PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran. Multimedia pembelajaran termasuk hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran, multimedia pembelajaran yang baik sangat efektif digunakan dalam proses belajar mengajar. Peneliti mencoba mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif yang dapat digunakan dalam bentuk CD interaktif, menggunakan beberapa software yang terdiri dari Lectora Inspire, Adobe Photoshop CS5, Bandycam, dan EKTS. Bertujuan untuk memudahkan peserta didik dalam memahami pelajaran dan juga memudahkan pendidik dalam menyampaikan pelajaran. Multimedia pembelajaran pada penelitian ini menggunakan model desain Borg and Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono.Sasaran penelitian ini adalah Dosen Ahli Universitas Negeri Medan. Pengujian terhadap multimedia interaktif oleh validator media dan validator materi menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran yang dihasilkan baik pada validasi materi dengan skor rata-rata 4,6 dan untuk validasi media dengan skor rata-rata 4,3. Maka diperoleh kesimpulan media yang dikembangkan layak untuk digunakan.
Kata Kunci: Pengembangan Media Interaktif, Software Lectora, Instalasi Penerangan Listrik
Abstract: This research aims to develop multimedia learning. Multimedia learning is very important in the learning process, good multimedia learning is very effective in the teaching and learning process. Researchers try to develop interactive learning multimedia that can be used in the form of interactive CDs, using several software consisting of Lectora Inspire, Adobe Photoshop CS5, Bandycam, and EKTS. Aims to make it easier for students to understand the lesson and also make it easier for educators to deliver lessons. Multimedia learning in this study uses the Borg and Gall design model which was adapted by Sugiyono. The target of this research is an Expert Lecturer at the State University of Medan. Testing of interactive multimedia by media validators and material validators shows that the learning multimedia produced is good for material validation with an average score of 4.6 and for media validation with an average score of 4.3. Then it can be concluded that the developed media is feasible to use.
Keywords: Interactive Media Development, Lectora Software, Electrical Lighting Installation
Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Andi Prastowo. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Pers
Arief S Sudirman Dkk. (2008). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Ariesto Hadi Sutopo. (2003). Multimedia Interaktif Denan Flash. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Azhar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Azhar Arsyad. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Badan Standarisasi Nasional. (2000). Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2000 (PUIL 2000). Jakarta: BSN
Bambang Warsita. (2008). Teknologi Pembelajaran: Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka
Eko Afgianto. (2008). Tutorial Adobe Captivate 3.0. Yogyakarta.
Glasgow Zeels (1998). Making Instructional Design Decisions (Secon Edition).
Hendri Agus. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Captivate Pada Materi Perakitan Komputer Di SMK N 5 Padang. Diakses pada 3 September 2018 dari https://anzdoc.com/download/pengembangan-media-pembelajaran-interaktif-menggunakan-adobe.html?reader=1
John D Latuheru. (1998). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta: Depdikbud & P2 LPTK
Latuheru, John D. (1988). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini.Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Mas’ud, Muhamad. (2012).Tutorial Lectora 1.Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora. Yogyakarta: Pustaka Shonif.
Miarso, Yusufhadi. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta : Kencana
Nursidik, Hamidah dan Indah Resti Ayuni Suri. (2018). Media Pembelajaran Interaktif Berbantu Software Lectora Inspire. Diakses pada tgl 23 Januari 2020
Ramadhan, Akbar. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan multimedia interaktif lectora inspire pada mata pelajaran teknik elektronika dasar di SMK Negeri 3 Jombang . Skripsi. Surabaya: UNNES
Rudi Susilana dan Cepi Riyana.(2009). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima
Sadiman, Arif S. (2009).Media Pendidikan: Pengertian , Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Sagala, Syaiful. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Sriadhi. (2018). Instrumen Penelitian Multimedia Pembelajaran. Medan: Unimed
Sudjana,N., Rivai,A. (2005). Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru.
Sudjono Anas.(2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Graindo Persada
Sugiyono.(2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v9i1.35610
Article Metrics
Abstract view : 252 timesPDF - 256 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.