IMPLEMENTASI MODEL PENILAIAN BERBASIS DIGITAL AUTOMATED SHORT ESSAY SCORING (ASES) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA
Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi model penilaian berbasis digital Automated Short Essay Scoring ASES untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Assesmen dan Evaluasi Pembelajaran PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dan dilakukan di 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Satu set data terdiri dari asesmen hasil belajar mahasiswa dan tanggapan angket diperoleh dari penelitian tindakan. Proses pembelajaran dilakukan pada mahasiswa semester V (lima) Prodi PPKn FKIP Universitas Islam Sumatera Utara yang terdiri dari 11 mahasiswa (3 laki-laki dan 8 perempuan) dan 2 kolaborator. Kesuksesan penelitian ditunjukkan dengan 90% mahasiswa mencapai ketercapaian pembelajaran mata kuliah Assesmen dan Evaluasi Pembelajaran PPKn. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi dengan angket, observasi, dan tes. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasilnya menunjukkan bahwa semua ketercapaian pembelajaran mata kuliah Assesmen dan Evaluasi Pembelajaran PPKn yang dinilai berada pada kategori tinggi.
Kata Kunci: Model ASES, Hasil Belajar, Mata Kuliah Assemem dan Evaluasi Pembelajaran PPKn
Abstract: The purpose of this study was to determine the implementation of the digital-based Automated Short Essay Scoring ASES assessment model to improve student learning outcomes in the Civics Assessment and Evaluation Course. This research was a classroom action research and was conducted in 3 cycles. Each cycle consists of the steps of planning, implementing, observing, and reflecting. One data set consists of an assessment of student learning outcomes and questionnaire responses obtained from action research. The learning process was carried out for fifth (fifth) semester students of the PPKn FKIP Study Program, Islamic University of North Sumatra, consisting of 11 students (3 boys and 8 girls) and 2 collaborators. The success of the research was shown by 90% of students achieving learning achievement in the Civics Learning Assessment and Evaluation course. Data collection was carried out using the documentation method with questionnaires, observations, and tests. Data were analyzed quantitatively and qualitatively. The results show that all learning achievements in the Civics Learning Assessment and Evaluation course are considered to be in the high category..
Keywords: ASES Model, Learning Outcomes, Subject Assessment and Evaluation of Pancasila and Civics LearningFull Text:
PDFReferences
Citawan, Rico Setiadi., Mawardi, Viny Christanti., & Mulyawan, Bagus., (2022). Automatic Essay Scoring in E-learning System Using LSA Method with N-Gram Feature for Bahasa Indonesia. MATEC Web of Conferences. Diakses pada Tanggal 16 Oktober 2022. Dari https://doi.org/10.1051/matecconf/201816401037 ICESTI.
Lestari, Indah. (2013). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terdahap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 3(2), 115-125.
Nguyen HV, Litman DJ (2018). Argument Mining for Improving The Automated Scoring of Persuasive Essays. Proceedings of The Association For The Advancement of Artifcial Intelligence. Diakses pada Tanggal 01 November 2022, dari https://ojs.aaai.org/index.php
Phandi P, Chai KMA, Ng HT., (2015). Flexible Domain Adaptation For Automated Essay Scoring Using Correlated Linear Regression. In: Proceedings Conference on Empirical Methods In Natural Language Processing. Diakses pada Tanggal 18 Oktober 2022, dari https://aclanthology.org.
Susilawati, Evi. (2021). ASES (Automated Short Essay Scoring) : Sistem Penilaian Daring Pada Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Resiliensi, Inovasi, dan Motivasi Pertemuan Tatap Muka Terbatas. Tulung Agung: Akademia Pustaka.
Susilawati, Evi.& Khaira, Imamul. (2021). Antecedents to Student Loyalty in Indonesian Higher Education Institutions: The Mediating Role of Technology Innovation. Educational Sciences: Theory and Practice, 21(3). Diakses pada Tanggal 17 Oktober 2022, dari http://dx.doi.org/10.12738/
Susilawati, Evi. & Khaira, Imamul. (2022). Automated Short Essay Scoring and Its Aplication for Character Improvement Student Honesty. Proceeding International Seminar on Islamic Studies Volume 3 Nomor 1 Tahun 2022. Medan, February 23 th -24 th, 2022. Diakses pada Tanggal 28 Oktober 2022. Dari http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/insis/
Susilawati, Evi., Khaira, Imamul., & Atmawarni. (2022). Penerapan Model Penilaian Berbasis Teknologi Digital ASES Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kebijakan Publik. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol.15. No 1. Diakses pada Tanggal 15 Novemmber 2022, dari doi: https://doi.org/10.24114/jtp.v15i1.33761
Friskilia, O. & Winata, H. (2018). Regulasi Diri (Pengaturan Diri) sebagai Deteminan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 36-43.
Zakaria, M.Y., Malnia, W., Irmawati, A. Amir, N. F., & Umanallo, M. C. B. (2019). Effect Mathematics Learning Achievement Motivation on Junior High School 1 Namlea. Inetrnasional Journal of Scientific & Technology Reasearch, 8(10), 1495-1498.
DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v9i2.41937
Article Metrics
Abstract view : 236 timesPDF - 402 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.