PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB DI SMK SINAR HUSNI MEDAN
Abstract
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran berbasis web, dan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran berbasis web terhadap hasil belajar siswa di SMK Sinar Husni Medan Kelas XI RPL 1. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan mengolah data hasil pretest dan post test siswa untuk melihat perbandingan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbasis web. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis web ini layak untuk dterapkan dan digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi materi menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis web ini termasuk dalam kategori “sangat praktis” untuk digunakan. Hasil validasi media juga telah dilaporkan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini didukung dengan nilai tes N-gain siswa sebesar 0,7 dalam kategori tinggi. Dari 24 siswa tersebut, 19 siswa mendapat nilai lebih besar dari 0,7 dan 5 siswa mendapat nilai lebih kecil dari 0,7. Hasil produk dari media pembelajaran berbasis web dapat diakses dengan alamat https://learn-rpl.site/dashboard dan untuk mengakses admin menggunakan alamat https://learn-rpl.site/dashboard/admin. Media pembelajaran ini divalidasi oleh ahli media (2 dosen) dan ahli materi (1 dosen dan 1 guru). Hasil kelayakan media pembelajaran berbasis web ini memperoleh angka sebesar 4,64 atau sangat layak untuk aspek materi, dan 4,49 untuk aspek media. Sedangkan untuk keberterimaan siswa (askeptabilitas) mendapat nilai sebesar 4,48 dengan kategori sangat layak. Sementara itu untuk efektivitas dari media ini dimana dari 24 siswa, 19 siswa mendapat nilai ≥ 0,7 dengan kategori tinggi dan 5 siswa mendapat nilai ≤ 0,7 dengan kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran web ini sudah layak digunakan dan sudah efektif digunakan dalam meingkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Media pembelajaran, Web, Hasil belajar.
Abstact: The purpose of this study was to determine the feasibility of web-based learning, and to determine the effectiveness of web-based learning on student learning outcomes at SMK Sinar Husni Medan Class XI RPL 1. The method used in this study was a quantitative method, by processing data results. pretest and posttest of students to see the comparison of learning outcomes before and after using web-based learning. The results of the study indicate that this web-based learning media is feasible to be applied and used in learning. The results of material validation show that this web-based learning is included in the "very practical" category to use. The results of media validation have also been reported to be effective in improving student learning outcomes. This is supported by the student's N-gain test score of 0.7 in the high category. Of the 24 students, 19 students scored greater than 0.7 and 5 students scored less than 0.7. The product results from web-based learning can be accessed at the address https://learn-rpl.site/dashboard and to access the admin using the address https://learn-rpl.site/dashboard/admin. This learning media was validated by media experts (2 lecturers) and material experts (1 lecturer and 1 teacher). The results of the feasibility of this web-based learning media obtained a score of 4.64 or very feasible for the material aspect, and 4.49 for the media aspect. As for the acceptability of students (acceptability) got a value of 4.48 with a very decent category. Meanwhile, for the effectiveness of this web- based learning, out of 24 students, 19 students got a score of 0.7 in the high category and 5 students got a score of 0.7 in the medium category. The conclusion of this study was that this web learning has been worthed it to use and has been effectively used in improving student learning outcomes.
Keywords: Learnming media, Web, Learning outcomes
Full Text:
PDFReferences
Adawi, R. (2008). Pembelajaran Berbasis E-Learning. Bahas, 1(2), 1–3.
Aggarwal, A. K. (2003). Web-Based Education : Learning from Experience. IRM Press.
Andriana. (2015). SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI. 12, 1–24.
Andy Nugroho. (2020). Dasar-Dasar Pemrograman Web [Panduan dan Tips]. Qwords. https://qwords.com/blog/pemrograman-web/#:~:text=Maka dapat disimpulkan bahwa pengertian,%2C facebook%2C tumblr%2C dll.
Anwar, M. (2018). Filsafat Pendidikan (P. Group (ed.); 3rd ed.). Prenadamedia Group.
Arikunto, S. (2011). Suharsimi Arikunto (4th ed.).Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Firmansyah, F. (2021). Motivasi Belajar dan Respon Siswa terhadap Online Learning sebagai Strategi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 589–597. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.355
Husaeni, B. H. (2018). Pembelajaran Berbasis Web Dengan Model. April, 1–46. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.20230.88643
Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas Vii. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 166. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8019
Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. In Media Pembelajaran.
Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19–33. https://doi.org/10.20414/jtq.v17i1.667
Maribe Branch, R. (2009). Instructional Design : (1st ed.). Spinger.
Nadziroh, F. (2017). Analisa efektifitas sistem pembelajaran berbasis e-learning. Jurnal Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual (Jikdiskomvis), 2(1), 1–14.
ÖZER, M. (2020). Türkiye’de COVID-19 Salgını Sürecinde Milli Eğitim Bakanlığı Tarafından Atılan Politika Adımları. Kastamonu Eğitim Dergisi, 28(3), 1124–1129. https://doi.org/10.24106/kefdergi.722280
Putu Sudira, M. P. (2016). TVET Abad XXI filosofi, konsep, dan strategi pembelajaran vokasional. In Hartono (Ed.), UNY Press (1st ed., Vol. 53, Issue 9). UNY Press.
Qadir, J., & Al-Fuqaha, A. (2020). A student primer on how to thrive in engineering education during and beyond COVID-19. Education Sciences, 10(9), 1–22. https://doi.org/10.3390/educsci10090236
Saputri, N. A. O., & Hannah, M. P. (2018). Analisis Efektifitas Penggunaan Web-Based- Learning pada Matakuliah Praktikum Struktur Data. JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informatika Dan Komputer, 8(2), 69–75. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/just-it/article/view/1628
Sinta, T., Elga, B., & Dewi, K. (2020). Efektivitas Penggunaan Media E-learning Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. Chemistry in Education, 9(2), 77–82.
Sriadhi. (2015). Analisis Karakteristik Media Pembelajaran Dan Motivasi Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. EducanduM, VIII, 37–47.
Sriadhi. (2018). Instrumen Penilaian multimedia pembelajaran. Instrumen Penilaian Multimedia Pembelajaran, July, 1–14.
Sriadhi, A. Hamid, H. Sitompul, Restu. (2022a). Effectiveness of Augmented Reality-Based Learning Media for Engineering-Physics Teaching. iJET in Learning, 17(5), 281-292.
Sriadhi, A.Hamid, Restu. (2022b). Web-Based Virtual Laboratory Development for Basic Practicums in Science and Technology. TEM Journal (Technologi, Engineering, Management), 11(1), 396-402, ISSN 2217-8309, DOI: 10.18421
Sudiana, R. (2016). Efektifitas Penggunaan Learning Management System Berbasis Online. 9(2), 201–209.
DOI: https://doi.org/10.24114/jtikp.v9i2.41940
Article Metrics
Abstract view : 429 timesPDF - 268 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.