalnya yaitu kelompok mahasiswa yang memiliki kemampuan awal tinggi memperoleh nilai HOTS lebih tinggi dibandingkan mahasiswa yang memiliki kemampuan awal rendah. Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal terhadap HOTS mahasiswa. Hal ini sekaligus mengindikasikan bahwa penerapan pembelajaran yang diterapkan dan kemampuan awal yang dimiliki mahasiswa secara terintegrasi tidak berpengaruh signifikan terhadap HOTS mahasiswa.
Kata kunci : Bahan Ajar Online, Media, Kimia Umum, Kemampuan Awal, HOTS
English translation.
Abstract: Chemistry belongs to the science group and is one of the branches of science that includes concepts, rules, laws, principles and processes. Chemical processes and learning can produce qualified humans by demonstrating high-level chemical awareness and thinking skills that can give rise to human resources capable of critical thinking, creative thinking, decision-making and solving problems. This study aims to find out the influence of the implementation of integrated online chemical teaching materials media in improving student HOTS. This research included quasi-experimental research using 2×2 factorial design. The results showed that there was a difference in HOTS between the group of students who were given learning using integrated online general chemistry teaching materials compared to the group of students who were given learning without general chemistry teaching materials online. There is a difference in student HOTS judging from the initial ability, namely the group of students who have high initial ability to get higher HOTS scores than students who have low initial ability. There is no interaction between learning and initial ability for student HOTS. This also indicates that the application of applied learning and the initial abilities possessed by students in an integrated manner have no significant effect on student HOTS.
Keywords : Online Teaching Materials, Media, General Chemistry, Initial Ability, HOTS
Full Text:
PDFReferences
Ardianik & S. Kadar. (2019) Tingkat Kemampuan Awal Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas DR. Soetomo Surabaya Ditinjau dari Asal Daerah, in Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), pp. 887–895.
Brata, W. W. W., Suriani, C., Simatupang, H., Siswanto, S., & Panggabean, F. T. M. (2020). Prospective Science Teachers Learning Independency Level on Blended Learning. In Journal Physics: Conference Series (Vol. 1462, No. 1, p. 012070). IOP Publishing. doi: 10.1088/1742-6596/1462/1/012070.
Busiri M., & Suparji. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Adobe Flash CS6 Pada Mata Diklat Rencana Anggaran Biaya (RAB) di SMK Negeri 2 Surabaya, Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan. 3(3) 81–91.
Fatimah, A. E. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Melalui Pendekatan Differentiated Instruction, Journal Mathematic of Education and Sciences. 2(1), 11–23.
Fatimah, F. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Statistika Elementer Melalui Problem Based-Learning, Cakrawala Pendidikan. 31(2), 267–277.
Mislikhah, S. (2020). Implementasi Higher Order Thinking Skils dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah, in Humaniora dan Era Disrupsi, E-Prosiding Seminar Nasional Pekan Chairil Anwar. 1(1), 582–593.
Mursid, R. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Praktik Berbasis Kompetensi Berorientasi Produksi. Cakrawala Pendidikan. 32(1), 27–40.
Nalarita Y., & Listiawan, T. (2018). Pengembangan E-Modul Kontekstual Interaktif Berbasis Web pada Mata Pelajaran Kimia Senyawa Hidrokarbon, Multitek Indones. J. Ilm. 12(2), 85–94.
Panggabean, F. T. M., Purba, J., Sutiani, A., & Panggabean, M. A. (2020). Analisis Hubungan Antara Kemampuan Matematika dan Analisis Kimia Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia (Journal of Innovation in Chemistry Education), 4(1), 18–30.
Panggabean, F. T. M., Silitonga, P. M., & Sinaga, M. (2022). Development of CBT Integrated E-Module to Improve Student Literacy HOTS. International Journal of Computer Applications Technology and Research. 11(05), 160–164, doi: 10.7753/IJCATR1105.1002.
Pratiwi, P. H., N. Hidayah, N., & Martiana, A. (2017). Pengembangan Modul Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Sosiologi Berorientasi HOTS. Cakrawala Pendidikan. 36(2), pp. 201–209.
Purba, J., Panggabean, F. T. M., & Widarma, A. (2021). Development of General Chemical Teaching Materials (Stoichiometry) in an Integrated Network of Media-Based Higher Order Thinking Skills. in 6th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2021) (pp. 949–954). Atlantis Press.
Purba, J., Panggabean, F. T. M., & Widarma, A. (2022). Development of Online General Chemistry Teaching Materials Integrated with HOTS-Based Media Using the ADDIE Model. International Journal of Computer Applications Technology and Research. 11(05), 155–159, doi: 10.7753/IJCATR1105.1001.
Setiana D. S., & Nuryadi (2021). Analisis Efektivitas E-LKPD (Lembar Kegiatan Peserta Didik Elektronik) Berbasis Etnomatematika Batu Akik Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa. Jurnal Gantang, 6 (2),113–123.
Sianturi J., & Panggabean, F. T. M. (2019). Implementasi Problem Based Learning (PBL) menggunakan Virtual dan Real Lab Ditinjau dari Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia (Journal of Innovation in Chemistry Education), 1(2), 58–63.
Sutiani, A., Darmana, A., & Panggabean, F. T. M. (2020). The Development of Teaching Material Based on Science Literacy In Thermochemical Topic. In Journal Physics: Conference Series (Vol. 1462, No. 1, p. 012051). IOP Publishing. doi: 10.1088/1742-6596/1462/1/012051.
Umbara U., & Z. Nuraeni. (2019). Analisis Interaksi antara Pembelajaran RME Berbantuan Adobe Flash CS6 dengan Kemampuan Awal Matematika dalam Meningkatkan Literasi Matematis, J. Elem., 5(2), 140–154, doi: 10.29408/jel.v5i2.1057.
DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v9i1.35481
Article Metrics
Abstract view : 262 timesPDF - 217 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.