PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK INTENSIF

Nana Ronawan Rambe, Wa Mirna, Asrul ., Rudi Purwana

Abstract


Abstrak :Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran melalui software program Macromedia Flash untuk meningkatkan kemampuan menyimak insentif  pada materi cerita fantasi di kelas VII SMP Negeri 4 Maluku Tengah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Maluku Tengah yang berjumlah 28 orang. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg dan Gall. Media yang dihasilkan terdiri atas tiga bagian, yaitu pembuka (meliputi SK,KD, dan petunjuk penggunaan media), isi (meliputi menu materi, latihan, dan kuis), dan penutup (meliputi video motivasi dan biodata penulis). Media pembelajaran macromedia flash tersebut diuji cobakan kepada (1) ahli media pembelajaran dan (2) ahli materi, (3) praktisi, dan (4) siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket Ahli materi, angket Ahli media, praktisi dan angket respon Siswa, dan instrumen  indikator menyimak intensif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini antara lain: (1) Tahap desain, pembuatan media menggunakan aplikasi Macromedia Flash dengan bantuan aplikasi Ms. Power Point, dan (2) validasi desain, (3) revisi produk, dan (4) uji coba produk pada siswa SMP Negeri 4 Maluku Tengah di kelas VII. Berdasarkan hasil uji coba yang diperoleh dari angket uji ahli menunjukkan bahwa macromedia flash layak dan siap diimplementasikan.

 

Kata Kunci: macromedia flash, menyimak intensif, siswa SMP Kelas VII

 

Abstract : This study aims to produce learning media through the Macromedia Flash software program to improve the ability to listen to incentives on fantasy story material in class VII SMP Negeri 4 Maluku Tengah. The subjects of this study were the seventh grade students of SMP Negeri 4 Central Maluku, totaling 28 people. This study uses a development method adapted from the Borg and Gall development model. The resulting media consists of three parts, namely the opening (covering SK, KD, and instructions for using media), content (covering material menus, exercises, and quizzes), and closing (covering motivational videos and author biodata). The macromedia flash learning media was tested on (1) learning media experts and (2) material experts, (3) practitioners, and (4) students. The instruments used in this research are material expert questionnaires, media expert questionnaires, practitioner and student response questionnaires, and intensive listening indicator instruments. The method used in data collection is observation, interviews, and questionnaires. The stages carried out in this research include: (1) Design stage, making media using Macromedia Flash application with the help of Ms. Power Point, and (2) design validation, (3) product revision, and (4) product testing on students of SMP Negeri 4 Central Maluku in class VII and ready to be implemented.

 

Keywords: macromedia flash, intensive listening, class VII junior high school students

Full Text:

PDF

References


Abdulloh Muwaffaq dan Lilik Mawartiningsih. 2017. Pengembangan Media pembelajaran macromedia flsh 8 berbasis pendekatan konsep. Proceeding Biology Education Conference Volume 14, (1) : Hal. 441-447.

Ahmad Rohani. 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta. PT. Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi ke-3. Jakarta: Rineka Cipta

Astari N.L.P.M., Pudjawan K.,& Atar P.A.2016. Pemanfaatan Media BIG BOOK untuk kemampuan berbahasa Anak Kelompok B2 dalam Kegiatan Ekstrakurikuler.

E-journal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.4.No.2

Borg, W. R. & Gall, M. D. 2003. Educational Research. Boston: Pearson Education, Inc.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Departemenn Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Peraturan Menteri Pendidikann dan Kebudayaann Republik Indonesia Nomor 146 tahun 2014. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Isma Nurhayani. 2010. Pengaruh penggunaan metode bercerita Terhadap kemampuan menyimak siswa pada mata pelajaran Bahasa indonesia. (Deskriptif Analisis di SDN Cimurah I Kecamatan Karangpawitan). Jurnal Pendidikan Universitas Garut. Vol. 04; No. 01; 2010; 54-59.

Laila, Alfi dan Sutrisno Sahari. 2016.Peningkatan Kreativitas Mahasiswa Dalam Pemanfaatan Barang-Barang Bekas Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. JPDN, (ONLINE), 1 (2) : 1-15, tersedia: http://efektor.unpkediri.ac.id, di unduh 03 Februari 2022.

Muhtarom. 2017. Penerapan Media Audio visual Macromedia Flash dan Power point untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Widyagogik. Vol.4.No.2.

Nasirudin, f. 2017. Pengembangan media pembelajaran IPA berbasis macromedia flash 8 materi pencemaran lingkungan untuk siswa smp kelas VII

Nindy Septa Rahayu. 2018. Pengembangan Media Flash Card Plus Berbasis Know-want to know Learned (KWL) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Intensif Pada Pembelajran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDN Kencong 1 tahun ajaran 2017/2018. Artikel Skripsi. Universitas PGRI Kediri

Rambe, Nana Ronawan. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Tenses Bahasa Inggris Berbasis Multimedia Interaktif Pada Siswa Sekolah Dasar. Unimed https://scholar.google.com/scholar?oi=bibs&cluster=10446632622655743099&btnI=1&hl=id

Ranukadevi, D. (2014). The Role of Listening in Language Acquisition; the Challenges & Strategies in Teaching Listening. International Journal of Education and Information Studies.

(1).59–63.https://www.ripublication.com/ijeisv1n1/ijeisv4n1_13.pdf.

Diperoleh pada 8 Februari 2022.

Saddono, K. & Slamet, ST. Y. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung : Karya Putra Darwati

Sriyono. 2009. Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:

Angkasa

Tri Ayu Supartini. 2019. Mengembangkan Keterampilan Menyimak melalui Kegiatan Bercerita dengan BIG BOOK pada anak usia 5-6 Tahun. Jurnal Kumara Cemdekia. Vol.7.No.2

Tyagi. B. (2013) Listening : An Important Skill and Its Various Aspects. An International Journal in English, (12), 1-8. http://www.thecriterion.com/V4/n1/Babita.pdf. Diperoleh pada 11 Februari 2022

Wijayanti, Denok. 2007. Peningkatan Keterampilan Bercerita Menggunakan Media Boneka

Skripsi Online. Unnes.

Yudhiantoro, D. 2006. Membuat Animasi Web dengan Macromedia Flash Professional 8. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v9i1.35539

Article Metrics

Abstract view : 393 times
PDF - 235 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.