MEMBANGUN APLIKASI SUPERVISI MUTU SEKOLAH MELALUI KEGIATAN SUPERVISI PENDIDIK

Ezrifal Sany, Suryawahyuni Latief

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk membangun aplikasi supervisi mutu sekolah yang dapat membantu mutu sekolah melalui kegiatan supervisi yang dilakukan kepada pendidik di satuan pendidikan sekolah menegah atas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini dalah penelitian pengembangan karena bertujuan utuk menghasilkan suatu aplikasi agar kegiatan supervisi mutu sekolah yang dilakukan dapat berjalan sesuai dengan tujuan kegiatan tersebut dengan menggunakan tiga tahapan yaitu tahap rancangan arus data, tahap perancanagan berbasis data, dan tahap interface data. Bangunan aplikasi supervisi mutu sekolah dapat berjalan secara baik tanpa harus bertemu secara langsung dengan pendidik. Dan mutu sekolah dapat dilihat melalui aplikasi tersebut.

Kata Kunci: Aplikasi supervisi, supervisi  pendidik, mutu sekolah

 

Abstract: This study aims to build a school quality aupervision application that can help school school quality through supervision activities carried out to educators in the upper secondary school education units. The approach used in this study is development research because it aims to produce an application so that the school quality supervision activities carried out can run in accordance with the objectives of the activity by using three stages, namely the data flow design stage, the data-based planning stage, and the data interface stage. The school quality supervision application building can run well without having to meet directly with educators.

Keywords: Applicationof supervision, supervision of educators, school quality.


Keywords


Aplikasi supervisi, supervisi pendidik, mutu sekolah

Full Text:

PDF

References


Buku:

Kristanto, A. (2008). Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya, Edisi Revisi. Yogyakarta: Gava Media.

Latief, S., & Noer, Y.A. (2021). Manajemen Tenaga Pendidik Anak Usia Dini: Upaya Percepat Pendidikan Bermutu. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.

Lubis,A. (2016). Basis Dta Dasar: Untuk Mahasiswa Ilmu Komputer. Yogyakarta: Deepublish.

Maisaroh, S., & Danuri. (2020). Administrasi & Supervisi Pendidikan. Palembang: Tunas Gemilang Press.

Masaong, K.A. (2013). Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru (Revisi). Bandung: Alfabeta.

Ningsih, S.R., Suryani, A.I., Harmayani, A.A.J.S., Parewe, A.M.AK., Markani, A.H., Jamaludin., & Siagian, Y. (2022). Perancangan Basis Data. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Pressman, S. R. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Andi.

Purwanto, M. N. (2005). Administrasi Dasar dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.

Republik Indonesia. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknolog Nomor 13 tahun 2007 Tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah. Jakarta: Sekretariat Negara.

Sergiovanni, T.J. (2002). Supervision:A Redefinition (7th ed.). New York: Mc Graw Hill.

Shulhan, M. (2013). Supervisi Pendidikan (Teori dan Praktek dalam Mengembangkan SDM Guru. Surabaya: Penerbit Acima Publishing.

Sudarwan, D.,& Khairil. (2011). Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Jurnal:

Bedu, A. (2021). Upaya meningkatkan kinerja guru melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui penerapan supervisi klinis kepala sekolah melalui penerapan supervisi klinis kepala sekolah di UPTD SD negeri 39 Pare-Pare tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Al-Mau’izhah, 3.

Mahara, R., & Majid, B.A. (2018). Perancangan Interface Aplikasi E-skripis Berbasis Android.Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2.

Messi, Sari, W.A., & Murniyati. (2018). Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Sebagai Upaya Peningkatan Profesional Guru. JMKSP:Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 3.

Rahmiyati, S. (2019). Pemanfaatan aplikasi google form dalam meningkatkan pelaksanaan supervisi pendidikan pengawas madrasah. Jurnal pendidikan madrasah, 4.

Parida,P.,Lian, B., & Sari, A.P. (2020). Implementasi Penilaian Kinerja Berdasarkan Tugas Pokok dan Fungsi Guru melalui Instrumen Supervisi Akademik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4.

Sumber Online:

Instrumen Supervisi Kepala Sekolah dan Contoh Program Supervisi. Diakses Agustus 1 2022, dari

https://www.amongguru.com/instrumen-supervisi-kepala-sekolah-dan-contoh-program-supervisi/.




DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v9i2.37540

Article Metrics

Abstract view : 301 times
PDF - 213 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.